Powered by Blogger.
RSS

Friday, May 2, 2014

PIE SUSU aka EGG TART

Posted by mimie at 2:37 PM


Assalamualaikum wwb.....
postingan telat lagi. soalnya pai susu ini udah lama aku buat tapi baru sekarang di postingin.
pai susu ini , pertama aku kenal lewat acara di TV 8 malaysia.
saat itu ada liputan tentang pai susu aka egg tart ini di hongkong.
baru kemudian aku tau bahwa ini salah satu jajanan khas dari daerah bali.
dr yang kubaca nih di banyak blog... bahwa pai susu buatan sendiri ini nggak kalah enak sama merk terkenal yang ada di bali sana.



tekstur kulit yang rapuh di tambah fillingnya yang lembut memang bikin kue yang satu ini pantas untuk di coba.
hanya saja, butuh kesabaran dalam mengoven.
butuh waktu lama memanggangnya. karena dalam memanggang pai susu ini tidak boleh menggunakan api besar. cukup api kecil.
ini karena api besar bisa menyebabkan isi pai menggelembung dan pecah. yang membuat penampakan pai tidak cantik,
dari segi rasa memang tidak berubah lo... cm kurang menarik aja.
jika ketika memanggangg masih ada isi pai yang mulai menggelembung, keluarkan segera dari oven.
biarkan kempes kemudian masukkan kembali ke oven. dan lanjutkan proses pemanngangan. 

resepnya dr blog mb ricke. makasih mbak...
ijin ngopas resepnya... barakallah ilmunya... ^_^



PAI SUSU
rujukan resep : ricke ordinary kitchen

bahan kulit pai :

 Bahan kulit/crust: 300 gram margarin/butter 2 sdm gula halus (munjung) 3 kuning telur 500 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour
Cara membuat: Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang. Sisihkan.

 Bahan filling: 300 ml susu kental manis (kurang lebih 1 kaleng) 400 ml air 8 kuning telur, kocok lepas 30 gram tepung custard 1-2 sdt vanilla susu
Cara membuat: Campur susu kental manis dan air, aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan tepung custard dan vanilla. Aduk rata. Saring. Tuang filling ke dalam adonan kulit pie yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 45 menit hingga filling set dan menguning. Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan. Dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas agar lebih nikmat.

jika ingin kulit yang lebih garing, bisa memanggang kulit 10 menit terlebih dahulu, baru di isi filling. kemudian panggang hingga matang



4 comments on "PIE SUSU aka EGG TART"

HM Zwan on May 2, 2014 at 4:23 PM said...

tolllonggggg dikirim ke siak segerahhhh mbk....sebelum netes nih air liur hehehe...

Rina Audie on May 3, 2014 at 2:21 PM said...

bikin ngiler. Warna kuningnya itu lho cantik...

mimie on May 5, 2014 at 7:40 PM said...

to HM Zwan : udah habis say.... ehehe

mimie on May 5, 2014 at 7:40 PM said...

to Rina Audie : karna pake kuning telur banyak mb.. lagian saturasinya aku tambah ..hihi

Post a Comment