Powered by Blogger.
RSS

Thursday, November 10, 2011

SOTO BABAT

Posted by mimie at 2:30 PM

kamis gerimis......

hari ini nggak ada cerita...
emang nggak ada yang mau di ceritain...
semuanya serba nggak mut.... mau balas sms aja rasanya malas.
nggak tau kenapa. mianhaeyo buat sahabatku mega.sms nya kadang lambat balasnya malah kadang2 ng di balas. ... ^_^

tadi mamak masak soto.....
yupz.... soto babat.,...aku req soto babat.
abis bosan banget makan rendang.
haissss....sombong banget diriku ya... :D
mamak sih...nggak kira kira masak rendang...
wong orang dirumah cuma 5 orang itu pun bapak nggak makan daging,tapi masak rendang banyaknya kayak orang mau pesta... -___-"

soto babatnya versi mamakku nggak pake santan seperti pada umumnya.
yah...secara lidah2 sumatra.
sukanya yang ala soto padang gitu. bening... tapi seger cinnnn.
aku juga kurang suka tuh soto yang pake santan...cepet blenger... ^_^


dan dengan bangganya aku bilang...
kalu soal soto mah ,aku bisa.... **nyombong**
tapi di keluarga besar kami,budeku lah yang paling jago kalau bikin soto.
walaupun bumbunya sama persis, tapi hasil rasanya bisa berbeda.
nggak tau kenapa. mungkin tangan2an juga ya,,,, ^_^

aku share dah resep mamakku..
gampang banget....dan suegerrr rekkkk..... :)
SOTO BABAT
bahan :
500 gr babat sapi.bersihkan dan rebus hingga lunak
500 ml air
250 gr suun ,rendam air panas tiriskan
bawang merah goreng buat taburan
sambal ijo
jeruk nipis
daun seledri
bahan yang dihaluskan:

8 butir bawang merah
4 butir bawang putih
2 cm jahe
2 cm kunyit
1 sdm merica1 sdt ketumbar
garam secukupnya
1 sdt gula
1/2 buah pala


ikut di tumis:

5 cm lengkuas di keprek
1 batang serai di keprek
1 batang daun bawang iris halus
5 lembar daun jeruk purut
3 lembar daun salam
1/2 bunga lawang
2 btr kapulaga



cara membuat :

  1. tumis bumbu halus hingga harum , masukkan bahan2 lain seperti daun salam dan yang lainnya. masak hingga harum
  2. tuang air.masak hingga mendidih
  3. masukkan babat yang telah direbus dan di potong2 .bumbui dengan gula dan garam sesuai selera.angkat.
  4. Atur mie suun dalam mangkuk saji, tuang kuah dan babat secukupnya.
  5. Taburi daun seledri dan bawang merah goreng.
  6. Sajikan hangat dengan pelengkapnya.

0 comments on "SOTO BABAT"

Post a Comment