Powered by Blogger.
RSS

Tuesday, October 30, 2012

BOLU GULUNG PUTIH TELUR

Posted by mimie at 8:27 AM

assalammualaikum wwb.....


hari ini postingannya bolu gulung putih telur....
sebenernya kemaren kan buat bolu gulung yang menggunakan 10 kuning telur. 
jadi putih telurnya nggak tau mau di gimanain.
biasanya juga di kukus trus di tumis cabe hijau.
bosan juga...dan di rumah juga nggak seberapa doyan...
jadi aku bikin bolu gulung aja.
resepnya pernah baca di tabloid saji sepertinya.
aku juga lupa...udah lama bener.
yang perlu di ingat dalam pembuatan bolu gulung putih telur ini, pastikan wadah untuk mengocok putih telur bersih. bebas lemak minyak atau air.
agar putih telur mengembang sempurna.
mengocok putih telurnya hingga benar2 kaku. ciri2nya kalau wadah di balik, adonan tidak akan tumpah.
 


BOLU GULUNG PUTIH TELUR
resep : tabloid saji

BAHAN :

8 butir putih telur
1/2 sendok teh cream of tar tar
125 gr gula halus
125 gr tepung terigu
125 gr mentega ,cairkan

CARA MEMBUAT :

1. panaskan oven pada suhu 180 celcius , olesi loyang dengan mentega.alasi dengan kertas roti.olesi lagi dengan mentega. taburi tepung .

2. dalam wadah bersih mixer putih telur ,gula dan cream of tar tar hingga berbuih menggunakan speed yang paling rendah.baru kecepatannya di tambah sambil memasukkan gula secara bertahap.
terahir mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan kaku.

3. masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil di mixer perlahan.

4. masukkan mentega cair. aduk dengan tehnik aduk balik. hingga semua mentega tercampur rata.

5. oven hingga permukaan kuning keemasan. 

6. setelah matang, angkat dan balik. 
karena menggunakan putih telur , bolu gulung ini akan lengket di bagian bawahnya.
tidak apa apa.jangan kwatir. tetap mulus kok walaupun lengket.
olesi bagian atas dengan selai . dan gulung rapi.

note : aku pake oven tangkring. yang tidak mempunyai api atas. jadi bagian bawah yang menjadi bagian luar bolu gulung.
bagi anda yang memiliki oven yg mempunyai api atas, bagian atas dari cake lah yang menjadi bagian luar cake.



2 comments on "BOLU GULUNG PUTIH TELUR"

irham dhafin on October 20, 2015 at 12:35 AM said...

Rasanya gmn mba? Selembut bolu gulung yg pk kuning telur g

mimie on October 20, 2015 at 10:02 AM said...

irham dhafin : lembutnya beda mas dengan bolgul yg pake kuning telur, kalau yg kuning telur tidak berpori dan lembab banget. ini lembut tp tdk lembab

Post a Comment