Powered by Blogger.
RSS

Saturday, November 5, 2011

apam eno aka kue mangkok

Posted by mimie at 7:24 PM

ketika aku mengetik N3 ini.... di luar sana sedang di laungkan takbir.
semua mesjid dan surau melaungkan takbir...bergema langit...:)
syahdu terasa setiap kali dengar takbir dilaungkan.


beda dengan aidil fitri.... aidil adha tahun ini nggak ada mercon dan sebangsanya..hhehe
tapi di rumah ,tetep..... mamak sibuk dengan masak2nya...
aku ????
heheh.... aku sibuk di bonggol dan kede.lari sana sini lintang pukang. ng bisa bantuin mamak masak. secara si rin adekku sedang tugas luar kota..... bwehhhhh
kalau capeknya...jangan tanya....
kepala jadi kaki, kaki jadi kepala.... -___-''
tapi...rezeki..ng baik di tolak kan. alhamdullillaaaahhhh....




kembali ke kue mangkok
kue mankok yang ku buat ini,beda dengan yang kemaren.
kue mangkok ini ku dapat dari blog kak wan ni....
sungguh gebu merekah cantik apam di blog kak wan... beda banget dgn punyaku. :(
punya ku ng merekah... cm retak dikittt....heheh
tapi dari segi rasa tetep mak nyussss. kayak kapas gitu.ringan dan lembut.
terima kasihlah buat kak wan yang sudah berbagi resep.aku contek ya kak. ^_^




okok lah... aku share resepnya .
tapi aku derhakakan dikit dari resep asal.airnya aku ganti dgn air kelapa dan santan .eno nggak ada di indonesia cin..... jadi aku tukar dengan adem sari...ahakkkkks....

apam eno (kue mangkok adem sari)

bahan:

1 gelas tape nasi
1 gelas air kelapa
1 gelas santan
1 gelas gula
250 gr tepung beras
1 bks adem sari
**gelas yang ku pake gelas belimbing**


tape nasi :

satu gelas nasi yang baru di masak. biarkan agak dingin.
taburi ragi (stengah butir ) yang sudah dihaluskan
simpan di tempat tertutup.tunggu 2 hari.






cara membuat :

1. blender tape nasi,air kelapa dan gula.sisihkan
2. campur tepung beras dan santan .aduk hingga halus
3. campur kedua bahan diatas.
4. diamkan 6 jam
5. sesudah di diamkan masukkan adem sari.aduk
6. masukkan di cucing atau cetakan kue mankok.
7. kukus hingga matang

tunggu agak dingin baru di lepaskan dr cucing ya.kalau aku kmrn alhamdullilah nggak lengket.
enak di sajikan dengan kelapa parut....
di maem hangat2 di sore hari...
wallllaahhhh.....

4 comments on "apam eno aka kue mangkok"

Super dody on November 5, 2011 at 9:40 PM said...

aq g dikasih kok,hihh........

mimie kesuma on November 6, 2011 at 1:21 PM said...

wahaha.... dody ahirnya nyampe ke blog ku...
lah..jauh dody.....
coba tetanggaan.... mb kirim tuh kue..
BTW trima kasih sudah berkunjung ya.... :)

Autis Menawan (Ayu M) on October 21, 2012 at 6:55 PM said...

Assalamu'alaikum mbak mimie.. ^_^
Alhamdulillah saya berkesempatan nyobain resep apem eno ini (saya nyebutnya apem adem sari, hihihi.. :P). Tp gk bs retak kaya pny mbak (boro2 mekar), gundul mulus. Dah gitu aromanya agak tengik (smg mbak paham bahasa saya) apa mungkin saya pake air dr kelapa yg terlalu tua y? Utk rasanya sih alhamdulillah tetap enak :)

mimie kesuma on October 21, 2012 at 7:20 PM said...

to ayu M : apam eno ini emang ng mekar2 amat .
paling jg retak2 gt...cb cetakannya di panasin dulu. sekitar 5 menit.baru tuang adonan.
agak ribet sih, tp kemaren pernah nyoba...alhamdullilah lumayan mekrok...xixixi
cb pake air kelapa muda yu...barangkali ng tengik.
saia jg ng tau ...soalnya kemaren ng bauk tengik lho... :)

Post a Comment