Powered by Blogger.
RSS

Friday, December 17, 2010

donat kentang ...^_^

Posted by mimie at 1:41 PM
seperti biasa.....di rumah lagi nggak ada cemilan....secara brownies kemaren baru aja habis....
jadi memanfaatkan kentang yang kayaknya bakalan tumbuh akar karna kelamaan..heheheh
jadi..aku contek resepna donat kentang nya NCC.......
hasilnya cakep banget......montok2 dan tembem .....
tapi buatnya bo.......perlu perjuangan...sampai ku uli satu jam.....ampe kriting ni tangan......
kalau udah kayak gini baru ingat ama mixer idaman..si mixer kitchen aid heavy duty series itu........
heeuuuuu.....



ni aku share ya resepnya.....aku modif sana sini......
cekidot........

bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula psir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air

cara membuat:
  1. Campur air dan ragi biarkan mengembang dua kali lipatnya..Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.atau sampai dua kali dari besar semula....tidak terpatok waktu.
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

Tips sukses membuat donat..:
  • Siapkan semua bahan terlebih dahulu tanpa ada yg boleh ketinggalan satupun, meski garam sekalipun.
  • Ingat aturan bikin roti, ragi gak boleh ketemu garam dan atau mentega ya. Nanti raginya mati, gak mau mengembangkan adonan. Garam dan mentega masuknya setelah adonan setengah kalis.
  • Haluskan kentang sampai benar-benar halus, kalau perlu pake blender, supaya adonan bisa licin dan gak gradakan :)
  • Setelah Halus Dinginkan kentang sebelum dibuat Donat. Terus kalau tidak dalam keadaan dingiiiinnn...waaa.., raginya langsung mati....^_^
  • Buat adonan hingga kalis elastis, ikuti step by step pada resep, hingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin. Bulatan yang halus dan licin akan membentuk donat yang bulat cantik ketika digoreng/merekah.
  • Istirahatkan adonan 20 s/d 30 menit (tergantung cuaca), tutup dengan plastik spy permukaannya tidak kering.Lubangi bagian tengahnya, goreng dengan panas sedang (supaya donat matang sempurna sampai kebagian dalam).


  • Menggunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah, agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar (sentrifugal) akan membantu terbentuknya donat yang bundar.
  • Bila salah satu sisi sudah kuning kecoklatan, segera balik, teruskan menggoreng sampai kedua sisi coklat. Angkat. Tiriskan.




0 comments on "donat kentang ...^_^"

Post a Comment