Powered by Blogger.
RSS
Showing posts with label snack manis. Show all posts
Showing posts with label snack manis. Show all posts

Saturday, May 31, 2014

PUDING CINCAU

Posted by mimie at 10:35 AM 4 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb......
selasa yang lalu kita memperingati isra' mi'rad nabi besar MUHAMMAD SAW.
pasti di sana sini mushola dan masjid mengadakan acara memperingatinya .
dan mushola di dekat rumah ku malam ini mengadakan acara....
kami yang tinggal di sekitar musholla (jamaah) biasanya swadaya bikin juadah/makanan untuk di santap bersama seusai acara tersebut.
pokoknya bermacam2 kue  bakalan di bawa para ibu2.
dari buah, kue , dan gorengan...komplit.
biasanya anak2 lah yang paling girang setiap kali acara selesai...hihi.
jadi ingat masa kecil... ^_^
dan kali ini aku bikin puding cincau aja.
buatnya nggak ribet. rebus jadi satu trus di bekukan. selesai... #malesnya kumat.





PUDING CINCAU

bahan :
1 bungkus agar2 no 1 (11gr)
200 gr gula aren
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan
4,5 gelas santan
2 sachet susu kental manis coklat
250 gr cincau bentuk kotak, serut kasar/halus

cara membuat :

campur semua bahan jadi satu kecuali susu kental manis dan cincau.
masak dengan api sedang sambil terus di aduk aduk agar santan tidak pecah.
begitu mendidih langsung matikan api (jangan mendidih terlalu lama) 
masukkan susu kental manis coklat dan cincau.
aduk perlahan agar cincau menyebar.
bekukan.

NB : jika gula arennya berampas, rebus terlebih dahulu gula aren dengan 1 gelas air hingga larut.
        setelah itu diamkan. saring , tinggalkan ampas yang mengendap di bagian bawah agar puding tidak 
        keruh. dan jumlah santan di kurangi 1 gelas .




Wednesday, May 7, 2014

BROWNIES PIE

Posted by mimie at 9:38 AM 10 comments Links to this post





assalammualaikum wwb....
nggak terasa udah bulan rajab aja ya. nggak terasa.
mudah2an kita semua di sampaikan hingga bulan ramadhan ya.. amin...

brownies pie ini aku buat beberapa waktu lalu.
buat dagangan juga alhamdullilah.
untuk kulitmya aku menggunakan resep kulit pie ekonomis ala JK.
kulitnya kokoh tapi tetap lembut.
sedangkan untuk isi aku menggunakan resep penylane brownies. si empunya resep mbak riana.
untuk satu resep brownies membutuhkan 2 resep adonan kulit.
aku pernah postingin step2 pembuatan kulitnya  nya di SINI. 




brownies PIE

resep kulit pai ekonomis :
resep : jasmin kitchen 

200 gr margarin  
75 gr gula halus  
430 gr terigu  
1 btr telur

cara membuat:
  1. campur jadi satu mentega dan gula ,mixer hingga rata saja
  2. masukkan telur mixer lagi hingga rata
  3. masukkan terigu mixer lagi hingga berbutir2(kalau aku males pake tangan ,karna ntar kulit painya bisa jadi keras)
  4. cetak di kulit pai


pennylane brownies

bahan:
4 butir telur
1/2 sdt garam
450 gr gula(menurut lidahku agak kemanisan aku kurangin jadi 400 gr)
1 sdt vanily
225 gr minyak goreng
60 gr coklat bubuk
210 gr terigu
50 gr coklat cips

cara membuat:
1.panasin oven dgn suhu 180c

2.kocok asal rata telur dan gula.jangan over mix ntar jadi spongy teksturnya.

3.ayak jadi satu tergu,coklat bubuk,vanily.masukkan ke adonan telur.aduk perlahan menggunakan spatula.

4.masukkan minyak aduk rata lagi

5.terahir masukkan kacang dan coklat cipsnya ,aduk rata.
6. masukkan ke pai yang sudah di cetak. taburi almond .panggang hingga matang.

Friday, May 2, 2014

PIE SUSU aka EGG TART

Posted by mimie at 2:37 PM 4 comments Links to this post


Assalamualaikum wwb.....
postingan telat lagi. soalnya pai susu ini udah lama aku buat tapi baru sekarang di postingin.
pai susu ini , pertama aku kenal lewat acara di TV 8 malaysia.
saat itu ada liputan tentang pai susu aka egg tart ini di hongkong.
baru kemudian aku tau bahwa ini salah satu jajanan khas dari daerah bali.
dr yang kubaca nih di banyak blog... bahwa pai susu buatan sendiri ini nggak kalah enak sama merk terkenal yang ada di bali sana.



tekstur kulit yang rapuh di tambah fillingnya yang lembut memang bikin kue yang satu ini pantas untuk di coba.
hanya saja, butuh kesabaran dalam mengoven.
butuh waktu lama memanggangnya. karena dalam memanggang pai susu ini tidak boleh menggunakan api besar. cukup api kecil.
ini karena api besar bisa menyebabkan isi pai menggelembung dan pecah. yang membuat penampakan pai tidak cantik,
dari segi rasa memang tidak berubah lo... cm kurang menarik aja.
jika ketika memanggangg masih ada isi pai yang mulai menggelembung, keluarkan segera dari oven.
biarkan kempes kemudian masukkan kembali ke oven. dan lanjutkan proses pemanngangan. 

resepnya dr blog mb ricke. makasih mbak...
ijin ngopas resepnya... barakallah ilmunya... ^_^



PAI SUSU
rujukan resep : ricke ordinary kitchen

bahan kulit pai :

 Bahan kulit/crust: 300 gram margarin/butter 2 sdm gula halus (munjung) 3 kuning telur 500 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour
Cara membuat: Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang. Sisihkan.

 Bahan filling: 300 ml susu kental manis (kurang lebih 1 kaleng) 400 ml air 8 kuning telur, kocok lepas 30 gram tepung custard 1-2 sdt vanilla susu
Cara membuat: Campur susu kental manis dan air, aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan tepung custard dan vanilla. Aduk rata. Saring. Tuang filling ke dalam adonan kulit pie yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 45 menit hingga filling set dan menguning. Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan. Dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas agar lebih nikmat.

jika ingin kulit yang lebih garing, bisa memanggang kulit 10 menit terlebih dahulu, baru di isi filling. kemudian panggang hingga matang



Wednesday, January 15, 2014

DADAR GULUNG INTI KELAPA DURIAN

Posted by mimie at 5:39 PM 8 comments Links to this post



assalammualaikum wwb....
hari ini ingin sharing dadar gulung saja..
tapi eitssss.... dadar gulungnya sedikit istimewa dari biasa.
unti kelapanya aku campur durian... 
hmmm.....manis....wangi....kayak aku....xixixi
sebenernya belakangan ini sering banget bikin pancake durian pesanan dari costumer.
jadi selalu ada durian di rumah.
dan kali ini bikin adonan kulit pancake agak berlebih.
di berdayakan jadi dadar gulung saja.
karena aku menggunakan susu cair sebagai pengganti santan, dadar gulungnya jadi lembut banget.
satu tips..... agar kulit dadar gulungnya ada motif khasnya...seperti keriput itu,,,, teflon harus di olesi minyak dan di panaskan...
ketika adonan di tuang akan terdengar bunyi ''nyessss'' ....
di jamin akan keluar motif ''keriput'' khas dadar gulung.

untuk kulitnya aku pernah postingin di sini .
hanya saja santan aku ganti dengan susu cair.
sedangkan untuk unti kelapa, resepnya standar.
hanya kelapa parut bagian putihnya di campur gula merah dan durian.
di masak hingga gula hancur dan menyatu.... ^_^





Tuesday, December 31, 2013

Pancake Durian

Posted by mimie at 10:50 AM 14 comments Links to this post

Assalammualaikum wwb.....
hari terahir di tahun 2013.
dan sepertinya ini postingan terahir di tahun ini.... #BakarMercon ..... 

ini juga  karena dumai sedang di banjiri durian dari medan.
jadi pengen buat pancake durian
apalagi ada teman fesbuk yang sering upload pancake durian... mupeng saia... ^_^

pernah buat di postingan DISINI
waktu itu aku skip telurnya... takut amis. ternyata kulitnya jadi pecah ketika melipat...
kali ini aku menggunakan 2 telur dari 3 yang seharusnya.
kulitnya mulus, tidak pecah. dan aku menambahkan esens pandan untuk menghilangkan bau amis telurnya.

untuk isinya aku menggunakan whipped cream bubuk merk pondan.
menurutku, antara whipped cream pondan dan DP, lebih enak DP.
whipped cream DP lebih wangi dan terasa seperti eskrim vanilla...
ini sih menurutku.... ^_^



 
pancake durian/ durian crepe
 rujukan resep : kak ita masam manis

bahan :
250 gm tepung terigu
3 biji telur
500 ml santan
1/2 sudu teh garam
1 sudu teh esens pandan (aku pake air pandan)
1 sudu teh pewarna hijau

cara membuat crepe :

satukan semua bahan .
aduk hingga rata dan blender hingga halus.


Sediakan kuali datar untuk membuat crepe yang tidak lengket (teflon)
Panaskan hingga teflon benar-benar panas
Oleskan sedikit minyak pada teflon
Kemudian kecilkan api
buat crepe dengan cara mendadar tipis adonan (sep dadar gulung)
Adunan tak perlu di balikkan
Bila permukaan atasnya telah kering ,angkat
Buat sehingga habis

durian filing
 
75 gr whipped cream bubuk
125 air dingin
daging durian secukupnya

mixer Whipping Cream dan air dingin dalam mixer hingga kental
Pisahkan isi durian dari bijinya. Lumatkan sedikit
 Bentangkan 1 keping crepe
letakkan Whipping Cream di tengahnya
Letakkan isi durian
Tutupkan semula dengan Whipping Cream
Lipatlah crepe
Kemudian simpan dalam kulkas sebentar
Enak di hidangkan dingin




Sunday, November 10, 2013

PUDING DURIAN MARBEL

Posted by mimie at 4:50 PM 8 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb....
beberapa waktu lalu sering lihat temen blogger ummu fatima sering banget bikin puding.
mupeng jadinya...
hanya saja, agak ''aras2an'' bikinnya.
soalnya... di rumah puding atau agar2 kurengggg mendapat sambutan.
beda kalau di bikinin cemilan goreng2an.... lajuuuuu...laris manis.

oleh karena itu, aku siasati dengan puding durian.
secara, emang pada ''hantu durian ''...hihi...
maksudnya doyan banget sama si rajah buah ini.
apalagi sekarang kota dumai mulai di banjiri kiriman durian dari medan.
pokoknya hampir di semua simpang ada deretan orang yang jual durian.

alhamdullilah..... pada suka semua.
pudingnya aku buat marbel belang belang biar nggak ''plet'' gitu warnanya... #maap nggak bisa bilang F.. :P
agar belangnya cantik, biarkan puding hingga uap panasnya hilang ya.
agar adonan putih dan coklatnya tidak menyatu.
tuang perlahan lahan agar menghasilkan belang yang cantik.
nyokkkk.... bikin puding... ^_^



PUDING DURIAN MARBEL
resep : mimie jasmin kitchen

bahan :

10 gr agar2 bubuk
250 gr gula pasir #sesuai selera
250 gr daging durian
4 gelas santan
1/4 kaleng susu kental manis
1 sdt garam
2 sdm coklat bubuk
2 sdm tepung maizena





cara membuat :


  1. blender durian dengan santan hingga lembut. 
  2. dalam panci rebus gula,garam,tepung maizena, santan yang di campur durian hingga mendidih menggunakan api kecil. aduk aduk agar santan tidak pecah.
  3. setelah mendidih masukkan susu kental manis. aduk cepat . matikan api.angkat
  4. bagi dua bagian. satu bagian biarkan putih. satu bagian tambahkan coklat bubuk.
  5. didihkan lagi yang berwarna coklat. angkat, biarkan uap panasnya hilang.
  6. tuang 50 ml adonan putih di tengah loyang. tuang 50 ml adonan coklat diatas adonan putih ,perlahan2. lakukan berselang seli hingga adonan habis.
  7. dinginkan.



Thursday, November 15, 2012

pancake durian/ durian crepe

Posted by mimie at 1:57 PM 2 comments Links to this post


assalammualaikum wwb.
hari bertepatan dengan 1 muharram 1434 H.
salam maal hijriah buat semua umat muslim....
semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya....
aminnnnn......

dan hari ini aku nyoba buat durian crepe.
pernah lihat di blog kak ita masam manis.
izin copi paste ya kak.....terima kasih sebelumnya.
hanya saja, untuk filingnya aku tidak menggunakan wipped cream.
aku menggunakan filing custard,
lumayan enak....bau susu dan duriannya maknyusssss......





 pancake durian/ durian crepe
 rujukan resep : kak ita masam manis

bahan :


250 gm tepung terigu
3 biji telur
500 ml santan
1/2 sudu teh garam
1 sudu teh esens pandan (aku pake air pandan)
1 sudu teh pewarna hijau

cara membuat crepe :

satukan semua bahan .
aduk hingga rata dan blender hingga halus.


Sediakan kuali datar untuk membuat crepe yang tidak lengket (teflon)
Panaskan hingga teflon benar-benar panas
Oleskan sedikit minyak pada teflon
Kemudian kecilkan api
buat crepe dengan cara mendadar tipis adonan (sep dadar gulung)
Adunan tak perlu di balikkan
Bila permukaan atasnya telah kering ,angkat
Buat sehingga habis

durian filing
 
1 cup Non dairy Whipping Cream
Isi durian secukupnya

mixer Whipping Cream dalam mixer hingga kental
Pisahkan isi durian dari bijinya. Lumatkan sedikit
 Bentangkan 1 keping crepe
letakkan Whipping Cream di tengahnya
Letakkan isi durian
Tutupkan semula dengan Whipping Cream
Lipatlah crepe
Kemudian simpan dalam kulkas sebentar
Enak di hidangkan dingin




durian custard

35 gr tepung maizena
35 gr tepung terigu
125 gr gula
500 ml susu cair
1 sdm butter
1 sdt esens vanilla
1 kuning telur
5 buah daging duriian. haluskan

cara membuat :

satukan semua bahan kecuali butter dan esens vanilla
aduk hingga tidak bergumpal2.
rebus hingga meletup2.
angkat. masukkan butter dan esen vanilla
siap di gunakan.

Sunday, October 21, 2012

mini fruit tarts

Posted by mimie at 7:33 PM 2 comments Links to this post

assalammualaikum wwb....
happy weekend yo.... ^_^


 semalam.....
jalan2 sama adekku rini...
aku ingin beli telenan gitu ..buat motrek2...
abis,,,biasanya telenannya pake parutan kelapa yang udah dekil bangetttt,,,,,,xixixxi
dan dengan pede super pede uplot ke blog.....
alhamdullilah..... dapet juga....walaupun bagiku tuh telenan kok mahal amir ya..... #ngirit... :P
sekalian beli buah kiwi...untuk pai buah gitu ceritanya....
seumur2 hidup nih...belum pernah makan buah kiwi...waaa....ketauan ndeso ya... udiknya di bawa ke tua
ahahahah....




dan ternyata sodara sodara.....
buah kiwi itu muahalllll nya selangittttt.......
yah...nggak apa2 deh...beli aja dikit.
lha wong buat pai buah aja yo...nggak perlu banyak2.
dengan semangat membara.... ku bikin pai buah...ku potong2 kiwi...nggak pake strobery.
strobery langka di kota dumai, lebih langka dr BBm cinnnn.....jadinya pake manisan chery aje....xixixi
betapa senangnya ketika udah jadi.....terlihat menyegarkan....duilahhhhhh makkkk...bahasaku...xixixixi
ngapppppp.........masuk mulut......
kunyah2......eeerrrkkkghhhhh....... itu.....buah kiwinya....nggak uenakkkkk
uasemmmm.......berbiji2.....kayak buah naga....yang aku jg ng suka....
hadeuhhhhh....... orang udik...biasanya makan ubi goreng,,,,,sok2an makan buah kiwi...
nggak deh..... aku makan ceryynya aja...
di rumah juga nggak ada yg demen sama buah kiwi itu...
hmmmm......alhasil..... tuh kiwi di hancurin.....di kasi madu...tempelin ke muka...ahahhaha
di jadiin masker aja..... --____--"





wesss....wes...... selesai cerita buah kiwinya...
mareee kita cerita mini fruits tarts nya ya....
kemaren bikin 1 resep ...menghasilkan 30 buah kulit pai.
hanya saja, kali ini telurnya aku modif dikit.
1 butir telur itu aku ganti jadi 2 butir kuning telur.
hasil kulit painya jadi lembut .lebih enak aku rasa.
kemaren juga pernah liat america master chef season 3, si ramsey yang galak itu bilang, kalau bikin pai, menteganya sebaiknya di masukin ke lemari es sebentar.agar tidak lumer terkena haba tangan.
so..kemaren aku ikut deh kata2nya si chef itu.
ternyata memang bener...kulitnya jadi kokoh dan tidak mudah hancur.tapi tetep lembut.




untuk step by stepnya bisa lihat di sini.
aku pernah mostingin beberapa waktu lalu, lengkap dengan gambar2nya...
plissss.....lupakan bentuk jari yang mirip jempol semua itu ya....xixixixi.

kali ini aku ketik copas lagi deh....



resep kulit pai:

200 gr margarin

75 gr gula halus

430 gr terigu

1 btr telur


cara membuat:


  1. campur jadi satu mentega dan gula ,mixer hingga rata saja
  2. masukkan telur mixer lagi hingga rata
  3. masukkan terigu mixer lagi hingga berbutir2(kalau aku males pake tangan ,karna ntar kulit painya bisa jadi keras)
  4. cetak di kulit pai
  5. tusuk2 pake garpu.
  6. panggang hingga matang.


FLA



35 gr maizena
35 gr terigu
500 ml susu cair.
2 sdm mentega
rum esens
1 kuning telur
125 gr gula
garam secukupnya


cara membuat:
  1. campur jadi satu susu cair,gula,terigu,maizena ,kuning telur.aduk sampe tidak berindil2.masak hingga meletup-letup.jangan lupa terus di aduk supaya nggak gosong.pake api kecil aja ya.
  2. angkat setelah matang.masukkan mentega,aduk.masukkan rum esens agar tidak terasa amis.
  3. siap di gunakan.




Saturday, September 22, 2012

japaneese choux aka soes jepang

Posted by mimie at 12:17 PM 2 comments Links to this post


assalamualaikum.....
selamat hari sabtu..... ^_^



soes jepang.....reques adekku rini tuh....setiap hari minta di bikinin kue soes.
so semalam ku buatin deh... ^_^. beda dengan kue soes yang selama ini aku buat. kali ini aku buat soes yang ada toppingnya. namanya soes jepang... atau nama bekennya choux papa bread.
nama ini sudah sering aku lihat di mbah gugel....
di blog teman2 juga udah memposting kue yang satu ini,,,
kayaknya aku emang ketinggalan deh...baru sekarang nyobain....
tapi nggak apa2 deh...yang penting , ngidam bikin soes jepang udah kesampaian... ^_^

soes satu ini memang beda dengan soes yang biasa.
soes ini ''bermahkota"... eheheh....alias ada toping di atasnya.
setelah matang,ada sensasi kriuk2 manis si toping itu tadi.
hanya sayang.....setelah dingin toppingnya akan melembek. jadi sebaiknya di santap selagi hangat ya... :)





sedikit masukan...sebaiknya memberi topingnya agak tebal.seperti fotoku di bawah ini.
supaya hasilnya tebal dan cantik.... ^_^


tips :
1. sebaiknya menggunakan telur ukuran kecil saja,agar adonan tidak terlalu cair
2. masak adonan hingga benar2 kalis. 
3. sebelum masukkan telur, tunggu adonan dingin dahulu. 
telur yang dimasukkan ketika adonan panas akan mamatangkan telur.sehingga soes tidak bisa mengembang sempurna.
dan sebaiknya diamkan adonan ini selama 15 menit supaya kulit soes cantik dan kokoh.
4. oven kue sus dengan suhu 200 c pada 10 menit pertama. setelah itu panggang dengan suhu 180 c. hingga matang.
5. jangan buka2 oven . tunggu kue soes tidak ''berkeringat'' lagi. artinya tidak ada gelembung2 lagi.
membuka oven ketika gelembung2 masih ada akan menyebabkan kue sus turun semula.




sus
bahan;
150 gr terigu(lebih baik terigu protein tinggi mis cakra kembar)
125 gr margarin
250 ml air
4 btr telur

cara membuat : 
1.  rebus air dan margarin hingga mendidih.
2.  masukkan tepung terigu sekaligus. aduk2 hingga tercampur rata.masak hingga kalis (tidak lengket di wajan ).jangan lupa pakai api kecil saja.
3.  setelah tercampur rata. biarkan adonan dingin.
4.  masukkan telur. kocok menggunakan mixer hingga rata.
5.  bentuk dan cetak sesuai kehendak di loyang yang telah di oles mentega.(untuk soes jepang ini aku menggunakan spuit polos besar, yang ku bentuk menyerupai gundukan pasir)
6.  semprotkan adonan topping mahkota di atas soes yang telah di cetak.
menyerupai lingkaran obat nyamuk...eheheh
7.  panggang hingga matang.



bahan TOPPING mahkota 
resep : sahak pribadi

bahan :
50 gr mentega
50 gr tepung
50 gr gula halus
1 sdm air
pewarna hijau (aku tambah)

cara membuat :

campur semua bahan .kocok hingga tercampur rata.
masukkan ke plastik segitiga. gunting sedikit ujungnya .
semprotkan melingkar di adonan sus. (lihat gambar)

Monday, November 21, 2011

pisang molen

Posted by mimie at 3:19 PM 0 comments Links to this post

monday blues... -___-"

hisss.... apalahhhh aku ini.....mana ada mandeiblus..... ^_^
hari senin itu hari yang diberkahi. hari lahirnya rasul.dan hari di bentangkannya segala amal kita.seperti hari kamis jugak...
bukan apa.... hari ini kebetulan hujannnnn aja dari pagi. ditambah maag (gastrik) yang kambuh.
body rasanya greges2 dan dingin gitu. mana lambung nyeri juga...
kalau udah gini, bawaannya cepet capek bo.. :(
ya allah.... mudah2an sakit ini bisa menggugurkan dosa2 kecil ku ....amin.

dalam sakit2 pun...hati bergairah kalau ingat ntar malam...
final antara malaysia dan indonesia....
horeeeyyyy....... go go pasukan garuda..... ^_^
doa ku dan semua pendukungmu agar tim merah putih bisa mengharumkan indonesia tercinta.
dan semoga kedua tim memberikan permainan terbaik mereka ya.
no cheating2...... :)
disaat setiap hari kita di cekokin dengan berita tentang politik2 yang
entah berantah..
sekurang2nya berita prestasi tim merah putih bisa mengobati hati rakyat indonesia yang sudah bosan dengan tingkah laku para politisi abal2 yang sok keminter itu...:P

nahhh.... oleh itu...
dengan sedikit tekad,ku gairahkan tangan buat cemilan ntar malam.
karna di rumah lagi ada pisang, sokkk...aku bikin pisang molen aja.
resepnya aku dapat dari tabloid koki....
yahh...lumayan buat cemilan ... biar tenaganya kuat buat teriak2 ntar malam...xixixixi

PISANG MOLEN

bahan:

pisang secukupnya **aku belah 2**
500 gr terigu
1 btr telur
100 gr gula pasir
150 ml air
75 ml minyak goreng
1 sdt vanily



cara membuat :

1. campur telur,gula,air,minyak dan vanily.aduk rata
2. masukkan terigu ke kom adonan.tuang campuran telur tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan kalis.
3. tipiskan adonan dengan gilingan mi hingga benar2 tipis.
4. lilitkan kulit ke pisang hingga tertutup permukaannya.
5. goreng hingga kuning kecoklatan
6. angkat dan tiriskan.

untuk menghasilkan molen yang krispi pastikan adonan kulitnya bertekstur lebih lembek dari umumnya adonan kulit molen.
kalau aku, aku tambahkan serutan coklat blok ke pisang.jadi molen pisang coklat gitu deh.


Thursday, November 17, 2011

bolu kukus mekar yang tak seberapa mekar

Posted by mimie at 2:14 PM 0 comments Links to this post
untuk kesekian kalinya......
aku buat bolu kukus mekar..... yang nggak seberapa mekar.padahal aku nggak doyan2 banget dengan bolkus ini. amisnya itu lho...kagak kuatttttt.
bolu kukus ini sih di beri nama...katanya.... bolu kukus ketawa. atau apam mekar kalau di malaysia sono....
tapi..apakah daya....bolu kukus ku nggak mau ketawa.hanya senyum simpul. itu pun senyumnya masem kecut.kayak senyum pegawai di hujung bulan...xixixixi


tapi..... lumayanlah...boleh tahan...masih ada senyumnya.dari pada bantet beib....
yang rada lain kali ini adalah... aku tambahin ademsari . jadi tekstur bolkusnya lembut baget.kayak kapas gitu....halllaahhh...lebay.... ^_^
tapi iya dink..beda teksturnya, dan rasanya nggak seberapa amis menurutku.
cuma kesalahanku mungkin ngocok telurnya tadi kurang kaku.
next time di lamain ngocoknya.


aku share deh resepnya ya..
cekidotttt......

BOLU KUKUS MEKAR

bahan :

2 butir telur
250 gr gula halus
250 gr terigu
175 ml sprite
2 sdm tbm atau ovalet
1 sct adem sari


cara membuat :

1. kocok telur gula dan TBM hingga putih mengental **aku 15 menit**
2. masukkan terigu kocok rata menggunakan speed terendah
3. masukkan sprite yang telah di campur dgn adem sari, aduk melipat menggunakan spatula
4. kukus dengan api besar. alasi tutup kukusan dengan kain agar air kukusan tidak menetes ke kue


dan senangnya lagi...
tadi motrek bolkusnya enak banget dah....asyikkk
bolkusnya fotogenik...^_^ .di jepret pake angel apapun ,dapet banget.
sebenernya masih banyak foto yang menurutku ok. tapi kayaknya 5 udah cukup deh.
dan sekarang lagi suka bermain dengan bayang2.
sep kak ita bilang...lebih natural.... ^_^

Saturday, November 5, 2011

apam eno aka kue mangkok

Posted by mimie at 7:24 PM 4 comments Links to this post

ketika aku mengetik N3 ini.... di luar sana sedang di laungkan takbir.
semua mesjid dan surau melaungkan takbir...bergema langit...:)
syahdu terasa setiap kali dengar takbir dilaungkan.


beda dengan aidil fitri.... aidil adha tahun ini nggak ada mercon dan sebangsanya..hhehe
tapi di rumah ,tetep..... mamak sibuk dengan masak2nya...
aku ????
heheh.... aku sibuk di bonggol dan kede.lari sana sini lintang pukang. ng bisa bantuin mamak masak. secara si rin adekku sedang tugas luar kota..... bwehhhhh
kalau capeknya...jangan tanya....
kepala jadi kaki, kaki jadi kepala.... -___-''
tapi...rezeki..ng baik di tolak kan. alhamdullillaaaahhhh....




kembali ke kue mangkok
kue mankok yang ku buat ini,beda dengan yang kemaren.
kue mangkok ini ku dapat dari blog kak wan ni....
sungguh gebu merekah cantik apam di blog kak wan... beda banget dgn punyaku. :(
punya ku ng merekah... cm retak dikittt....heheh
tapi dari segi rasa tetep mak nyussss. kayak kapas gitu.ringan dan lembut.
terima kasihlah buat kak wan yang sudah berbagi resep.aku contek ya kak. ^_^




okok lah... aku share resepnya .
tapi aku derhakakan dikit dari resep asal.airnya aku ganti dgn air kelapa dan santan .eno nggak ada di indonesia cin..... jadi aku tukar dengan adem sari...ahakkkkks....

apam eno (kue mangkok adem sari)

bahan:

1 gelas tape nasi
1 gelas air kelapa
1 gelas santan
1 gelas gula
250 gr tepung beras
1 bks adem sari
**gelas yang ku pake gelas belimbing**


tape nasi :

satu gelas nasi yang baru di masak. biarkan agak dingin.
taburi ragi (stengah butir ) yang sudah dihaluskan
simpan di tempat tertutup.tunggu 2 hari.






cara membuat :

1. blender tape nasi,air kelapa dan gula.sisihkan
2. campur tepung beras dan santan .aduk hingga halus
3. campur kedua bahan diatas.
4. diamkan 6 jam
5. sesudah di diamkan masukkan adem sari.aduk
6. masukkan di cucing atau cetakan kue mankok.
7. kukus hingga matang

tunggu agak dingin baru di lepaskan dr cucing ya.kalau aku kmrn alhamdullilah nggak lengket.
enak di sajikan dengan kelapa parut....
di maem hangat2 di sore hari...
wallllaahhhh.....

Monday, June 20, 2011

brokus fudge banget

Posted by mimie at 7:29 PM 0 comments Links to this post
jiahhhh...judule kok narsis banget.....alay2 geto....^_^
tapi...sumpah demi ketek badak,,,,,tu brokus emang ueeennnaaakkkkkkk man....
rasanya tuh...lembab,lembut,wangi menteganya dominan banget dan rasa coklat yang mewah....
gimana ?????? bahasaku......... wkwkwkwk
kayak iklan di tipi2 aje....
sok......tanpa buang2 energi .....aku share resepnya.
resepnya ku dapat dr hasil nodong....-___-'' makasih yo ...hihihi


bahan :

12 butir telur
1 sm sp
450 gr gula
270 gr terigu
90 gr coklat bubuk
1/3 kaleng susu kental manis coklat
350 gr mentega
250 gr coklat blok dark
1 sdt garam
1 sdt vanilly
1 sdt baking powder
misis coklat secukupnya

cara membuat :

1. ayak jadi satu terigu,coklat bubuk dan baking powder
2. lelehkan dengan cara di tim,coklat blok dan mentega
3. kocok telur dan gula,sp hingga kembang
4. masukkan terigu aduk balik,perlahan hingga tercampur rata
5. masukkan campuran mentega + susu kental manis.aduk rata.perlahan2 saja.
6. kukus sebagian adonan.kukus 10 menit.taburi misis.kukus sisanya hingga matang

selamat mencoba..............^_^

Friday, June 17, 2011

puding coklat lapis buah dan puding busa

Posted by mimie at 2:36 PM 0 comments Links to this post

,kemaren hari yang istimewa.itu hari lahir adekku.
sep yang sudah2...nggak ada perayaan deh.
aku tanya k dia,mau di buatin apa????
biasanya aku buatin brownies gitu.yang dia suka deh.
tapi kali ini,bertepatan hari kamis,dan dia juga puasa.dia minta di buatin bubur kacang ijo aja.ng usah bronis2an,......-___-"
heheh......ya sutra deh....sip...laksanaken...bubur kacang ijo langsung ta' buat.
tp sebagai mbak yang baik,imut,manis,kreatif,fantastis dan bombastis...#lepas napas....=_="
aku buatin juga puding coklat lapis buah.
sok......walaupun... cuappeeekkkkk.....tapi...demi dia ,apa yang tidak....^_^"
sugeng milad ya dek,.......
semoga panjang umur,sehat slalu,rezekinya lancar ...... tetep patuh sama orang tua....^_^


ini nih resepnya aku share.....
cekidot yo....

bahan :

1 bungkus agar2 no 1
5 gelas air
2o0 gr gula
1 kaleng susu kental manis coklat
pasta coklat 1 sdm
1 kaleng buah kaleng
3 butir putih telur di kocok kaku (aku tambahin 2 sdm air jeruk nipis,biar ng amis)

cara membuat :

- campur agar2 ,gula dan air.bagi 2 bagian
- satu bagian di rebus hingga mendidih.baru masukkan susu ental manis.matikan
- biarkan hingga bagian atasnya mengeras
- rebus bagian yg satu lagi.biarkan uap panasnya hilang
- campur dgn putih telur kocok dan buah yg sudah di potong2
-tuang ke atas puding coklat yg telah setengah beku.
- dinginkan.

siap dah.....
enak di makan dingin2.lebih enak lagi bila ada flanya.
tp aku nggak sempat bikinnya.so ....tanpa fla jg udah enak kok......^_^
-

Monday, May 30, 2011

lapis terigu

Posted by mimie at 12:02 PM 0 comments Links to this post

iseng aja.....pengen buat yang manis2.....semanis bakul kuenya...wwkkkkwkwk..#protes bisulan :P
pilihan jatuh ke kue lapis.kemaren udah pernah buat kue lapis dari tepung beras.
kali ini aku nyoba kue lapis yang dari tepung terigu...
sipp.......
cekidot yo mbakyu.....

Bahan :

400 gr terigu protein sedang
200 gr tepung sagu
300 gr gula pasir
3/4 sdt garam
1.500 ml santan dari satu butir kelapa rebus dgn 2 lembar daun pandan
pewarna hijau dan merah

cara membuat :

1. Campur terigu, sagu, dan gula pasir, dan garam. Buat lubang di bagian tengahnya.
2. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai gula larut.
3. ambil adonan 1/3 bagian,tambahkan warna hijau dan 1/3 tambahkan warna merah. aduk rata. Sisanya biarkan putih
4. Oles loyang dengan 18x18x7 dengan minyak goreng dan alasi dengan plastik
5. Masukkan loyang ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan. Tuang 2 sdk sayur adonan putih ke loyang. Kukus 10 menit dengan api sedang
6. Tambahkan satu sendok sayur adonan hijau. Kukus 5 menit. Ulangi sampe adonan habis.setelah lapisan terakhir kukus 30 menit sampai matang. Dinginkan. Potong-potong

dari pada beli jenk....mendingan buat deh..lebih bersih dan tentunya lebih hemat....
semangatttttttt...........^_^

Saturday, May 28, 2011

pancake

Posted by mimie at 2:51 PM 0 comments Links to this post
ujung minggu ini ,aku pengen buat pancake...
ngobrak ngabrik mbah google,dapat resep dr detik food ....
kayaknya asyik banget tuh resep....
aku juga liat blog2 lain yg pake resep itu.....testimoninya bagus semua...
sok.....aku buat satu resep aja.....
dan ternyata sodara..sodara.....emang endang gurindang.....menul2 dan lembut.....
tapi menurutku rada kurang tuh manisnya......so besok kalau buat lagi aku mau tambahin gulanya...



ini nih resepnya gall.....aku modif dikit
cekidot...........


bahannya:

150 gram Tepung terigu
1 sdt Baking powder
70 gram gula halus
200 ml susu cair di tambah 2 sdm air jeruk nipis,diamkan 15 menit (butter milk)
1 sdt garam
3 Butir telur, pisahkan kuning dan putih
60 gram Butter, lelehkan


cara membuat :

- Lelehkan butter, dinginkan
- Ayak bahan tepung.
- Kocok kuning telur dan susu cair dengan menggunakan
whisker sampai tercampur rata,
masukkan bahan tepung aduk kembali hingga rata. Masukkan butter, aduk.
- Kocok putih telur hingga kaku, campurkan ke dalam adonan
pancake hingga tercampur rata.

panggang dengan api kecil,menggunakan teflon 13 cm.sesudah keluar buih,balik pancake.
tunggu sampai kuning keemasan.angkat
dapat disantap bersama es cream dan sirup maple..
kalau aku mah cukup pake slai bluebery dan misis coklat wae.....
sok...selamat mencoba.......^_^