Powered by Blogger.
RSS

Sunday, September 2, 2012

stick kentang

Posted by mimie at 4:45 PM


assalammualaikum wwb.....
masih di bulan syawal ya.... kuih2 di toples sisa lebaran pun masih ada...
tak terasa hampir 2 minggu ramadhan berlalu....
lebaran kemaren kami sekeluarga mudik,pulang kampung ke kampung halaman mamak di pakning sono...
tapi....jalannya....subhanallah...... bener2 dah....
bergelombang.....keriting.... bikin perut mual dan kepala pusing. adekku rin pun sampe muntah2...xixixi
perjalanan 2 jam yang terasa begitu berat terhapus ketika sampai di tempat tujuan.
berhalal bihalal dari rumah pakde yg di tuakan....hingga rumah bibik2,adek dr mamak..ke rumah sepupu2.
tiap ke rumah mereka...wajib makan...
mereka siap potong ayam kampung lagi... enakkkk...beda dengan ayam ras..
tapi kalau sampai 7 rumah seperti itu.....hehheeh..... perut dah mau meledak kayaknya...
tapi seneng....setahun sekali bertemu dengan sodara handai taulan...
bergurau senda dan cerita masing2.....heheheh...
kata mamak...itu namanya keluarga ....^_^




dan entry kali ini tentang stick kentang...
resepnya aku modif dari stik keju....
rasanya gurih dan kerasa kentang2 gitu...
enakkkk..... cucok di jadiin cemilan ....


STICK KENTANG

bahan : 
400 gr kentang
400 gr tepung terigu
100 gr tepung ubi (tapioka)
2 bungkus royco harga 500 (maggie stock)
2 butir telur
1/2 sdt baking soda


CARA MEMBUAT:

1. kupas kentang, bersihkan dan potong jadi 4. goreng hingga matang . haluskan selagi panas.

2. campur jadi satu telur dan royco.kocok lepas saja.sampai tercampur rata.tidak perlu sampai kembang.

3. masukkan kentang yang telah dihaluskan.campur rata.

4. masukkan campuran tepung terigu ,tepung tapioka dan baking soda.

5. uleni hingga kalis. tipiskan dengan bantuan pasta machine (ampia)
di sini rada ribet.setiap menipiskan adonan.balur /taburi dengan tepung. supaya tidak lengket.
penggunaan kentang menyebapkan adonan rada lengket.dengan menaburi tepung, adonan bisa lebih mudah di giling.

6. potong2 5 cm. goreng hingga kuning keemasan.
 




6 comments on "stick kentang"

♥LOVE2COOK MALAYSIA♥ on September 11, 2012 at 6:54 AM said...

Hello Jasmin!!!

Terima kasih kerana sudi tinggalkan jejak di blog Love2cook Malaysia. Much appreciated! :)

Cantiknya gambar2 di sini...buat saya lapar je..hehe. Stick kentang sungguh mengiurkan...bes!

Take care and have a nice day!

mimie kesuma on September 11, 2012 at 9:34 AM said...

terima kasih... ^_^

Ayu Mardiyani on April 7, 2013 at 9:35 PM said...

Mbaaak.. Kayaknya dlm waktu dkt mw mbuat ini utk ganti stik keju dr mbak yg udah kandas. Hehe..

Oya itu katanya tiap mau digiling pake pasta machine harus ditabur tepung, tepung apa y mbak? Terigu atau tapioka?

Pas lebaran haji 2012 pernah buat stik kentang jg tp pake resep nenek dr murid les ayuk. Sayangnya gagal. Lengkeeett.. Dan hasilnya.agak keras. Smg kali ini berhasil. Aamiin..

mimie on April 8, 2013 at 11:21 AM said...

di tabur pk tepung terigu yu....
di coba deh...enak.harum kentang,dan rapuh... ^_^

Anonymous said...

mw tanya dunk....klo tepung tapiokanya diganti ma tepung sagu bisa gak mbak??

mimie on August 5, 2013 at 4:09 PM said...

mb anonim : saia nggak bisa bilang bisa atau tidak. sebab selama ini hanya menggunakan tepung tapioka mbak.

Post a Comment