Powered by Blogger.
RSS

Saturday, September 22, 2012

japaneese choux aka soes jepang

Posted by mimie at 12:17 PM


assalamualaikum.....
selamat hari sabtu..... ^_^



soes jepang.....reques adekku rini tuh....setiap hari minta di bikinin kue soes.
so semalam ku buatin deh... ^_^. beda dengan kue soes yang selama ini aku buat. kali ini aku buat soes yang ada toppingnya. namanya soes jepang... atau nama bekennya choux papa bread.
nama ini sudah sering aku lihat di mbah gugel....
di blog teman2 juga udah memposting kue yang satu ini,,,
kayaknya aku emang ketinggalan deh...baru sekarang nyobain....
tapi nggak apa2 deh...yang penting , ngidam bikin soes jepang udah kesampaian... ^_^

soes satu ini memang beda dengan soes yang biasa.
soes ini ''bermahkota"... eheheh....alias ada toping di atasnya.
setelah matang,ada sensasi kriuk2 manis si toping itu tadi.
hanya sayang.....setelah dingin toppingnya akan melembek. jadi sebaiknya di santap selagi hangat ya... :)





sedikit masukan...sebaiknya memberi topingnya agak tebal.seperti fotoku di bawah ini.
supaya hasilnya tebal dan cantik.... ^_^


tips :
1. sebaiknya menggunakan telur ukuran kecil saja,agar adonan tidak terlalu cair
2. masak adonan hingga benar2 kalis. 
3. sebelum masukkan telur, tunggu adonan dingin dahulu. 
telur yang dimasukkan ketika adonan panas akan mamatangkan telur.sehingga soes tidak bisa mengembang sempurna.
dan sebaiknya diamkan adonan ini selama 15 menit supaya kulit soes cantik dan kokoh.
4. oven kue sus dengan suhu 200 c pada 10 menit pertama. setelah itu panggang dengan suhu 180 c. hingga matang.
5. jangan buka2 oven . tunggu kue soes tidak ''berkeringat'' lagi. artinya tidak ada gelembung2 lagi.
membuka oven ketika gelembung2 masih ada akan menyebabkan kue sus turun semula.




sus
bahan;
150 gr terigu(lebih baik terigu protein tinggi mis cakra kembar)
125 gr margarin
250 ml air
4 btr telur

cara membuat : 
1.  rebus air dan margarin hingga mendidih.
2.  masukkan tepung terigu sekaligus. aduk2 hingga tercampur rata.masak hingga kalis (tidak lengket di wajan ).jangan lupa pakai api kecil saja.
3.  setelah tercampur rata. biarkan adonan dingin.
4.  masukkan telur. kocok menggunakan mixer hingga rata.
5.  bentuk dan cetak sesuai kehendak di loyang yang telah di oles mentega.(untuk soes jepang ini aku menggunakan spuit polos besar, yang ku bentuk menyerupai gundukan pasir)
6.  semprotkan adonan topping mahkota di atas soes yang telah di cetak.
menyerupai lingkaran obat nyamuk...eheheh
7.  panggang hingga matang.



bahan TOPPING mahkota 
resep : sahak pribadi

bahan :
50 gr mentega
50 gr tepung
50 gr gula halus
1 sdm air
pewarna hijau (aku tambah)

cara membuat :

campur semua bahan .kocok hingga tercampur rata.
masukkan ke plastik segitiga. gunting sedikit ujungnya .
semprotkan melingkar di adonan sus. (lihat gambar)

2 comments on "japaneese choux aka soes jepang"

lavender on November 6, 2012 at 9:20 AM said...

Maooo sus ni tp yg warna ungu bisaaaaa?????

mimie on November 6, 2012 at 10:54 AM said...

to mega lavender :jiahhh....
siapa takuttttt....
tunggu yo...:)

Post a Comment