Powered by Blogger.
RSS

Wednesday, November 9, 2011

rendang

Posted by mimie at 10:24 AM

rabu kelabuuuuuuuu

tadi ngantar bapak ke kantor camat ngurus E-KTP bapak...
secara senen kemaren bapak nggak bisa datang, jadi hari ini ngurusnya. bentrok dengan RT lain.
semua diselesaikan lebih awal.nyuci ,beberes.pake kecepatan turbo dah ceritanya...wkwkkk
sengaja pergi pagi2 buta cin...
jam 7 teng aku dan bapak udah nyampe di kantor camat.
disana cuma ada beberapa orang yang lagi nunggu. pegawainya?????
hmmmm....jangan tanya.
surat undangan E-KTP nya udah di susun sesuai siapa yang datang duluan.
tiba2 ada seorang akhi pake peci bulat ala raihan itu, sok repot gitu.
mindahin kertas yang udah tersusun rapi,di pisah2 sesuai RT...



lahhhh..... gimana ceritanya itu.
aku bilang..." ng pake gitu kali bang" nggak perlu di pisah2.
cm yang datang dulu ya di proses duluan.
si akhinya malah ngotot.ngengkel.katanya biar rapi
bweeehhh....
aishhh... aku bisa di urutan terahir nih....
untung pegawai kantor camatnya datang dan mengatur semuanya seperti semula..
abis merah padam tuh muka akhi.... ibu2 pada marah2....nyindir2 dy
heheh...aku ketawa aja...
makanya bang.... jangan sok repot deh.biar yang berwewenang aja yang ngurus.
alhamdullilah.... no antrian bapak no 7. nggak nunggu lama dah ^_^



hohoho.... jadi lupa ya...
hari ini N3 nya rendang yang mamak buat kemaren.
enak...dagingnya empuk.soalnya di dagingnya di lumuri parutan nanas dan di peram sebentar.
supaya dagingnya empuk cin....
kalau mamak bilang....mamak lebih suka bumbu di tumis dulu.
katanya nggak sengak dan lebih wangi. tp akan banyak minyak kalau sudah matang.
jadi terserah anda2 sekalian ya....
mau di tumis dulu atau bumbu di rebus bersama santan.




rendang daging

bahan bahan:
  • 1 kg daging tanpa lemak, potong 4×4 cm
  • 2 lt santan dari 2 butir kelapa
  • 2 lembar daun kunyit, simpulkan
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 batang daun serai, memarkan
  • 2 cm asam kandis/gelugur
  • 2 lembar daun salam


bumbu yang di haluskan :
  • 2 cm lengkuas
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 100 g cabe kering,rendam air panas
  • 100 g cabe merah keriting
  • 12 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • ½ sdm ketumbar
  • 1 sdt jintan, sangrai
  • ½ sdt pala
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica

bahan serondeng:

1/2 kelapa parut,di gongseng hingga kecoklatan.di giling halus hingga berminyak.
jangan terlalu gosong ,ntar rendangnya pahit.



cara membuat :

  1. Tuang santan di dalam wajan, masukkan daun kunyit, daun jeruk, serai, asam, lengkuas dan semua bumbu halus. Aduk rata
  2. Masak santan berbumbu sambil sesekali diaduk selama 20 menit.jangan lupa masukkan serondeng yg tlah di giling halus.
  3. Masukkan potongan daging, masak dengan api sedang hingga santan mengering dan berminyak. Angkat.
  4. Tuang rendang di dalam piring saji. Hidangkan.

versi mamakku : tumis bumbu yang telah di haluskan,masukkan daun jeruk,daun salam,serai dan air asam hingga wangi.
setelah itu masukkan santan aduk2 hingga mendidih.
masukkan daging.masak hingga daging lunak dan santan mengering .
cara ini akan menghasilkan rendang yang lebih wangi,tapi akan sedikit berminyak dari rendang yang bumbunya tidak di tumis

0 comments on "rendang"

Post a Comment