Powered by Blogger.
RSS

Friday, July 4, 2014

Jumat Pertama

Posted by mimie at 10:14 AM 3 comments Links to this post



assalammualaikum wwb....
selamat berpuasa buat saudara seiman di luar sana.
semoga segala amal ibadah kita di bulan ramdhan ini di terima...amin...
mudah2an ramadhan kali ini lebih baik dari ramadhan sebelumnya...
yah..siapa tau... tahun depan kita tak bertemu lagi dengen ramadhan....  (tahun ini aku kehilangan seorang sahabat yg ku kenal selama 18 tahun.)
semoga beliau mendapat safaat dari allah , di ampuni segala kesalahanya, di terima amalnya. amin allahhumma amin .

sebenernya aku sering bikin cemilan juga buat iftar .
tapi mau ngangkat kamera motrek2 kok males banget.
apalagi beresin sesudah motrek itu... walllah.... lemes duluan.... heehe.
biar deh....blog ku isinya gado2. antara foto makanan dan sunset/sunrise.
aku begitu terkesima setiap melihat keindahan matahari  menjelang terbit dan terbenam itu.
mau hunting sunset kayaknya nggak memungkinkan, so aku motrek sunrise saja.
apalagi langit pagi ini subhannallah banget...indah luar biasa,
jam 6.10 wib, aku ngacir ke belakang rumah yang kebetulan di belakang mesjid darussalam.
mataharinya belum muncul, tp bias jingganya cantik....ya ...secantik aku.... #pasang muka sinchan.
eitttsss..... nggak boleh protes.... ^_^ ntar puasanya batal lho.... :)

NB : baru tau kalau motret sunset/sunrise lebih baik menyeting white balance di cloudy.
agar cahaya jingganya lebih dramatis.
Hindari meletakkan garis horison tepat di tengah foto, usahakan horison ada di sepertiga atas atau bawah






Tuesday, June 10, 2014

RISOLES AMERIKA

Posted by mimie at 9:10 AM 14 comments Links to this post

assalammualaikum.....

kali ini ingin cerita tentang risoles amerika.
mungkin aku orang yang ketinggalan banget ya.
baru kali ini bikin panganan yang bikin diet bubar jalan ini.
walaupun namanya ada amerika2nya...risoles ini bukan dari negeri paman sam onoh.
mungkin karena menggunakan mayonies ,keju dan daging asap ya.
aku juga nggak tau..... :P
untuk tau asal usulnya...silahkan gugling... saya lagi males nih ngetik2...eheheh

untuk resep kulitnya aku biasa menggunakan resep kulit yang aku sering bikin.
isinya... ada telur rebus, daging asap, mayo dan parutan keju.
gampang banget deh bikinnya.
tapi sayang... aku kurang sregg sama risol yg ini.
mungkin buat yang suka mayo, keju bakalan ''gila'' akan rasanya,
kalau aku..... jujur... aku suka risoles isi kentang dan ayam aja deh....
yang mau ..... tunjuk tangan..... masih ada ... ^_^




  • BAHAN KULIT : 
  • 250 gr tepung protein tinggi
  • 2 butir telur
  • 40 gr Susu Bubuk
  • garam
  • 650 cc air
  • 1 sdm munjung margarine/mentega, dicairkan 


Bahan isi :
4 lbr                 Smoked beef, potong kecil 1 x 3 cm
100 gr               keju cheddar parut
4 btr                 telur rebus, potong kecil
1 butir               telur, kocok lepas.
250 gr               tepung panir.

Mayonaise  secukupnya

Penyelesaian :

  1. buat kulit....
    campur bahan jadi satu.
    blender hingga halus
    buat kulit satu persatu menggunakan wajan anti lengket.kayak dadar telor.
  2.  
  3.  Bentangkan kulit, isi dengan potongan smoked beef, potongan telur rebus, sedikit keju parut, mayonaise lipat spt amplop. Sisihkan. Lakukan hingga kulit habis. 
  4.  
  5. Celupkan risoles isi kedalam telur kocok, lalu gulingkan dalam tepung panir.
  6. Simpan dalam lemari pendingin kira-kira 1 jam. 
  7.  
  8. Goreng hingga kuning kecoklatan 
  9.  
  10. Sajikan dengan saus pedas, atau cabe rawit.






Monday, June 9, 2014

AKU . MBEP DAN MENTARI #CHAPTER 2

Posted by mimie at 9:54 AM 6 comments Links to this post


Assalammualikummmmm....

kali ini postingannya bukan food...
tapi husil hunting semalam sore.
sebenernya pengen bikin satu blog lain untuk koleksi motrek2ku.
tapi...lha wong 1 blog aja kembang kempis ngurusnya...inikan lagi ada blog lain.
ya sudah... nggak apa2 ya...ya... ya... saya aplot di sini... ^_^
buat perkenalan,,,si mbep ini kamera poket sony yang setia menemaniku selama 7 tahun ini. ^_^

semalam itu berangkatnya sengaja agak siangan dikit.
karna ada 3 tempat yang akan di jadikan tempat hunting.
abis ashar langsung ngebut ke lokasi pertama.
ya... pelabuhan barang di jalan nelayan laut.
di sini pelabuhan tempat berlabuhnya kapal barang .
sebagian besar kapal terbuat dari kayu.
agak serem juga,,,karena lokasi pelabuhan yang jauh dari keramaian, juga jarang aku lihat kelibat makhluk yang bernama wanita.
satu kali jepret, aku dan adekku langsung ngacir... photonya tepat di bawah ini..





lokasi selanjutnya adalah PELABUHAN PELELANGAN IKAN atau biasa kami sebut TPI. 
ada kapal2 kecil menuju pulai rupat.
di sini juga ada RORO penyerbangan ke pulau rupat. 
tapi sayang.... pelabuhan penumpang di sebelah  TPI ini terbengkalai tidak terawat.
di sini kami juga kesiangan... jingga matahari yang di harapkan tidak di dapat karena matahari masih bersinar terik.

di foto terahir... itu lokasi terahir.
pantai sadar wisata kota dumai.
pantainya ada gazebo dan deretan warung penjual aneka minuman dan makanan.
serasa di bali kalau lihat dar tepi laut.
kami di sini cukup lama. menikmati angin selat malaka yang sepoi2... #bahasaku
pppsssttt.... di sini air kelapa muda di bandrol 8000. cukup mahal buat ku.
lain kali ke sini bawa kelapa sendiri.... eheheh .. :P

buat yang ke dumai...jangan lupa ke tempat2 ini  ya... ^_^
keep jepret..... 







Tuesday, June 3, 2014

TINUTUAN ( BUBUR MANADO)

Posted by mimie at 10:56 AM 10 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb....
Bubur manado....hmmm.... pasti langsung ingat bubur yang berwarna kuning dengan campuran berbagai macam sayuran ya...
aku sendiri sudah lama ingin mengeksekusi resep ini.. tergiur dengan penampakannya.
awalnya rada maju mundur... mengingat isinya sayuran dan ada labu manisnya. aku kan nggak suka labu manis.
so.... bubur manado yang ku buat ini agak berbeda dengan bubur manado yang banyak bersliweran di gugel.
aku mengganti labu manis dengan ubi jalar orenge.
hasilnya bubur tidak berwarna orange ngejreng seperti kalau menggunakan labu manis.
di resep aslinya, bumbunya hanya merica dan bawang saja.
tapi aku menambahkan sedikit jahe, ketumbar , kunyit dan pala. juga aku tambahin daun salam agar harum.
untuk sayurnya sebenernya bisa di masukkan sayur apa aja.
bisa kangkung, bayam, kacang panjang atau sawi. sesuai selera saja. 
aku hanya  menggunakan daun kangkung aja. tinggal metik di samping rumah... eheheh

hasilnya.....walllahhhhhhhh...
enak....sumpah... enak... manis, gurih gitu.
mungkin ini bukan tinutuan seperti yang asli di manado sana.
tapi... kita mengikuti selera lidah sendiri aja.

untuk 250 gr beras menghasilkan bubur yang cukup banyak lho..
so... cekidot resepnya...






TINUTUAN (BUBUR MANADO)
 ala jasmin kitchen

bahan :
250 gr beras ,cuci bersih
1 buah jagung manis muda , parut kasar.
1 buah ubi jalar orange , potong kotak
1 ikat kangkung
1 liter air

pelengkap : 
sambal ikan asin
bawang goreng
kerupuk

bumbu halus :
1 sdt merica
1/2 sdt ketumbar
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm jehe
1 cm kunyit
1 lembar daun salam
kaldu bubuk


 


cara membuat :
1. tumis bumbu halus hingga wangi, sisihkan
2. rebus beras , jagung dan ubi jalar menggunakan 1 liter air hingga lunak.
jika ingin bubur yang encer bisa menambahkan air lagi sesuai selera
3. masukkan bumbu halus yang telah di tumis kedlam bubur, 
4. masukkan sayuran, masak hingga sayur matang sambil di aduk2 agar tidak gosong.
5. sajikan bubur dengan pelengkap




Monday, June 2, 2014

Mengejar Matahari ..... #Chapter 1

Posted by mimie at 3:55 PM 8 comments Links to this post

allah berfirman : Sesungguhnya dlm penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda2(kebesaran Allah) bagi orang yg berakal (QS 3;190)


ini hanya jepretan amatir... menggunakan kamera saku, tapi suatu objek menjadi sangat berbeda ketika masuk lensa kamera.
tidak perduli itu kamera saku, kamera hp atau kamera DLOSOR itu...
just jepret.... ^_^ 

lokasi : pantai sadar wisata purnama, belakang mesjid darussalama jayamukti dan sekitar rumah ku ...




















Sunday, June 1, 2014

TEKWAN ....ahirnya

Posted by mimie at 1:54 PM 10 comments Links to this post

Assalammualaikummmmm....
postingan pertama di bulan juni....
mudah2an mood ngeblognya tetep ya....nggak males males lagi....
blogging blue....sana...sana...husss...hussss #mengusir cantik ala shahrini..... ahahhaha

orait.... balik lagi ke tekwan....
tadi malam smsan sama mb rina dapur manis... cerita bahwa aku berencana bikin tekwan. makanan khas orang palembang.
kata mb rina di jakarta harga ikan tengiri sampe 60an ribu ... 
alamakkkkk...... mihil bingittsss...
di tempatku paling mahal 30 rb. itupun lumayan besar ukurannya.
kalau ukuran sedang kadang bisa 25 rb.
tapi kali ini aku nggak pake ikan tengiri. aku pake ikan tete... dagingnya lebih banyak. dan berwarna putih.
sekilo cm 20 rb.... wew... ikan di dumai emang lagi banyak2nya.... ^_^

resepnya tekwan dr NCC...
tapi aku copas dari blog mb yulyan. izin copy ya mbak... ^_^
juga aku modif sesuai selera ku. bawangnya aku haluskan, agar lebih terasa.
aku juga menambahkan pala dan jahe sedikitttt....
abis ,,kalau cuma bawang dan merica rasanya kok rada ''cebleh'' .... agak adem, hambar gitu..eheh
hasilnya,,, enak dah... apalagi di tambah sambal cuka satu sendok besar...
wallahhhhh...... ^_^




 Tekwan  

Source : http://www.ncc-indonesia.com/detail.php?aid=677
rujukan resep : yulyan parwati

Bahan:
1 kg ikan tengiri
700 gr tepung sagu tani
500 ml air
30 gr garam
2 sdt kaldu bubuk
1 sdt lada
100 gr telur

Cara membuatnya:

  1. Haluskan daging ikan, tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, beri tepung uleni hingga rata dan kenyal, beri garam dan kaldu bubuk, uleni rata.
  2.  
  3. Masak air dipanci hingga mendidih, ambil sedikit adonan dengan sendok teh, celupkan dalam air mendidih. Biarkan mengapung.angkat. 
  4.  

Bahan kuah soup :

Bahan:
250 gr udang, cincang (aku biarkan utuh )
250 gr bengkoang, potong kotek api
50 gr jamur kuping, rendam air panas, potong halus

50 gr bunga sedap malam, ikat simpul
100 gr su un, seduh air panas
15 bh bawang merah iris halus (aku 5 buah bawang merah di haluskan)
10 bh bawang putih, iris halus (aku 3 buah bawang putih ,di haluskan)
1 cm jahe haluskan (aku tambah)
1 cm pala haluskan (aku tambah )
2,5 ltr air (aku 1 liter air )
1,5 sdt lada halus (aku 1 sdt )
3 sdt kaldu bubuk bila suka
5 sdt garam
Sedikit minyak untuk menumis.
Bawang merah goreng, untuk taburan.
daun saledri (aku tambah)

Cara membuatnya:

  1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih hingga harum (aku = tumis bawang putih dan bawang merah yang telah di haluskan) 

  2. Masukkan udang, masak hingga berubah warna.
  3.  
  4. Masukkan bengkoang, jamur kuping dan semua bumbu, aduk rata. (aku = bengkoang ,jamur kuping dan sedap malam aku rebus terpisah ,agar tidak cepat basi)
  5.  
  6. Tuangi air. Biarkan mendidih.
    Sajikan Sup Udang dengan tambahan Tekwan, mie soun, bengkoang jamur kuping dan sedap malam .taburi bawang merah goreng.
  7.  



Saturday, May 31, 2014

PUDING CINCAU

Posted by mimie at 10:35 AM 4 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb......
selasa yang lalu kita memperingati isra' mi'rad nabi besar MUHAMMAD SAW.
pasti di sana sini mushola dan masjid mengadakan acara memperingatinya .
dan mushola di dekat rumah ku malam ini mengadakan acara....
kami yang tinggal di sekitar musholla (jamaah) biasanya swadaya bikin juadah/makanan untuk di santap bersama seusai acara tersebut.
pokoknya bermacam2 kue  bakalan di bawa para ibu2.
dari buah, kue , dan gorengan...komplit.
biasanya anak2 lah yang paling girang setiap kali acara selesai...hihi.
jadi ingat masa kecil... ^_^
dan kali ini aku bikin puding cincau aja.
buatnya nggak ribet. rebus jadi satu trus di bekukan. selesai... #malesnya kumat.





PUDING CINCAU

bahan :
1 bungkus agar2 no 1 (11gr)
200 gr gula aren
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan
4,5 gelas santan
2 sachet susu kental manis coklat
250 gr cincau bentuk kotak, serut kasar/halus

cara membuat :

campur semua bahan jadi satu kecuali susu kental manis dan cincau.
masak dengan api sedang sambil terus di aduk aduk agar santan tidak pecah.
begitu mendidih langsung matikan api (jangan mendidih terlalu lama) 
masukkan susu kental manis coklat dan cincau.
aduk perlahan agar cincau menyebar.
bekukan.

NB : jika gula arennya berampas, rebus terlebih dahulu gula aren dengan 1 gelas air hingga larut.
        setelah itu diamkan. saring , tinggalkan ampas yang mengendap di bagian bawah agar puding tidak 
        keruh. dan jumlah santan di kurangi 1 gelas .