Powered by Blogger.
RSS

Saturday, October 13, 2012

KUE DADAR GULUNG POLKADOT

Posted by mimie at 10:04 AM

assalammualaikum wwb...

salam jumat buat semua.....



hari ini aku bikin kue dadar gulung...atau kue ketayap kalau di malaysia.

kue ini salah satu jajan pasar yang dari dulu sampe sekarang masih jadi primadona.
di pasar2 juga masih sering nemu kue ini.
dan kebetulan, di rumah lagi ada nangka masak.
jadi di buat unti kelapa aja sebagai campuran, biar lebih wangi.
dan kali ini kue dadar gulungnya agak beda...
polkadot2 gitu eheheeh.....
adonannya aku buat 2 warna.
buatnya ribet tapi hasilnya imut ya.... ^_^ 
 



yang sering jadi pertanyaanku....
aku kalau buat dadar gulung kok mulus gitu ya kulitnya.
nggak kriting atau berpori2 seperti yang dijual2 itu,
bongkar2 paman google, nemu triknya di blognya mbak tati kitchen corner.
dan ternyata menurut beliau,  Panaskan dulu wajan dadarnya sampai panas baru tuang adonan, trus kecilkan api...dijamin dech dadarnya bisa berpori seperti yang di jual2.
hmmmm.....kapan2 mau nyoba lagi.
terima kasih mbak....aku izin copas resepnya yo. barakallah ya mbak.... ^_^
 

DADAR GULUNG
rujukan resep : kitchen corner

BAHAN

Kulit dadar:
►250 gr tepung terigu
►500 ml santan encer (boleh campur dengan air perasan daun pandan kalau ingin berwarna hijau) (
aku buat 2 warna)
►1 butir telur (aku nggak pake)
► 2 sdm mentega cair 




Inti kelapa:
► 200 gr kelapa parut
► 200 gr gula jawa (boleh juga gula pasir biasa)
► sedikit nangka masak, potong bentuk dadu (agar rasa dan harumnya lebih sip)
► 2 sdm mentega 





CARA MEMBUAT

Kulit dadar:
► campur semua bahan, aduk, sampai tepung larut dan tidak menggumpal (
aku blender)
► panaskan pan anti lengket, olesi sedikit mentega
► ambil adonan secukupnya, tebar merata dalam pan 

kalau aku : aku bagi adonan 2 warna.hijau dan merah. yang warna merah cukup sedikit saja.
masukkan adonan merah ke tempat botol saos cabe yang berlubang kecil.
panaskan pan sebentar.titikkan adonan merah merata di pan.
setelah itu tuang adonan hijau.
► tunggu sejenak sampai dadar masak seutuhnya sebelum diangkat (gak perlu dibalik)

Inti kelapa:
►aduk kelapa, gula, dan mentega
►tambahkan sedikit air panas (agar desiccated coconut menjadi lembut)
►masak dengan api kecil, aduk agar merata
►kalau kelapa inti sudah masak, tambahkan potongan nangka, aduk sebentar.
►dinginkan, siap digunakan untuk dadar.

Penyelesaian:
►ambil selembar dadar, tambahkan 1 sdm kelapa inti
►gulung dadar berisi kelapa sesuai selera
►siap disajikan 






0 comments on "KUE DADAR GULUNG POLKADOT"

Post a Comment