Powered by Blogger.
RSS

Tuesday, December 21, 2010

mie ayam

Posted by mimie at 12:14 PM 6 comments Links to this post

udah beberapa minggu ini...ngidam banget mau makan mie ayam....tapi karna nggak ada waktu...(duilahh gayaku kaya pejabat aja)......buat sendiri aja....lebih hemat...lebih hegienis....dan pastinya lebih enak...


 
aku share deh resepnya...kayaknya dulu aku baca dari tabloid nova......
cekidott............MIE AYAM

1/2 kg mie ayam(mie keriting)
100 ml kecap manis 

500 gr daging ayam , potong kotak
3 sdm kecap manis
2 sdm kecap inggris
2 btg daun bawang, rajang
4 sdm saos sambal 

 

Bumbu halus:
3 bh bawang putih
5 bh bawang merah
1 sdt merica
1 sdt ketumbar

 2 cm kunyit
3 cm jahe
4 btr kemiri

50 gr gula merah

Bahan kaldu:
 

1 ltr air
1 sdt garam

1 sdm merica
seujung kuku jahe
sedikit pala
bawang prai iris serong
4 btr bawang putih
6 btr bawang merah

2 butir kemiri
1 buah bunga lawang *masukkan ketika air kaldu mendidih
1 buah kapulaga *masukkan ketika air kaldu mendidih

pelengkap:

1.minyak bawang,
(goreng bawang merah dan bawang prai,
minyak sisa menggoreng bisa di gunakan sebagai minyak bawang)

 
2.sawi caisim ,rebus sebentar

 
3.bawang goreng

 
4.sambal cabe rawit

 
5.daun sup


cara membuat: 

1. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang
2. Masukkan ayam, tumis hingga bumbu menyerap ke dalam ayam.masukkan kecap asin,saos sambal,kecap inggris(kalau suka),biarkan hingga matang dan bumbu terserap.sisihkan.
3.buat kaldu.tumis bawang putih dan bawang merah,pala dan merica yg telah dihaluskan hingga matang.
4.tuang air,biarkan mendidih.
5.lalu masukkan garam,tulang ayam,lada bubuk dan bawang prai
6.rebus hingga harum


penyelesaian....
campur mie ayam yg tlah di rebus dgn minyak bawang.
susun semur ayamnya.sawi rebus,dan sambal.......tuang kaldu.......
wallahhhh,.................

this is it......mie ayam  ala jasmin kitchen....
selamat mencoba......
^_^

Friday, December 17, 2010

donat kentang ...^_^

Posted by mimie at 1:41 PM 0 comments Links to this post
seperti biasa.....di rumah lagi nggak ada cemilan....secara brownies kemaren baru aja habis....
jadi memanfaatkan kentang yang kayaknya bakalan tumbuh akar karna kelamaan..heheheh
jadi..aku contek resepna donat kentang nya NCC.......
hasilnya cakep banget......montok2 dan tembem .....
tapi buatnya bo.......perlu perjuangan...sampai ku uli satu jam.....ampe kriting ni tangan......
kalau udah kayak gini baru ingat ama mixer idaman..si mixer kitchen aid heavy duty series itu........
heeuuuuu.....



ni aku share ya resepnya.....aku modif sana sini......
cekidot........

bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula psir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air

cara membuat:
  1. Campur air dan ragi biarkan mengembang dua kali lipatnya..Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.atau sampai dua kali dari besar semula....tidak terpatok waktu.
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

Tips sukses membuat donat..:
  • Siapkan semua bahan terlebih dahulu tanpa ada yg boleh ketinggalan satupun, meski garam sekalipun.
  • Ingat aturan bikin roti, ragi gak boleh ketemu garam dan atau mentega ya. Nanti raginya mati, gak mau mengembangkan adonan. Garam dan mentega masuknya setelah adonan setengah kalis.
  • Haluskan kentang sampai benar-benar halus, kalau perlu pake blender, supaya adonan bisa licin dan gak gradakan :)
  • Setelah Halus Dinginkan kentang sebelum dibuat Donat. Terus kalau tidak dalam keadaan dingiiiinnn...waaa.., raginya langsung mati....^_^
  • Buat adonan hingga kalis elastis, ikuti step by step pada resep, hingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin. Bulatan yang halus dan licin akan membentuk donat yang bulat cantik ketika digoreng/merekah.
  • Istirahatkan adonan 20 s/d 30 menit (tergantung cuaca), tutup dengan plastik spy permukaannya tidak kering.Lubangi bagian tengahnya, goreng dengan panas sedang (supaya donat matang sempurna sampai kebagian dalam).


  • Menggunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah, agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar (sentrifugal) akan membantu terbentuknya donat yang bundar.
  • Bila salah satu sisi sudah kuning kecoklatan, segera balik, teruskan menggoreng sampai kedua sisi coklat. Angkat. Tiriskan.




Tuesday, December 14, 2010

penylane brownies**again and again**

Posted by mimie at 1:01 PM 0 comments Links to this post

brownies yang jadi favorit dirumah........secara gampang banget buatnya dan murah meriah......bikinnya emang harus di camkan dalam otak....*bantet*
ya ni kue emang kue bantet,so jgn harap ngembang kayak cake pada umumnya.....
so ini penampakannya,resepnya pernah dipostingin di entri sebelumnya......

so cekidotttttt.............

Thursday, December 9, 2010

muffin pisang coklat

Posted by mimie at 12:19 PM 0 comments Links to this post


hari ini kota dumai di guyur hujan dr jam 4 subuh ampe jam 12 siang.......
suasananya rekkk.....adem pisan......
dari pada benggong kedinginan.......aku ngobrak abrik isi kulkas....
nemu pisang yang udah kelewat mateng......
dari nggak kemakan....ku buat muffin pisang coklat aja....
yg buatnya cukup di aduk2 aja......
dan hasilnya sodara..sodara........enak.....pisang banget........heheh**narsisnya kumat**
aku share ya resepnya.......rugi kalau nggak coba......cucok bgt buat sarapan pagi......^_^


tuh...si adek ama ponakan lagi ngadep muffin yg baru mateng..**sebenernya mereka pengen narsis hueheheheheh**



cekidotttt

bahan:
A. 250 gr terigu
150 gr gula pasir
1 sdt soda
1 sdt baking powder
4 sdm coklat bubuk

B.100 ml susu cair
4 buah pisang di haluskan
100 ml minyak
pasta coklat secukupnya(1 sdm)

C.2 butir telur

D.coklat chips secukupnya

cara membuat:

1.ayak bahan A sisihkan
2.aduk bahan B dan C hingga gula larut memakai ballowisker
3.masukkan campuran terigu ke bahan cair.aduk perlahan hingga rata
4.terahir masukkan coklat chips
5.cetak di cup muffin hingga 3/4 tingginya
6.bakar dengan api sedang(190 C) hingga matang

tips.....
oven harus benar2 panas ketika adonan di masukkan
api sedang hampir besar supaya muffin bs tinggi menggunung.

sippppppppp..........selamat mencoba.......
semangat.......^_^

Saturday, December 4, 2010

pastel panggang

Posted by mimie at 7:37 PM 0 comments Links to this post


pengen banget buat camilan yang satu ini....
sering liat di milis2 kuliner.
so tadi sekalian buat risoles ya..buat pastel panggang sekalian.....
ternyata kulitnya tuh kayak kulit pai....dan rasanya lembut banget...
tapi.....heheeh....yang buat lebih suka pastel yang digoreng.....ekekkeek^_^

BTW aku share deh resepnya.....semoga aja kalian suka.....
cekidottt........

pastel panggang

bahan kulit:
500 gr terigu
250 gr margarin
2 kuning telur
5 sdm air es

bahan isi:

1 kg kentang potong kotak kecil2
1 buah wortel ukuran besar potong kotak kecil2
250 gr daging ayam tanpa kulit,di cincang
1 batang bawang prei di iris serong
4 butir bawang merah
2 butir bawang putih
1 sdm merica
penyedap rasa
garam secukupnya

cara membuat:
1.haluskan merica,bawang merah dan bawang putih.
2.tumis bawang prai hingga harum,masukkan bumbu yang telah di haluskan
3.masukkan ayam,tumis hingga matang.
4.masukkan kentang dan wortel .beri penyedap rasa.tumis hingga matang.

olesan:
2 butir kuning telur

cara membuat :
1.campur terigu dan mentega.(kalau aku ,ku mixer aja...^_^)
2.masukkan kuning telur
3.masukkan air es sedikit demi sedikit
4.giling tipis.bentuk bulat.
5.beri isi dan rapatkan.
6.olesin dengan kuning telur
7.panggang hingga matang.

risoles kribo

Posted by mimie at 7:30 PM 0 comments Links to this post
,
risoles ini ku buat untuk anter2 ke tempat sodara yang mau kenduri .
sebenernya risolesnya sama dengan yang lain.yang membedakan cuma risoles ini di balur pake tepung pangko kasar.jadi penampakannya kelihatan bergerindil gitu.
tapi soal rasa......mak nyos.....krispi bgt .....apalagi di maem anget2 plus cabe rawit......
resepnya pernah aku posting sebelumnya(martabak mini)

so ini penampakannya.......yuk di coba....

semangat........^_^

Sunday, November 28, 2010

bolu kukus ** gatot**

Posted by mimie at 7:34 PM 2 comments Links to this post
penampakan bolu kukus mingkem ku...hiks.......:(

pleaseeeeeeeeeeeeeee........jangan sebut bolu kukus didepanku.......aku udah putus hubungan silahturahmi ama tuh kue........sebanyak sepuluh kali aku jatuh bangun mengejarnya......
semua resep......dr yg dikocok sekaligus,sampae yang di kocok telur dan gula terlebih dahulu.......
hasilnya tetap sama.........kalau nggak mingkem....ya lumayanlah senyum simpul......itupun senyumnya masem...kecut...kayak cuka.....huhuhuhuh

sebenernya...aku ng doyan ama kue ini...rada amis menurutku...tp tantangannya itu lho......
suka iri liat bolkus yg bisa merekah cantik........
nggak tau kapan lagi,baru akan mencoba lg...udah patah hati sama bolkus

Saturday, November 20, 2010

chiffon pandan

Posted by mimie at 11:25 AM 0 comments Links to this post

ujung minggu buat camilan.....
biasa.....supaya bisa ada yang di kunyah2....supaya mulut nggak nganggur...hehheheh
resepnya udah pernah di posting...so kali ini putunya aja........
monggo silahkan coba...di jamin uenakkkkkkkk ^_^

brownies kukus lebaran haji

Posted by mimie at 10:21 AM 0 comments Links to this post


lagi...dan lagi....kue ini merupakan kue fav di rumah....
ya...secara buatnya gampang dan anti gagal...
resepnya pernah di muat di postingan sebelumnya....noh penampakannya....
sipp...markosip dah....^,^

Monday, November 8, 2010

banana cake

Posted by mimie at 8:55 AM 0 comments Links to this post

udah lama nggak buat kue yang satu ini.....kangen..hehhe...harum2 gimana gitu......kebetulan ada pisang kematengan...so dari pada membazir....di buat kue aja....
buatnya juga nggak ribet.....tapi rasanya itu loh..*lebay.....*
ini nih aku share resepnya.......
cekidottttttttt......

bahan2:
6 butir telur
225 gr terigu
200 gr gula palem +50 gr gula putih
150 gr mentega di lelehkan
1 sdt sp
1 sdt baking powder
3 buah pisang ambon masak,haluskan

cara membuat:
1.kocok telur,gula dan sp hingga mengembang dan kental
2.masukkan terigu dan bp dengan cara diayak diatas adonan..aduk melipat hingga rata menggunakan spatula
3.masukkan mentega cair aduk rata
4.terahir masukkan pisang yg tlah dihaluskan.aduk melipat hingga rata
5.masukkan adonan ke 2 buah loyang brownies
6.bakar hingga matang

sesudah matang,bisa diparutkan keju atau coretkan dcc ke atas kue.....
kalau aku...cuma satu yg sempet di hias....yang satunya..keburu masuk mulut..hehhehe
oc deh...semangat.......^_*

Sunday, October 31, 2010

brokus gulung

Posted by mimie at 2:41 PM 0 comments Links to this post
weekend lagi........cepet bener......kemaren mau nyoba resep mb nenis "si keling"...tapi lagi nggak enak body.....jadi sekarang saat yang tepat buat nyoba.....penasaran banget soalnya......
ternyata oh ternyata nggak serumit yang ku bayangin.....aku buat 1/2 resep dan jadi 2 loyang 22x22 cm.......sip.....ini nih penampakannya.....






BROWNIES KUKUS
Sumber : Resep NCC & Resep Ny. Liem.
resep modif by nenis.

Bahan A :
12 butir telur ayam
450 gr gula pasir
1 sdm SP
1/2 sdt vanili bubuk

Bahan B : (Dicampur rata)
250 gr terigu segitiga biru
80 gr coklat bubuk (aku pake coklat bubuk tulip)
baking powder sedikiiit aja…

Bahan C : (Dicairkan/di tim)
350 ml minyak sayur
200 gr DCC
Pelengkap : selai blueberry / strawberry / raspberry

Cara membuat :
1. Kocok bahan A sampai mengembang/jambul petruk
2. Pindahkan adonan A ketempat yg lebih besar
3. Masukan bahan B dengan cara diayak sedikit demi sedikit, aduk balik….biar rata
4. masukkan bahan C aduk hingga rata menggunakan spatula
5. Siapkan loyang yang sudah diberi olesan margarine dan diberi kertas roti
6. tuang adonan ke loyang. Kukus selama 10 menit saja
7. Setelah matang, segera keluarkan dari loyang….segera gulung

tips dr ku

1.jangan terlalu tebal karna ntar bisa patah waktu menggulung

2.setelah keluar drpengukus,panas2 segera olesi slai dan gulung

3.matikan gulungan awal/rapatkan,setelahnya gulung sep biasa

hasilnya maknyussss........cobain deh....

semangattttttttttt......

Tuesday, October 26, 2010

martabak mini

Posted by mimie at 9:23 AM 0 comments Links to this post

martabak mini ini jadi salah satu yang sering di pesan di jasmin kitchen...........sebenernya rada males sih buatnya....soalnya kerjanya rada ribet *wiss sombong bgt bakul kuehnya..>_< ..heheh*.....ya iya lor......dr ngupas kentang..numis....bikin kulit...oles putih telur dan terahir goreng........sepanjang jalan kenangan deh judulnya......heheheee.... tapi.....namanya rezeki,pantang di tolak....... sip.........walaupun sering di tolak kalau dapet orderan kue ini.....tp kali ini ,ta' kerjakan juga...... ta' share nih resepnya........ cekidottttttttt..........


bahan: isi

1 kg kentang potong kotak kecil2
1 buah wortel ukuran besar potong kotak kecil2
250 gr daging ayam tanpa kulit,di cincang
1 batang bawang prei di iris serong
4 butir bawang merah
2 butir bawang putih
1 sdm merica
penyedap rasa
garam secukupnya
olesan: 2 butir putih telur

bahan kulit:
  • 250 gr tepung protein tinggi
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt Baking Powder
  • 40 gr Susu Bubuk
  • garam
  • 650 cc air
  • 1 sdm munjung margarine/mentega, dicairkan
cara membuat:

1.haluskan merica,bawang merah dan bawang putih.
2.tumis bawang prai hingga harum,masukkan bumbu yang telah di haluskan
3.masukkan ayam,tumis hingga matang.
4.masukkan kentang dan wortel .beri penyedap rasa.tumis hingga matang.

kulit....
campur bahan jadi satu.blender hingga halus
buat kulit satu persatu menggunakan wajan anti lengket.beri isi..lipat seperti amplop kalau ingin martabak mini....dan jika ingin risoles...di gulung
oles putih telur
goreng hingga matang

tips dariku..:
untuk memghemat putih telur aku menggunakan kuas yg rada gede
dan supaya tangan ng amis krn putih telur....bungkus tangan kiri menggunakan plastik bening,dan tangan kanan megang kuas.......

semangatttttttttttttt....^_^

Saturday, October 23, 2010

eclair

Posted by mimie at 11:46 AM 0 comments Links to this post
weekend nggak tau mo buat apa......so si adek requess minta dibikinin sus....ya udah lah...dr pada nggak ada kegiatan......ngublek2 kue sus aja....tapi ku buat yg bentuk panjang....kata orang sih namanya 'eclair'
flanya ku buat rasa coklat,cuma di tambahin coklat block aja.....
rasanya mak nyussssssssss.....
ini nih penampakanya....
cekidot........................


hehheheh...tu yang reques sus nya.......habis berapa buah tuh.......
resepnya pernah aku postingin disini .........

Monday, September 20, 2010

bolu gulung

Posted by mimie at 7:18 PM 0 comments Links to this post

nggak ada yang buat cemilan...hmmmmm.....buat apa ya...?
jadi pengen aja buat sesuatu yang manis2 gitu....semanis yang buat...ekekkekekke..*eits...nggak boleh protes...^_^.*
pilihan jatuh ke bolu gulung.......hmmmmmmm.....bayangin aja...udah ngences.......
sippppppp.......ngublek2 sebentar......tringggggg....jadilah dua buah bolu gulung yang super jumbo.....
bujug buneng...seumur2,baru kali ini buat bolgul sesukses ini......gede banget.....padahal resepnya sama...........

tak share ya resepnya......^_^
cekidottttt...

bolu gulung

bahanya:
6 butir telur
125 gr gula halus
1 sdt sp
125 gr terigu...(kalau mau rasa coklat,kurangi terigu 25 gr,ganti dgn coklat bubuk)
100 gr mentega dicairkan
1 sdm susu bubuk
selai strabery/blubery

cara membuatnya:

1.kocok telur dan gula ,sp ,hingga kembang
2.masukkan terigu,susu bubuk aduk melipat hingga rata menggunakan spatula
3.masukkan mentega cair aduk rata
4.masukkan ke loyang yang telah dialasi kertas roti
5.panggang dengan api besar (15 menit) hingga permukaan kue kering(jika di tekan tidak berbunyi nyes..nyes)
6.setelah matang angkat,potong bagian pinggirnya
7.panas2 gulung.lepaskan gulungan.olesi dengan selai
8.gulung kembali.dan simpan di lemari es sebentar.

tips:
di panggang dengan api besar supaya kue matang tapi tidak kering.
karna semakin tipis kue yg kita buat,semakin sebentar waktu memanggangnya.

untuk resep di atas itu 6 telur....kalau mau buat dr 5 telur....terigu dan gulanya jadi 100 gr.

oklah plenn......selamat mencoba ya.......
hwaiting....................^_^

Wednesday, September 15, 2010

mpek-mpek palembang

Posted by mimie at 7:55 PM 2 comments Links to this post

makanan khas dari sumatra selatan yang emang endang gurindang.banyak sih resep yang beraneka ragam.aku udah nyoba macem2 resep...ada yang hasilnya keras bedengkang....kalau ntuk lempar maling,bisa semaput......ada juga yang dalemnya nggak mau mateng.....pokoknya udah berapa kali gagal lah......dr resep di tabloid.....ampe resep tetangga.....ta' coba semua.......

ada juga tetangga yang jago banget buatnya...tapi.....huhuhu....pelit banget ama ilmunya.....
behh.....tambah penasaran aku.......
ahirnya.....dapet juga resep yang pas.....dan setelah nyoba beberapa kali......ku dapat cara yang pas biar mpek2nya nggak keras dan rasanya ajib........

karna ilmu itu salah satu yang di hisaf di aherat....makanya aku share resepnya ya.....
cekidotttttttt

mpek-mpek palembang

bahanya:

500 gr ikan tengiri (terserah mau pake ikan apa)
200 gr tepung terigu
5 siung bawang putih
500 gr tepung kanji(tergantung adonan bila masih lembek dapat di tambah)
1 butir putih telur
penyedap rasa secukupnya
garam secukup rasa
air mendidih secukupnya (maaf nggak pernah ku ukur)
4 butir telur kocok buat isian

cara membuat:
1. giling daging ikan bersama bawang putih,garam,penyedap rasa dan putih telur hingga lembut sisihkan.
2. di tempat lain ,taroh terigu di kom (wadah) siram dengan air mendidih hingga menjadi adonan bubur kental (seperti adonan lem)
3.masukkan campuran ikan aduk hingga benar2 rata
4. masukkan tepung kanji ,hingga menjadi doh yang kalis.jangan keras.buat sedikit agak lunak.
5. balur tangan dengan tepung kanji.mulai membentuk.jika ingin buat mpek2 kapal selam,isi dengan telor sekitar satu sendok makan telur kocok.jika ingin lenjer,tinggal buat bentuk lonjong2 saja.rebus hingga mengapung.
6. setelah mengapung angkat dan masukkan ke dalam kom yang berisi air dingin(airnya di tambah sedikit minyak biar nggak lenggket)
7. tiriskan dan goreng hingga matang.....

bahan cuka:

1. 250 gram Gula aren

2. 50 gram Asam jawa, hindari memakai cuka dapur

3. 750 ml air

4. 5 siung Bawang Putih, cincang halus

5. 2 sdm ebi, dihaluskan

6. 1 sdt garam

7. 10 s/d 20 buah cabai rawit, dihaluskan (tergantung selera pedas).

Cara membuatnya:

1. Didihkan gula aren (merah), asam jawa, air lalu saring.

2. Masukkan bawang putih, ebi, cabe rawit dan garam, didihkan kembali lalu angkat.

3. Cuka sudah siap dihidangkan bersama pempek.

selamat mencoba ya..........

hwaiting.............


Saturday, September 4, 2010

sentiling nanas

Posted by mimie at 3:30 PM 0 comments Links to this post

perpaduan rasa nanas dan ubi ......nggak pernah kebayang kan ? jangan di kira ubi trus..kepikiran *ah ubi *......jangan salah ,...kue yang satu ini endang gurindang...buatnya gampang dan nggak pake mahal.....
cucok buat pilihan berbuka puasa atau cemilan.......

ta' share resepnya ya......cekidotttttttt.....

bahan:
1 kg ubi,parut
250 gr gula pasir
1/2 bungkus agar2
1 buah nanas yang sedang ukurannya,parut/blender
sedikit garam
sedikit pewarna orange

kelapa ambil putihnya ,kukus untuk taburan.

cara :
campur semua bahan jadi satu.lapisi loyang dengan plastik dan kukus hingga matang.
jangan lupa lapisi dandang dgn lap kain agar uap air tidak masuk ke adonan.
sebaiknya kue ini di biarkan hingga benar2 dingin,baru di potong.
taburi kelapa yang telah di kukus.

selamat mencoba ya......
semangatttttt.....^_^

Thursday, September 2, 2010

step by step nastar mawar...

Posted by mimie at 2:09 PM 0 comments Links to this post





step by step.....
1.bulat2kan selai nanas hingga membentuk bola kecil
2.bulatkan adonan
3.isi dgn selai
4.mulai membentuk.sepit bagian paling atas membentuk 3 kelopak(berbentuk segitiga)
5.buat 4 kelopak di barisan kedua.
6.buat kelopak di barisan ketiga hingga membentuk 3 lapis kelopak

selamat mencoba......

semangat.....^_^

nastar mawar....

Posted by mimie at 12:55 PM 0 comments Links to this post



nastar ini bagiku sangat istimewa.karna usaha untuk mendapatkan resep yang pas dan cara yang tepat memerlukan waktu lama....satu taon bo.......ya iyalah.....hehee....wong buatnya asal deket mo hari raya doang......howalalahhhhh.....


perlu ketelatenan dan kesabaran luar biasa......baru bisa menghasilkan mahakarya yang spektakuler ini.....hihihi.....bahasaku.....

wes lah....dari pada kalian mulai pening baca tulisannku yang mulai ngawur.....
step by stepnya aku pernah postingin di sini....  
nastar ini jangan terlalu di kocok mixer terlalu berlebihan. cukup mengocok mentega dan gula sekedar tercampur rata saja. 
supaya nastarnya tidak melebar ketika di oven.
dan sebaiknya di masukkan ke kulkas sebentar. tujuannya agar menteganya tidak mencair apabila kena tangan ketika di cetak nantinya.
nih...ta' share resepnya.......cekidot......

bahannya:

bahan selai nanas
1 butir nanas,parut/blender
200 gr gula
sedikit kayu manis(jika suka)
masak hingga kental dan agak keras.masukkan kulkas dan bentuk bulat2 kecil

bahan nastar:
250 gr mentega
50 gr butter(mentega tong)
75 gr gula halus
2 kuning telur
20 gr maizena
25 gr susu bubuk
350 gr terigu

bahan olesan;
1 btr kuning telur+ 1 sdt susu kental manis+ pewarna orange secukupnya

cara membuat:

1.kocok mentega dan gula asal tercampur rata
2.masukkan kuning telor kocok asal rata
3.masukkan terigu,maizena dan susu bubuk.aduk hingga kalis menggunakan sendok kayu
4.bentuk bunga mawar,tata di loyang
5.panggang setengah matang
6.keluarkan oles kuning telur dan panggang kembali hingga matang.



selamat mencoba.....
semangat ya.......hwaiting............

Tuesday, August 31, 2010

peanut stick

Posted by mimie at 10:34 AM 0 comments Links to this post
perpaduan rasa kacang dan karamel yang cihuy punya,membuat kue kering yang satu ini menjadi fav di rumah budeku....halllaaaahhh.....iya ni resep ku dapet dr mbak sepupu.enak banget kuenya.harum2 gimana gitu rasanya....

wes...nggak panjang2 mukadimahnya......

ayo...siapa yang mau coba....silahkan dicatet......
cekidotttttttttttt.......

bahan:

bahan I :
300 gr mentega*kalau aku blie band*
50 gr gula halus
1 butir telur
400 gr terigu
1 sdt vanilly

Bahan II :
250 gr gula di buat karamel
250 kacang tanah,oven dan cincang kasar

cara membuat:

1.kocok mentega dan gula asal rata saja.masukkan telur,kocok rata
2.masukkan terigu dan vanilly....aduk menggunakan spatula hingga kalis
3.bentuk seperti stick.kira2 sebesar jari kelingking.tata di loyang
4.panggang hingga matang
5.celupkan kue yang sudah matang ke karamel,angkat dan gulingkan di kacang hingga tertutup semua
6.simpan d tempat yang kedap udara

nb:sewaktu memasukkan ke karamel harus hati2 ya...karna stick nya mudah patah...

selamat mencoba...semangat.....

hwaitingggggggggg..........................

kering keju. (kue daki heheheh)

Posted by mimie at 10:00 AM 18 comments Links to this post

kue daki..? heheheh emang kue daki.......kami menyebutnya begitu.....tapi bukan berarti kue yang di buat campur daki lho.....karna buatnya harus di pilin di telapak tangan,sampai tangan halus banget....makannya di sebut kue daki.....di jamin deh setelah buat kue ini,tangan bakalan halus...heheheeh

rasanya keju banget ....dan crispy....cuma jangan di biarkan di udara terbuka....harus di simpan di tempat tertutup...cucok bgt buat sajian hari raya.....enak tenan .ta' jamin......

tak kasi nih resepnya.....cekidot....

KERING KEJU

bahan:
100 gr keju parut
3 butir telur
300 gr tepung kanji cap tani
1/4 sdt garam halus

cara membuat:

1.campur keju dan telur aduk rata
2.masukkan kanji dan garam,aduk hingga kalis
3.ambil sedikit..kira2 sebesar upil..(hehhe...kira2 ya emang sebesar upil orang gede deh)
4.pelintir di telapak tangan(seperti kita menggosokkan dua telapak tangan) hingga adonan berbentuk seperti cacing tambang(heeuu...perumpamaanku horor banget ya)
5.rendam d minyak dingin hingga jumlah adonan yg kita inginkan cukup untuk di goreng
6.ambil adonan yg tlh di rendam,goreng d api sedang

membuat kue yang satu ini jangan terlalu besar,karna kalau terlalu besar...dalamnya agak kurang crispy.........
ok lah kalau begitu.....semangat ya sis.....

hwaitinggggggggggggg......^_^

Sunday, August 29, 2010

peanut butter cookies

Posted by mimie at 11:16 AM 0 comments Links to this post




kue yang satu ini ku dapat dari ncc.....enak banget........

cucok banget buat bakul2 kue....ni kue bisa buat nambah2 barang dagangan....enak banget dan bakalan laris manis.jangan salahkan aku kalau tiba2 kaya mendadak karna kue ini..heehe

tak share resepnya......cekidot.......

Bahan:
250 gr tepung terigu
90 gr gula halus
125 gr selai kacang halus / peanut butter
110 ml minyak sayur
1 sdm susu bubuk
½ sdt garam
1 sdm mentega
coklat blok potong dadu kecil(bs yg dark atau putih)
Bahan polesan:
2 btr kuning telur, kocok lepas
Kacang tanah cincang secukupnya.

Cara membuatnya:

  1. Aduk rata : gula halus, selai kacang, minyak sayur, susu bubuk, garam dan mentega hingga rata.
  2. Tuang tepung terigu, aduk rata. Bentuk bulat dan isi dengan potongan coklat batang dan tata dalam loyang.
  3. Poles bagian atasnya dengan bahan polesan, beri hiasan kacang tanah cincang.
  4. Panggang dalam oven suhu 150’C hingga kuning kecoklatan.

Notes: Selain cokelat putih, isinya bisa diganti dengan cokelat susu atau cokelat gelap

putri salju

Posted by mimie at 10:19 AM 0 comments Links to this post

penampakanya seperti putri yang pake bedak tebel banget....heheheh
manis...putih......terasa butternya...lembut......pokoe ma' nyus........
hampir semua rumah pasti buat kue ini......

tanpa panjang lebar.....tak kasi resepnya ya.....semoga bisa membantu....cekidot.......

putri salju:

bahannya:

400 gr blue band*maaf aku menyebut merek*
100 gr mentega tong /butter
100 gr gula
1 sdt vanily
4 kuning telur
2 sachet susu bubuk full cream
800 gr terigu segitiga biru*

cara membuat:

1.kocok mentega dan gula asal rata.jangan sampai mengembang.supaya kue tidak melebar
2.masukkan kuning telur ,kocok rata
3.masukkan terigu,aduk menggunakan spatula.jangan menggunakan tangan ,hingga kalis.
4.ambil adonan,tipiskan.bentuk bulan sabit
5.tata di loyang
6.pangang hingga matang
7.setelah dinggin ,taburi dengan gula dingin(gula yg untuk menabur donat)bukan gula halus biasa.....

wes ........selamat mencoba.....

tetap semangat.....hwaiting....^_^

stik keju

Posted by mimie at 10:03 AM 0 comments Links to this post
penampakanya seperti kue bawang atau kalau di tempatku keripik malaysia.cuma kalau yang satu ini sedikit lebih panjang.
kue kering ini enak banget,terasa banget kejunya.beda dengan kue bawang yang menggunakan bawang dan santan,kue ini menggunakan 100 persen keju.
buatnya gampang banget.......bisa jadi alternatif untuk pengisi toples d meja.
biasanya kalau lebaran,orang kurang suka makan kue yang berbau mentega atau manis2 gitu*ngomongin diri sendiri sebenarnya,........*

jadi tak bagi2 resepnya....cekidot.....

bahannya:

4 butir telur
1/4 kg terigu
1/4 tepung kanji cap tani
1 batang keju,parut
sedikit soda kue
sedikit garam halus

cara membuat:
1.kocok telur dan keju hingga rata
2.masukkan terigu,kanji dan soda..aduk hingga kalis dan tidak lengket di tangan
3.giling menggunakan ampia,di tipiskan terlebih dahulu
4.baru di potong2 menggunakan ampia juga.
5.sebaiknya stik keju di potong sepanjang 8 cm
6.goreng hingga matang

gampang bukan.....murah meriah...dan rasanya crispy....bisa d tambahkan royco jika mau.tapi garamnya harus di hilangkan.

selamat mencoba deh.....

hwaitingggggggggggg....semangat........

cornflakes coklat

Posted by mimie at 9:44 AM 10 comments Links to this post



kue kering yang satu ini menjadi kue yang laris manis sewaktu lebaran.apalagi anak2.wes pokoe langsung d pondong tu toples.....hehehhe....kue ini termasuk kue mahal...hihihi...gayanya....emang iya kok....kalau di toko2 satu kilonya hampir 100 rebong......gila bener.......

wong buatnya nggak susah......kok mau2nya keluarin uang 100 rebong ,mendingan buat sendiri.....

jadi kalau mau menuai pujian lebaran ini........hihii.....buat deh ni kue....ta' jamin.......

ini dia resepnya...cekidot.......

corn flakes

bahannya:

300 gr kacang tanah/kacang mente jg boleh....tergantung dana..^_^ di panggang,di cincang kasar
100 gr kismis,potong dua
500 gr coklat blok di cairkan
200 gr corn flakes di pecah kasar
trimis secukupnya
cup kertas (pilih yg dilapisi lilin)

cara membuat:
1.campur kacang,kismis,corn flakes,
2.masukkan coklat cair.aduk rata
3.masukkan cepat k dalam cup kertas
4.taburi trimis (sewaktu coklat belum beku,agar trimis mlekat)
5.masukkan kue ke lemari es sebentar agar coklat set

selamat mencoba ya.....
hwaiting....semangat...........

sagu susu

Posted by mimie at 9:27 AM 0 comments Links to this post
kue kering yang satu ini berwarna putih bersih.....sedikit rapuh dan lumer di mulut...
menjadi langganan pengisi toples sewaktu lebaran di rumahku.....

rasanya itu lho.....susu banget......

aku share ya resepnya.....

bahan bahannya:
500 gr margarin
4 butir telur
300 gr gula
1 kg tepung kanji cap tani
1/2 kaleng susu kental manis putih
trimis *gula hiasan warna warni*
cup kertas

cara membuatnya:
1.kocok mentega dan gula hingga lembut
2.masukkan telur kocok rata.
3.masukkan susu
4.masukkan kanji aduk hingga kalis (nb: kalau sebelum 1 kg sudah kalis hentikan menambahkan kanji,tapi jika sudah 1 kg masih belum kalis,tambah kan kanji hingga kalis.jadi tdk terpaku pd resep)
5.cetak dengan menggunakan cetakan kue semprit bentuk bintang ke cup kertas.bentuk melingkar seperti es cream.
6.taburi trimis
7.panggang hingga matang


hwitinggggggggggg....semangat.................

Tuesday, August 24, 2010

biskuit choco chip

Posted by mimie at 9:09 AM 0 comments Links to this post
atas permintaan sohib FB ku.....mega ssi......ku posting resep yang satu ini........
semoga bisa membantu ya pren........

biskuit choco chip

bahan:
A. 125 gr margarin
125 gr gula palem
25 gr gula pasir

B. 1 butir telur

C. 125 gr terigu

D. 100 gr coklat chips

E. 100 gr kacang tanah di panggang,cincang kasar

cara membuat:
1.kocok margarin,gula palem dan gula pasir hingga lembut dan putih
2.masukkan telur,kocok rata
3.masukkan terigu aduk menggunakan spatula(jangan menggunakan tangan)
4.masukkan coklat chips dan kacang.aduk hingga tercampur rata
5.masukkan adonan ke dalam lemari es..kira2 10 menit
6.cetak menggunakan dua buah sendok.tata di loyang
7.bakar hingga matang

tips dariku:
1.biskuit ini akan melebar dengan sendirinya.jadi pastikan jaraknya tidak terlalu dekat
2.buat satu resep...satu resep saja.jangan buat beberapa resep sekaligus.ini akan menyebabkan mentega mencair dan cookies kita keras teksturnya.
3.jangan mengaduk menggunakan tangan,haba pada tangan dapat mencairkan mentega
4.sebaiknya masukkan adonan sebentar ke lemari es,agar menteganya tidak mencair dan hilang.
5.coba dulu satu sendok,panggang..agar tau besar kecil size yang kita inginkan

OK.....semangaaaaaaaaaaaaatttttttt

Thursday, August 19, 2010

kue marie coklat

Posted by mimie at 3:45 PM 3 comments Links to this post

perkenalkan biskuit hari raya yang menjadi andalanku.......setiap lebaran selalu banjir pujian....hehehe
ya karna juadah yang satu ini.bangga banget rasanya...*jiahhhhh.....amit2*
resepnya kudapat setelah *mengemis* di sertai rayuan tingkat tinggi....hahha
makasih ya kak ita......udah mau berbagi nih resep........dianya mau kasi asal nggak disebar2 ni resep.....
sipppp...aman ....tetangga nggak ada yg tau.....tapi izin share di blog......^_^
moga bisa jadi ilmu yang bermanfaat bagi banyak orang...aminnnnnnn.......

oklah.....jika sis2 mo banjir pujian lebaran ini.....nggak usah ragu...nggak usah nunggu lagi....
catet resepnya.......^_^

kue marie coklat

bahan:
3 bungkus rotie marie,haluskan* d blender *
1/2 kaleng susu kental manis putih
1/4 gr selai strawbery
1/2 kg dark cooking coklat* coklat batang*cairkan (lebih baik beli yang ukuran sekilo) lebih hemmmattttt........:P
cup kertas mini *yang tebal ya sis.....lebih bagus* secukupnya
trimis *gula hiasan berbentuk manik2 warna warni*

cara membuat:
1.campur jadi satu marie,susu, dan selai hingga menjadi doh yang menyatu.dan tidak melekat di tangan.
2.bentuk bulat.untuk lebih mudahnya aku menggunakan cetakan es buah.
3.celup ke coklat cair.
4.masukkan k cup mini
5.taburi trimis agar kelihatan manis....
6.bisa juga masukkan bentar ke kulkas,agarcoklatnya set...

this is it.......kue marie coklat ala jasmin kitchen.......waalllaaaaahh

semangaaaaaat.....^_^

brokus ketan hitam

Posted by mimie at 9:35 AM 0 comments Links to this post





nggak ada kata lain untuk kue yang satu ini.....uenakkkkkkkkk

agak beda rasanya di banding dengan brokus biasa...ada rasa krenyes2 getoh....^_^.dan aku jamin nggak bakalan nyesel....dan kue yang satu ini termasuk kue anti gagal........

aku kongsi resepnya ya....*lupa resepnya dari mana....dan sep biasa ta' modif dikit*

resep:

6 telor

250 gr gula

1 sdt sp

175 gr tepung ketan hitam

100 gr terigu

1 sdt bp

150 ml minyak

50 ml santan kental

100 gr coklat batang dicairkan/setengah kaleng susu kental manis coklat

mesis coklat secukupnya


cara membuat:

1.ayak jadi satu terigu,tepung ketan hitam dan baking powdeer,sisihkan

2.kocok telur dan gula hingga mengembang

3.masukkan campuran terigu,aduk melipat menggunakan spatula hingga rata

4.masukkan santan ,minyak bergantian..aduk hingga rata

5.masukkan coklat leleh..aduk rata

6.kukus setengah dari adonan selama 15 menit.taburi misis....masukkan sisa adonan.

kukus hingga matang.

jangan lupa lapisi tutup dandang menggunakan serbet...


selamat mencoba.......^_^

semangattttttttttttttttt

bolu sarang semut aka karamel cake

Posted by mimie at 9:05 AM 4 comments Links to this post


bolu tradisional yang penampakannya berongga2 seperti sarang semut.kue yang legit banget,dan biasanya di sukai oleh mereka yang udah berumur *ngatain bapakku sebenernya...^_^ *
dulu aku belajar buat kue yang satu ini karna beliau suka banget dengan kue ini.*nggak eneg....katanya*....tapi pertama buat kue ini...heheh gatot...*gagal total*..bukannya jadi sarang semut.....tapi bantet..tet...tet.... rasanya mo ku lempar aja tu kue......tp...di makan ama bapak juga...*sayang .....katanya..* ah bapak... alop yu pull...hehhehe
percobaan yg kedua....lumayan...masih layak di liat.....cuma bukan sarang semut..tp sarang tawon....hahhaha....nggak menyerah ...berkelana didunia maya...mencari tips2 dari shifu yg lebih berpengalaman.......
alhamdullilah ...sekarang...nggak ada cerita bantet atau sarang tawon lagi......yang ada kue coklat mengkilat yang berongga.....*narsis mode on*
resep ku dapat dari tablod saji..yg aslinya 6 telor .tapi ada yg ku modif dikit....^_^
wes..ini ta' kongsi resepnya....
kue sarang semut
resep:
bahan karamel:
500 cc air hangat
500 gr gula

8 butir telur
280 gr terigu
200 gr mentega
1/2 kaleng susu kental manis
2 sdm maizena
1 sdt soda
1 sdt baking powder

cara membuat:
1.gosongkan gula menggunakan api kecil...hingga berwarna coklat*jangan sampai gosong..ntar kuenya pahit*
2.tuang air perlahan ..hingga gula larut.sisihkan
3.kocok mentega asal rata saja. masukkan susu kental manis kocok hingga tercampur rata.
4.masukkan telor, aduk rata.menggunakan spatula
5.masukkan terigu,maizena,soda dan baking powder.aduk rata
6.terahir masukkan karamel.
7.panggang hingga matang.

tips dari ku:
1.biarkan adonan di loyang sekurang2nya 30 menit,baru panggang.agar udara naik ke atas dan membentuk rongga.
2.panaskan oven,untuk 5 menit pertama bakar dgn suhu agak panas...setelah itu baru dgn suhu biasa...
3. adonan cake karamel ini memang cair, tapi jangan kwatir, setelah matang cake akan mengental dan rasanya kenyal.
4. kocok mentega asal rata saja.jangan sampai kembang. mentega yang di kocok berlebihan akan menyebabkan cake tidak bersarang cantik.

mudah2an bisa membantu....jika gagal.....lempar aja...hehhehe...dan coba lagi.....
hwiting.......semangat.......

Sunday, June 27, 2010

putu ayu

Posted by mimie at 3:56 PM 0 comments Links to this post

anyeong....

ceritanya ntar malem mo nonton sepak bola antara inggris melawan jerman.kan nggak lucu kalau nonton bola sementara mulut nganggur......nggak ada yang di kunyah kunyah.

kepikiran aja mo buat putu ayu,kue tradisional,enak dan nggak pake mahal.....

lumayan untuk ngasi ke anak2 ntar malem....eit....jangan salah.....karna nontonya melalui tv online,di warnet pula....jadi yang di kasi cuma mereka2 yang mendukung tim jerman....wkwkwkw...

yang dukung inggris?hehe...sory ya kalian cuma boleh nonton bola dan sekalian nonton kue tersebut....heheeee.....sadis tapi manis...^_^

tapi aku kurang suka ama putu ayu,nggak tau mengapa aku tuh sukanya yang berbau coklat2 gitu.brownies atau black forest.pokoknya yg nyoklat lah.sampe kadang2 suka ngiler tu liat sendal jepit warna coklat...^_^..hehee....nongdam haeyo....itu mah bercanda....moso' ngiler ama sandal jepit?emang gonggong......

nah...karna aku si sadis manis yang baik hati,tidak sombong dan suka berbagi ilmu(yg ng seberapa).aku share deh resepnya.....semoga sista2 yang doyan ama ni kue nggak penasaran lagi......

RESEP PUTU AYU*resep dr tabloid koki*

BAHAN:

3 butir telur

150 gr gula

1 sdt sp/tbm

200 ml santan+pasta pandan

200 gr terigu

1/2 butir kelapa parut ambil putihnya aja,campur dgn sedikit tepung kanji


CARA MEMBUAT:

1.kocok telur,gula dan sp hingga kembang

2.masukkan terigu yang sudah di ayak sedikit demi sedikit sambil di aduk perlahan

3.tuang santan aduk perlahan

4.padatkan kelapa yang telah di campur dgn sedikit garam,di dasar cetakan.

5.tuang adonan 3/4 tinggi cetakan

6.kukus hingga matang.


tips.....

jangan lupa melapisi dandang dengan serbet.supaya kuenya tidak terkena tetesan air.


selamat mencoba ya....^_^

aja aja hwaiting........