Powered by Blogger.
RSS

Wednesday, September 26, 2012

pulut srikaya pelangi aka srimuka pelangi

Posted by mimie at 10:34 AM

assalammualaikum wwb....
salam dari kota dumai.....
semoga hari anda berwarna warni seperti kue ku ini ya.... ^_^
sebenernya ada rasa kesal..... bagai mana tidak.... aku menemukan foto2ku di comot begitu saja tanpa izin.
dan lebih menyedihkan lagi, watermark ku di crop...di buang....ataupun watermark yang ku taruh di tengah di balik sama orang yang seenaknya itu.bahkan blog yang beriklan pula.....
sssttttt...bahkan ada blog yang folowernya sudah ribuan lho....
heeuuuu...huhu...... kesal sangattttt.....
kayak males banget mau ngeblog lagi.... hisssss
apa salahnya tetap membiarkan watermark di sana...dan memberi link asal kan....
kita2 blogger kuliner ini tidak pelit atau lokek pun...
niatnya juga ingin sharing minat dan hobby baking membaking dengan banyak orang....
tapi ya sudahlah.....inilah dunia tenet2an nih...
copas sana...copas sini... crop sana...crop sini.... -____-"
ikhlaskan saja,,,,, walaupun dalam hati masih tersisa rasa kesal...





aissssss....kan...pagi2 udah ngedumel...
kita lupakan tentang hal itu....
mareee...mareee kita bercerita tentang kue pulut srikaya pelangi...
kue ini kalau di malaysia di sebut kue srimuka....
mungkin setelah makan kue ini muka berseri2 pula kan...xixixii... #sumbat banyak2 dalam mulut.. :)
apapun itu....kuenya tetap sama.
terbuat dari ketan yang dikukus di campur santan.dan diatasnya srikaya hijau yang manis legit...
cumaaaaaa.....karna resep srikaya itu menggunakan telor.....dan orang di rumah nggak suka banget sama bau telor....aku mengganti dengan lapisan yang terbuat dari tepung hongkue yang di campur sedikit agar2 bubuk.
rasanya tetep enak kok....
manis....legit....seperti aku....ahahhahaha........... :P




resepnya pernah aku muat di sini...
hanya saja kali ini aku ingin bikin aneka warna.... biar terlihat lebih cantik saja....
caranya tinggal membuat adonan 3 bagian.dan beri warna sesuai selera. trus di lapisi selapis selapis.
tentu saja tunggu adonan yang awal agak beku dulu... ^_^

BAHAN :

500 gr pulut putih,rendam 4 jam
1/2 butir kelapa parut.ambil santan kentalnya saja kira2 200 ml
sedikit garam

100 gr tepung hongkue
1/2 bks agar agar no 1
250 gr gula
550 ml santan cair
sedikit garam
sedkit air perasan pandan atau kalau mau ng ribet pakai pasta pandan saja


 CARA MEMBUAT :

kukus pulut setengah matang.angkat.beri santan yang telah diberi garam.
kukus kembali hingga matang.
alasi loyang dengan plastik.dan pastikan plastiknya melebihi tinggi loyang.supaya mudah menggangkat kuenya.
padatkan pulut di loyang dengan menekan2 pulut sampai padat (biar cantik tampilannya saat di potong).

campur semua bahan srikaya.rebus sambil diaduk hingga meletup2.
tuang di atas pulut tadi.
dan biarkan mengeras.
siap di potong.

untuk warna pelangi... bagi adonan tepung hongkue menjadi 3 bagian.
beri warna sesuai selera.
masak adonan satu persatu. tunggu hingga adonan yang pertama agak beku ,baru masak adonan yang seterusnya.



0 comments on "pulut srikaya pelangi aka srimuka pelangi"

Post a Comment