Powered by Blogger.
RSS

Friday, May 16, 2014

SOTO MEDAN

Posted by mimie at 4:26 PM

assalammualaikum wwb....
anyeong yeorobun.... #ala anak kpop #hallah 
masak apa hari ini ?
hari ini ingin makan yang berkuah kuah hangat ,segar dan pedas.
aneh ya seleranya...
ini karena cuaca dumai yang sekarang sering galow. sebentar gerimis, lalu panas terik.
atau malamnya hujan dengan suara halilintar menggelegar, siangnya panasnya nauzubillah.
jadi body pun ikutan galow. sebentar masuk angin, sebentar sakit kepala , trus terasa demam deh.
ah.... manusia ya gini...
ketika di beri cobaan dikitttt aja, ngeluhnya kalau di buat postingan nggak selesai tujuh turunan....hahah
nggak malu ya,,,, padahal allah di dalam surah ar rahman berulang kali menyebutkan ''nikmat tuhan yang manakah yang engkau dustakan"
#tutup muka pake loyang, jadi malu sama allah
semoga di musim pancaroba ini, kita semua selalu sehat ya... selalu bersyukur sekecil apapun nikmat yang di beri... ^_^





resepnya aku copas dari SAJIAN SEDAP.
hanya ada yang aku modif dikit... bawangnya aku kurangi. 
hasilnya.... wow banget... endang bambang gurindang... ^_^

SOTO MEDAN
resep : sajian sedap


Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

Bahan:
1 ekor (950 gram) ayam, dipotong 4 bagian
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
4 batang serai, diambil bagian putihnya, dimemarkan
1 1/2 sendok makan garam
500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
1.500 ml santan encer (dari sisa peresan santan kental)
3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
1/2 sendok makan ketumbar, disangrai
1/2 sendok teh jintan
1 sendok teh merica bubuk
2 cm jahe
4 cm kunyit, dibakar

Bahan Pelengkap:
4 butir telur rebus
2 buah tomat
150 gram kentang rebus, dipotong-potong
100 gram emping, digoreng

toge (aku tambah)
3 sendok makan bawang merah goreng


Cara membuat:
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan serai sampai harum. Masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
  2. Tuang santan encer. Didihkan. Tambahkan garam. Masak sampai ayam matang. Angkat ayam. Goreng ayam sampai berkulit. Suwir-suwir.
  3. Tuang santan kental ke dalam rebusan santan encer. Masak sambil sesekali diaduk-aduk sampai mendidih.
  4. Sajikan dengan pelengkap dan ayam suwir.

14 comments on "SOTO MEDAN "

Mama Aisyah on May 16, 2014 at 5:38 PM said...

welehh..lgsg ngiler liat pic nya mba.kyna gampang ya.. bikin ahh :D

SunDhe on May 17, 2014 at 8:37 AM said...

Lihatnya bikin ngiler mba, scara aku suka banget soto medan :D

mimie on May 17, 2014 at 9:47 AM said...

to Mama Aisyah : gampang buatnya....enak dan seger... ayok di buat jg :)

mimie on May 17, 2014 at 9:47 AM said...

to SunDhe : ayok bikinnnnn...bikinnnn....eheh

Yeni Altaqy on May 18, 2014 at 10:53 AM said...

mba stay didumai ya? klo boleh tau alamatnya dimana ya? soalnya yeni juga didumai..siapa tau bs mesen kue sm mba ^_*

Rina Audie on May 18, 2014 at 11:29 AM said...

ini sih mau dinikmati panas atau hujan tetep enaaakkkk. Soto pake kuah santan emang enak bin gurih...

mimie on May 18, 2014 at 1:18 PM said...

to Yeni Altaqy : iya orang dumai say... alamat di jayamukti. atau bs sms aja .. :)

mimie on May 18, 2014 at 1:19 PM said...

to Rina Audie : emberrrr mbak... nggak pernah bosan... :)

Murlina Fitri on May 18, 2014 at 8:11 PM said...

walaaahhh..mbak..melototin fotonya sambil ngences2 saya nih. emang paling enak nih apalagi pas hujan2 begini..

mimie on May 19, 2014 at 9:14 AM said...

to Murlina Fitri : mau saya kasi, tpi udah abis mb...^_^

Yeni Altaqy on May 20, 2014 at 1:26 PM said...

udh disms mbaa.. but no reply -_-

mimie on May 20, 2014 at 3:59 PM said...

to Yeni Altaqy : maapkeun... jarang megang hp.tp udh di balas ya... ^_^

zila norazila on May 22, 2014 at 3:30 AM said...

salam syg mimie..aduhh enk nie..akk kblkgn ni sibuk terus..syg kmu.

mimie on May 24, 2014 at 12:32 PM said...

to zila norazila : wahh.... lama kak zila tak nampak... :)

Post a Comment