Powered by Blogger.
RSS

Wednesday, September 15, 2010

mpek-mpek palembang

Posted by mimie at 7:55 PM

makanan khas dari sumatra selatan yang emang endang gurindang.banyak sih resep yang beraneka ragam.aku udah nyoba macem2 resep...ada yang hasilnya keras bedengkang....kalau ntuk lempar maling,bisa semaput......ada juga yang dalemnya nggak mau mateng.....pokoknya udah berapa kali gagal lah......dr resep di tabloid.....ampe resep tetangga.....ta' coba semua.......

ada juga tetangga yang jago banget buatnya...tapi.....huhuhu....pelit banget ama ilmunya.....
behh.....tambah penasaran aku.......
ahirnya.....dapet juga resep yang pas.....dan setelah nyoba beberapa kali......ku dapat cara yang pas biar mpek2nya nggak keras dan rasanya ajib........

karna ilmu itu salah satu yang di hisaf di aherat....makanya aku share resepnya ya.....
cekidotttttttt

mpek-mpek palembang

bahanya:

500 gr ikan tengiri (terserah mau pake ikan apa)
200 gr tepung terigu
5 siung bawang putih
500 gr tepung kanji(tergantung adonan bila masih lembek dapat di tambah)
1 butir putih telur
penyedap rasa secukupnya
garam secukup rasa
air mendidih secukupnya (maaf nggak pernah ku ukur)
4 butir telur kocok buat isian

cara membuat:
1. giling daging ikan bersama bawang putih,garam,penyedap rasa dan putih telur hingga lembut sisihkan.
2. di tempat lain ,taroh terigu di kom (wadah) siram dengan air mendidih hingga menjadi adonan bubur kental (seperti adonan lem)
3.masukkan campuran ikan aduk hingga benar2 rata
4. masukkan tepung kanji ,hingga menjadi doh yang kalis.jangan keras.buat sedikit agak lunak.
5. balur tangan dengan tepung kanji.mulai membentuk.jika ingin buat mpek2 kapal selam,isi dengan telor sekitar satu sendok makan telur kocok.jika ingin lenjer,tinggal buat bentuk lonjong2 saja.rebus hingga mengapung.
6. setelah mengapung angkat dan masukkan ke dalam kom yang berisi air dingin(airnya di tambah sedikit minyak biar nggak lenggket)
7. tiriskan dan goreng hingga matang.....

bahan cuka:

1. 250 gram Gula aren

2. 50 gram Asam jawa, hindari memakai cuka dapur

3. 750 ml air

4. 5 siung Bawang Putih, cincang halus

5. 2 sdm ebi, dihaluskan

6. 1 sdt garam

7. 10 s/d 20 buah cabai rawit, dihaluskan (tergantung selera pedas).

Cara membuatnya:

1. Didihkan gula aren (merah), asam jawa, air lalu saring.

2. Masukkan bawang putih, ebi, cabe rawit dan garam, didihkan kembali lalu angkat.

3. Cuka sudah siap dihidangkan bersama pempek.

selamat mencoba ya..........

hwaiting.............


2 comments on "mpek-mpek palembang"

marshell Cheryya Lee said...

wah,,,law ne ce makanan kesukaan bgt...
lw s tempat asalnya ne makanan udah
d jadiin menu sehari-hari...
law sehari tanpa mpek-mpek kaya gak makan...
mba'law mw buat mpek2 sambil nyanyiin lagu palembang...biar lebih enak...

mimie kesuma on January 20, 2011 at 9:24 PM said...

@ marshell : jiahhh.....ada pulak...sambil masak nyanyi.....bagaimana ceritanya...?
BTW...thky ya say...udah mampir di blog ku...

Post a Comment