Powered by Blogger.
RSS

Sunday, October 7, 2012

KIMCHI ala indonesia

Posted by mimie at 2:02 PM
assalammualaikum wwb.......
anyeong haseyo.................. ^_^
duilahhhh.....gayaku....berasa orang korea aja.
bukan apa.....karena hari ini temanya korea....
kimchi.....ya...kimchi.....



buat mereka yang terkena demam kpop atau drama korea ....
pasti tidak asing dengan makanan yang satu ini...terkenal dengan rasa pedas dan asamnya.
kimchi ini merupakan makanan sehari hari masyarakat korea.
bisa di santap langsung, di masak bersama sup, di campur telor dadar....macem2 lagi deh.
cara pembuatannya sih menurutku tidak terlalu sulit.
hanya saja memerluka waktu yang panjang.
karena kimchi ini memerlukan fermentasi.
semakin lama fermentasi, semakin tinggi tingkat keasamannya.


dan beberapa hari yang lalu.....
karena terprovokasi drama korea itulah, aku nyoba bikin kimchi.
hmmmm.....kimchi ala jasmin kitchen lah. secara aku nggak nemu cabe bubuk.
aku menggunakan cabe kering yang ku rebus dan ku giling halus. ku tambah cabe kriting juga agar terasa pedasnya.
buatnya juga nggak banyak. aku menggunakan sawi putih ukuran kecil saja.
selain aku nggak suka sawi, aku juga nggak yakin bakalan suka kimchi ini.
ternyata seperti dugaan ku.....
aku dan mereka tuh di rumah nggak seberapa suka kimchi ini.
rasanya terlalu aneh buat lidah indonesiaku...
lha wong biasanya makan pecel kok pindah makan kimchi....xixixixii
aku share yo...resepnya udah ku modif sesuai kebutuhan ku.... ^_^
cekidottttt................

 


KIMCHI ALA INDONESIA

BAHAN :

1 buah sawi putih
50 gr cabe kering, buang bijinya, rebus hingga lunak
10 buah cabe merah kriting
2 siung bawang putih
1 cm jahe
1/2 buah apel, blender halus
1/2 buah bawang bombay(bawang besar) , cincang
1 buah daun bawang, iris
1 buah wortel, iris korek api
1 sendok makan kecap ikan (fish sauce)
garam untuk membalur sawi.

cara membuat :

1. bersihkan sawi hingga helai terdalam.biarkan tetap berbonggol .belah menjadi 2 bagian. agar lebih  mudah dalam proses penggaraman.
kalau ingin lebih mudah bisa melepas setiap helainya.
taburi garam halus setiap permukaan sawi. jangan ada yang terlewatkan. hingga helai yang paling dalam.
setelah itu diamkan sawi selama kurang lebih 6 jam.
setelah 6 jam ,sawi ini akan menyusut volumenya. terlihat layu dan ada genangan air di dasar wadah.
fungsi garam ini juga sebagai pengawet.

2. cuci bersih sawi tadi hingga 3 kali di air yang mengalir.hingga benar2 bersih.
sawi yang tidak bersih, akan menyebabkan kimchi akan terasa asin sekali.
tiriskan hingga benar2 tiris.

3. sementara itu, haluskan bawang putih, cabe kering rebus, cabe merah dan jahe hingga halus.
campur dengan wortel, irisan daun bawang, bawang bombay cincang dan apel yang telah di blender halus.

4. lumuri sawi dengan campuran di atas. helai demi helai
hingga tertutup semua.

5. masukkan sawi yang telah di lumuri bumbu ini ke dalam toples  yang tertutup rapat.
jangan terlalu penuh. karena setelah di fermentasi, kimchi akan berair.

6. biarkan semalaman di suhu ruang.
setelah itu baru di simpan di lemari es.untuk proses fermentasi.
perlu di ingat, suhu lemari es jangan terlalu eksrim ya. supaya proses fermentasi dapat berlangsung.
semakin lama, kimchi akan semakin asam.jadi jangan terlalu lama.
kalau menurutku, 2 hari fermentasi udah enak kok.

selamat mencoba ya.....



0 comments on "KIMCHI ala indonesia"

Post a Comment