Powered by Blogger.
RSS

Thursday, December 29, 2011

acar kuning matang

Posted by mimie at 8:01 PM 0 comments Links to this post
kamis malam jumat.....
hari ini berlalu dengan indahnya...
si malaikat hitam manis itu menyelamatkan duniaku...xixixi..
hallahhh.....ngawur...
ceritanya...ada anak yang baik banget,nolongin jagain net...
so aku bisa nyantai..kayak di pantai....^_^

makasi ya rif.....
udah nolong mbak jagain net...
sering2 aja..... ^_^



nahhhhh....
siang tadi lauknya acar matang....
acar kuning gitu.....masakan kesukaanku...
seger ,asem manis jadi satu.... enak banget.
apalagi di makan dengan gurame atau ikan mas goreng...
fyuuuu...so heaven..... ^_^

ACAR KUNING MATANG

bahan :

2 buah timun iris memanjang,buang isinya
2 buah wortel potong memanjang
100 gr kacang panjang potong 5 cm
1/2 buah nanas, potong2
500 ml santan cair

bumbu :

2 siung bawang putih *
3 siung bawang merah *
5 butir kemiri*
3 cm kunyit*
4 siung bawang merah belah jadi 4
1 serai di memarkan
2 lbr daun salam
3 sm lengkuas di memarkan
1 sdm cuka
gula
garam


cara membuat :

1. haluskan bahan yang bertanda *
2. tumis bumbu halus masukkan bumbu yang lain.tumis hingga wangi.
3. masukkan santan.
4. masukkan sayuran.masak hingga matang

sajikan hangat dengan nasi .apalagi ada bawal atau gurami goreng...
mak josssss......



Wednesday, December 28, 2011

nasi uduk (nasi lemak)

Posted by mimie at 12:00 PM 0 comments Links to this post
selamat hari rabu.... ^_^
nggak tau kenapa,hari ini hatiku semriwing......
bawaanya seneng aja....
bersenda gurau dengan sahabatku mega,si teman maya ku...^_^
usilin dan jahilin dia...xixixi

walaupun belum bertemu tapi kayak udah adik beradik ...
segala masalah ,suka duka....kami saling berbagi....
dan anehnya,udah beberapa kali aku jahilin ,masih mempan aja...
dia nggak pernah nyadar2 tuh kalau dijahilin...ahahahah
ah..mega...mega... namanya aja tinggal di jakarta...tapi lugu banget....^_^
mega adalah satu dari sekian temen Fb ku yg paling ku kasihi.
semoga suatu hari kelak bisa kopdar bareng.... ^_^


dan tambah senengnya lagi,
net full kembali.... mungkin karena anak2 mulai libur sekolah yah....
ternyata... rezeki itu tidak pernah ketukar yah...
kalu rezekinya cuma semangkok ya dapatnya semangkok juga..
mau di isi ampe mencurah2 pun ya dapatnya semangkok juga...
jadi nggak usah sedih atau panik jika rezekinya cuma seciput.
mungkin memang rezekinya segitu.tugas kita berusaha lebih giat.....
alhamdullilah ya allah..... engkau selalu melimpahkan rezeki dan kesehatan kepadaku...


balik ke nasi uduk......
pagi tadi sebenernya mamak buat godok pisang.
tapi,aku kan kena maag.nggak tahan makan godok pisang doang.
bawaanya lapar mulu bo.....
jadi aku buat nasi uduk deh....
nasi uduk biasa...nggak pake ayam2an segala...
karna ayamnya minggat..... lawong telornya aku bikin cake mulu...ngambek trus minggat deh...ekekekekek.....:P #jaskiding

NASI UDUK

bahan :


500 gram beras, cuci dan tiriskan
850 ml santan cair
1 1/2 sendok teh garam
2 lembar daun salam
1 batang sereh, ambil bagian putihnya dan memarkan
1 buah bunga lawang

pelengkap:
timun iris serong
sambal cabe merah
kering tempe
telur goreng iris2

cara membuat:

1. Kukus beras hingga setengah matang.Didihkan santan bersama garam, daun salam dan sereh. Hati-hati jangan sampai meluap. Angkat.

2. Masukkan segera beras yang masih panas dan setengah mat
3. Sajikan dengan dengan menaburkan bawang goreng dan pelengkap lainnya.

Sunday, December 25, 2011

BANANA CAKE

Posted by mimie at 12:41 PM 2 comments Links to this post
happy weekend .......
weekend yang dinginnnn.....
dari sabtu kemaren kotaku turun hujan.
padahal rencananya semalam mau jalan2 .
ponakan datang liburan,eh malah ng bisa kemana2.
ya sutra...pagi tadi bikin banana cake.
untuk di makan bareng si ''indah''.


kali ini buat cake nya rada beda.
nggak pake mentega tapi aku pake minyak goreng aja.
secara menteganya lagi nggak ada stok.
ternyata lumayan juga rasanya.
lembut dan ringan.cuma sayang nggak ada wangi menteganya.... ^_^
pisangnya pun aku menggunakan pisang mas atau pisang lemak manis kalau di daerahku.
cakenya jadi nggak seharum kalau menggunakan pisang raja atau pisang ambon.
tapi dari segi rasa nggak kurang.tetep enak cinnnn...


BANANA CAKE

bahan:

6 butir telor
200 gr gula palem+ 50 gr gula halus
250 gr terigu
150 ml minyak goreng
6 buah pisang mas di haluskan
1 sdt baking powder
3 buah pisang di iris2 untuk hiasan di atas cake



cara membuat :

1. kocok telur dan gula palem+gula halus hingga putih mengembang
2. masukkan terigu yang telah di campur baking powder.masukkan dengan cara mengayak di atas adonan. masukkan dalam 3 tahap.aduk balik hingga rata.
3. masukkan minyak, aduk balik hingga benar2 tercampur rata.
4. terahir masukkan pisang yg telah di haluskan. aduk perlahan hingga rata
5. masukkan ke loyang beri potongan pisang.
6. bakar hingga matang.

Saturday, December 17, 2011

pastel (karipap) isi bihun goreng

Posted by mimie at 9:21 PM 0 comments Links to this post
selamat berahir pekan semuaaaaaaaa..... ^_^
happy weekend...........
wahhhhh...... tadi rencananya mau jemput ponakan.
mau weekend bareng ''indah''.
tapi.... barusan ditelpon....indahnya nggak belum bisa dijemput.
lagi batuk dan flue.takut rewel....
hikssss....... bunda kangen ndah....:(
kangen dengan celotehmu itu.
rumah jadi riuh rendah kalau ponakanku datang. dan dari kemaren bapak suruh jemput cucu kesayangannya itu.tapi anaknya lagi flue.
ya sudah.....minggu depan aja.biar si indahnya sehat dulu.
sepat sembuh ya sayangggg,,,,,,, ^_^



dan karna nggak jadi jemput si indah.
jadi nganggur nih.sore2 nggak tau mau ngapain.
aishhhh....tangan gatel pengen buat cemilan.
ingat tadi siang mamak buat bihun goreng , dan buatnya juga sejibun.
bakalan nggak abis dah tuh bihun goreng.mending aku buat untuk isian pastel aja.
dari pada nggak kemakan,kan sayang tuh bihun goreng.
membazir.......
kalau dibuat pastel kan bisa buat temen nonton tipi.... ^_^



resepnya pernah aku postingin deh di postigan sebelumnya.
tapi kali ini nggak pake telur dan aku pake minyak masak.
kulitnya krispi banget.
tapi aku tulis lagi deh..... ^_^

kulit pastel

bahan:
250 gr terigu
1/2 bks royco
3 sdm minyak masak
air secukupnya

cara membuat:
1. campur semua bahan jadi satu
2. uleni hingga kalis. diamkan 15 menit
3. tipiskan dengan bantuan pasta maker
4. cetak di cetakan pastel.agar kelihatan cantik,pilin tepinya
5. goreng dengan api sedang.

kalau aku sih... ku panaskan minyak.lalu matikan api.masukkan pastel.hidupkan lagi api.kecil saja.jangan besar2.
cara ini akan menghasilkan pastel yang mulus.nggak ada jerawatnya.
jadi pastelnya cantik mulus.....:P




untuk isiannya... aku pake bihun goreng.
resepnya aku postingin di entri bihun goreng pedas.
silahkan ke TKP yah kalau mau resepnya.
aku lagi malas ngetik2....:P
pokoknya aku jamin enak deuehhhhhh....
selamat mencoba.... ^_^

bihun jagung goreng pedas

Posted by mimie at 12:44 PM 1 comments Links to this post

sabtu kembali............
wahhhh..... nggak terasa... kayaknya waktu cepat banget berputar.
nggak terasa udah ujung minggu lagi.
selamat berahir pekan buat semua deh...... :)
senengnya buat mereka yang tinggal di kota2 besar yah...... seperti jakarta atau bandung.
ujung2 minggu gini bisa wisata kuliner. bisa nyicip menu2 baru....
kalau aku...aishhhhh....
tinggal dikota kecil.... menunya nggak lari dari mie ayam dan bakso..... -___-''
hmmmm..... mudah2an ada rezeki dan bisa ke jakarta.
buat sahabatku mega....tunggu aku di kotamu ya....... ^_^


hari ini postingannya tentang bihun goreng.
tapi bihunnya bukan pake bihun biasa yang terbuat dari tepung beras.
bihunnya dari tepung jagung. kami menyebutnya 'bihun jagung''.
bentuknya rada halus dari bihun kebanyakan. kalau sudah di rendam penampakannya rada bening. kayak suun.
rasanya pun sedikit lembut. ya, seperti suun itu.bedanya kalau suun lembut banget.nahh...bihun jagung nggak begitu lembut.
enak deh yang pasti......


BIHUN JAGUNG GORENG PEDAS

bahan:

1 bungkus bihun jagung (kurleb 500 gr). rendam tiriskan
1 ikat sawi caisim.siangi dan bersihkan.potong2.
3 siung bawang putih *
5 siung bawang merah *
1 sdm merica *
1/4 buah pala *
1 sdm ebi .rendam.haluskan *
1 cm jahe *
2 buah cabe merah *
1 batang daun bawang ,iris serong
kecap
bawang goreng



cara membuat :

1. haluskan bahan2 yang bertanda *
2. tumis daun bawang, masukkan bahan2 yang telah dihaluskan.tumis hingga wangi
3. masukkan sawi ,kecap .masak hinggga sawi matang
4. masukkan mie. aduk2 hingga bumbu rata .
5. taburi mie dengan bawang goreng.sajikan

Friday, December 16, 2011

wedang jahe

Posted by mimie at 3:19 PM 1 comments Links to this post

jumuah mubarakkk....
bertemu kita lagi di jumat yang penuh berkah ....
penghulu segala hari...... ^_^
semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt. aminnnn....:)

hari ini postingannya tentang wedang jahe.
wedang jahe ini ku buat semalam sih.cuma baru sempat postingin hari ini.
semalam kan masuk angin, badan rasanya dinginnn.....
perut kembung an kepala sakitnya level aherat.
sampai2 mau ngapa2in nggak enak banget.setelah minum wedang jahe,alhamdullilah tubuh jadi hangat.
dan waktu bangun tidur pagi tadi, kepala nggak sakit lagi.
tubuh pun nggak kerasa gereges2.
ternyata, obat tradisional mujarab juga....^_^



aku share yah resepnya ...

WEDANG JAHE

bahan:

250 gr jahe dikupas, memarkan
150 gr gula merah
5 buah cengkeh
5 cm kayu manis
1 lembar daun pandan
1 batang sereh/serai
500 ml air

cara membuat:

rebus semua bahan jadi satu , biarkan mendidih hingga air agak berkurang.

Thursday, December 15, 2011

BUBUR KACANG HIJAU

Posted by mimie at 12:19 PM 0 comments Links to this post

kamis yang penuh berkah.....
hari ini dumai mulai tampak cerah.nggak mendung seperti beberapa hari yang lalu.
walaupun begitu,matahari masih malu2 menampakkan sinarnya.
rada2 redup.
dan sudah beberapa hari nggak buat N3. rindu rasanya.... ^_^
nggak tau kenapa.belakangan ini body kurang fit. gampang banget sakit.
mana maag dalam proses penyembuhan di tambah masuk angin . eh tadi pagi kena diare.
alhamdullilah yah. mungkin allah lagi menguji kesabarannku.
apakah aku mudah mengeluh atau tetap tawakal yah.apapun.... tetap bersyukur. masih diberi kesempatan menghirup udara pagi ini.


pagi ini ,mamak buatin bubur kacang hijau.
ah...sayang banget sama mamak..... tau anaknya lagi nggak baik pencernaanya,makanya di buatin bubur.
bubur kacang hijau ini kesukaanku.
kalau aku sih,makannya dikit2.tapi sering.... halllahhhh..... ^_^"





buatnya mah gampang yah.
rasa2nya semua juga tau cara buat bubur kacang hijau.
tapi aku tulis deh.....^_^

BUBUR KACANG HIJAU

bahan :

250 gr kacang hijau , rendam semalam
150 gr gula palem
500 ml santan
2 lembar daun pandan

cara membuat :

1. rebus kacang hijau hingga lunak
2. masukkan santan dan gula palem serta daun pandan.
3. masak hingga mendidih. jangan lupa terus aduk supaya santan tidak pecah.

Monday, December 12, 2011

sentiling nanas

Posted by mimie at 10:55 AM 0 comments Links to this post


assalammualaikummm.......
masih di senin optimis yah....
selamat menjalankan shaum sunat senen kamis bagi yang menjalankannya.
semoga hari ini semua di beri kemudahan.
hari nggak banyak cerita deh....
cuma mau postingin tentang sentiling nanas.
sentiling nanas yang sama,yang di pesan pak haji depan rumah semalam.


dan maapppppp banget buat bapak ku.
kayaknya beliau pengen banget .secara beliau suka banget dengan sentiling nanas.
tapi..kemaren cuma buat 2 loyang.dan nggak ada sisa.....
bakwannya mah aku buat emang lebih.tapi sentilingnya pas2an aja 2 loyang.
hari ini rencananya aku mau buat seloyang lagi untuk di santap keluarga.,,,^_^

resepnya pernah aku postingin di sini
tapi karna aku baik hati...:P
aku tulis lagi deh resepnya....^_^

bahan:
1 kg ubi,parut
250 gr gula pasir
1/2 bungkus agar2
1 buah nanas yang sedang ukurannya,parut/blender
sedikit garam
sedikit pewarna orange

kelapa ambil putihnya ,kukus untuk taburan.



cara :
campur semua bahan jadi satu.lapisi loyang dengan plastik dan kukus hingga matang.
jangan lupa lapisi dandang dgn lap kain agar uap air tidak masuk ke adonan.
sebaiknya kue ini di biarkan hingga benar2 dingin,baru di potong.(kalau aku buat pagi,siang baru di potong)
taburi kelapa yang telah di kukus.

satu resep bisa menghasilkan 24 potong.
dan kalau dirumah.... kue ini jadi pavered si bapak.
maklum orang tua, nggak suka yang bolu2an....^_^

bakwan aka cucur udang tapi aku tak pakai udang

Posted by mimie at 10:11 AM 0 comments Links to this post

salam senin optimissss...... ^_^

hissss...... udah beberapa hari nggak buat N3.
terasa ada yang kurang ...eheheh
nggak tau...semenjak dua menjak ini kok, ngebet banget ngeblog.
semangat banget.
tapi udah 2 hari maag kambuh lagi.walaupun nggak seberapa, tapi aku jaga2 aja.cari amannya.
istirahat... itu yang terbaik.
so ...hari ini alhamdullilah...much better then yesterday.....^_^
udah bisa nangkring didepan compi lagi....... :)

hari ini aku mau cerita tentang bakwan atau cucur udang kalau di malaysia.
bakwan ini aku buat atas pesanan pak uztad H.tengku rahman.tetangga depan rumah.
pak haji yang juga uztad ini pesan bakwan dan sentiling nanas untuk acara arisan dirumahnya.
kata beliau sih...bakwan buatanku enak..... #ngawang2 kalau di puji.... ^_^"
jadi kemaren minggu ,nguplak nguplek di dapur.
jam 12 siang....beres semua.


resepnya pernah ku postingin di sini.
tapi aku tulis lagi deh...... ^_^

BAKWAN SAYUR

1 buah wortel serut kasar
1/4 kol di hiris halus
toge kalau suka
1 buah daun bawang,iris halus
1 buah telur
250 gr terigu


bahan halus:


2 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 sdm merica
sedikit jahe (seujung kuku)
kunyit kira kira 2 cm
masako satu bungkus

sedikit gula
garam secukupnya
air seperlunya






cara membuat :
campur semua jadi satu.beri air sampai tidak terlalu kental,juga tidak terlalu encer
panaskan minyak,rendam sendok sayur yg terbuat dr alumunium dlm minyak hga panas
angkat,beri adonan secukupnya....
masukkan keminyak yg telah panas hingga lepas sendirinya
ulangi hingga habis

Thursday, December 8, 2011

kue kasturi

Posted by mimie at 9:24 AM 0 comments Links to this post

kamis optimissss....
assalamualaikum...
alhamdullilah yah.....masih diberi umur panjang dan kesehatan.
ingat sakit kemaren....... huhuhu
udah nggak enak karna lambung dan perut sebelah kiri ku perih.
mana obatnya mahal2 banget.kalau dikira2 hampir bs beli mixer miyako 2 buah.....
aishhhh..... karna kedegilan diriku....
yang slalu menunda2 makan, gemar makan pedas juga
ketidakmampuanku mengelola emosi.
jadinya penyakit maag yang udah hampir 5 taon nggak kambuh,bertandang kembali.
benar orang bilang...kesehatan itu mahal harganya.
so... bagi yang belum kena maag(gastrik), jaga kesehatan.
jangan ikut selera mulut tu, tak selera pun...bedal je. xixixixi


pagi ini sarapan seperti biasa.
pevered di rumah. nasi goreng kampung.
alias... nasi goreng biasa,polos saja.heheheh
selain itu,tadi aku buat kue kasturi.sisa kacang hijau aku buat moon cake fried style kemaren ,masih ada di kulkas.
jadi aku tambahin kelapa parut.aku gepengkan . celup tepung dan goreng.
siap sudahhhhh....
nggak pake lama.... tapi lumayan. selain enak,dapat banyak pula.dari pada beli beib.....^_^


KUE KASTURI

bahan :

250 gr kacang hijau ,rendam semalaman
125 gr gula halus
1/4 butir kelapa parut


bahan pencelup:


100 gr tepung terigu
100 gr tepung beras
1 sdt garam
air secukupnya
semua bahan di jadikan satu.campur hingga rata dan tidak bergerindil.



cara membuat :

1. rebus kacang hijau bersama gula hingga lembut dan airnya kering.
2. simpan di kulkas semalaman.agar mudah membentuknya.
3. campur dengan kelapa parut.
4. bentuk bulat pipih.
5. celupkan di adonan tepung
6. goreng hingga matang.

Wednesday, December 7, 2011

moon cake fried style

Posted by mimie at 8:04 PM 0 comments Links to this post


hari ini ku lalui dengan ucapan alhamdullilahhh....
padahal tadi sempat curhat ke sahabatku mega....
betapa sedih hatiku . kayaknya kok cobaan nggak berhenti2 ya..... :(
tapi...setiap yang terjadi ,pasti ada alasan di sebaliknya.
allah nggak mungkin menzolimi hambanya.
astagfirullahalazim....... maafkan hambamu ya allah....
jarang bersyukur.sering mengeluh.....
dan benar kata2 bijak yah.... " seorang teman yang memahami air matamu lebih berharga di banding dengan seratus teman yang hanya mempercayai senyumanmu "
gomawoyo nae chingu.... slalu mendengarkan keluh kesahku.
jangan pernah bosan yah.....
sayangggg...megaaaa..... ^_^


dalam nggak mut nya diriku.
tadi sore aku sempat2kan bikin juadah ini.
buat tukang bikin kue kayak aku, bikin sesuatu yang buat orang laen tersenyum adalah dengan nguplak nguplek di dapur.
alhamdullilah...... semua suka.
tapi...keren yah namanya...... ampe blepotan nyebutnya.
padahal rasanya mah nggak beda dengan inti kacang hijau di bungkus pastel lapis.
ala2 bakpia goreng....xixixixi....
gurih diluar,manis di dalam.


resepnya kulitnya pernah aku postingin di sini.
maap...aku lagi males ngetik lagi.... :)
isinya mah kayak inti bakpau itu,...
inti kacang hijau yang manis.
tinggal balut aja inti dengan kulit .seperti kita buat bakpao.
trus digoreng hingga kuning keemasan dah...
slamat mencoba yahhhh....

SAYUR BENING BAYAM DAN SAMBAL TUTUK

Posted by mimie at 12:27 PM 0 comments Links to this post
selamat siang........
lagi2 dumai sejukkkkkk.....
kayaknya memang sudah musimnya yah.....
mendung.... hujan.... sebentar panas...sebentar hujan...
kata orang...kalau musimnya sudah nggak menentu gini.... musim sakit jugak...
ntah itu flu atau diare.
dan di persekitaranku...para tetangga...anaknya pada kena 'penyakit
cacar"
minta2 jauhkanlah............


sudah santap siang kah...?????
hari ini , dirumah menunya.... sayur bening bayam dan sambal tutuk.
plus tempe dan tahu goreng. ehh...tak lupa ada ikan asin goreng juga.
hmmmm......
enak banget.....simpel aja kan menunya.
yang pasti sehat dan menyelerakan.
apalagi ada pete di sambal tutuknya....
so heaven...... ^_^

SAYUR BENING BAYAM

bahan :

2 ikat bayam. siangi. dan cuci hingga bersih
1 wortel ukuran sedang, potong2
100 gr kol.iris kasar
3 buah bawang merah.iris halus2 buah bawang putih, iris halus
1 lembar daun salam
3 cm lengkuas ,di keprek/memarkan
6 buah teri.
minyak untuk menumis
air secukupnya

cara membuat :

1. tumis teri .masukkan bawang merah dan bawang putih.masukkan juga lengkuas dan daun salam.tumis hingga harum.2. masukkan air. biarkan hingga mendidih
3. masukkan wortel masak hingga matang
4. masukkan kol dan terahir bayam
5. masak hingga bayam matang.tapi jangan terlalu matang.ntar vitaminnya hilang.
6. sajikan hangat.



sambal tutuk

bahan :

100 gr cabe kriting hijau*
4 suing bawang merah*
2 siung bawang putih*
1 butir tomat ukuran sedang*
1 papan pete. kurleb 15 biji pete
100 gr terung rimbang
100 gr teri.
garam secukupnya

cara membuat :
1. rebus bahan2 yang bertanda ( * ).haluskan
2. panaskan minya.goreang terung teri hingga garing.masukkan pete dan rimbang
3. masukkan bumbu yang telah di haluskan.
4. masak hingga matang.

dingin2 gini bersantap sayur bening dan sambal tutuk...
alhamdullillah yah sesuatu...... ^_^

Tuesday, December 6, 2011

JUS BELIMBING

Posted by mimie at 5:25 PM 0 comments Links to this post

assalamualaikum....
hari ini kota dumai sejukkkk......
matahari ada.tapi malu2 menampakkan sinarnya.....
alhamdullilahhh yah....sesuatu
bagai mana pula dengan kota anda.....???

dan tadi siang....
kabar yang ku dengar....eheheh
mamak masak gulai kikil. kalau bahasa malaysianya mungkin gulai lemak cili api kikil sapi.
ishhh.....memandai saja si mimie nih....
maap buat teman2 dr malaysia. saia tak tau ,ada kah tidak menu gulai
kikil sapi tuh.
kikil sapi itu kulit sapi.
biasanya di buat kerupuk yah .kalau di sumatra ,kami menyebutnya kerupuk jangek. dan
krecek kalau di jawa.
apa...apalah. yang penting...gulai kikil itu mai pefered.
apalagi di gulai pedeeeessss,......
lekerrrrrrr....

nahhh.....
biasanya...mamak kalu masak menu yang berkolesterol dan berbau2 sapi begono.
slalu buat jus belimbing buat menetralisir lemak yang masuk akibat si kikil sapi tadi.
nggak perlu beli.tinggal petik dihalaman belakang rumah......
aku bantu liat aja tadi....
ntar aku bantu habisin ya makkkk.... ^_^
aku share deh resepnya...

JUS BELIMBING

bahan:
250 gram belimbing, dipotong-potong
200 ml air jeruk manis
150 gram es serut

bahan simple sirup:
100 gram gula pasir
50 ml air



Cara membuat:
  1. Simple sirup: rebus gula pasir dan air sampai larut dan kental. Angkat. Dinginkan.
  2. Blender belimbing sayur, air jeruk manis, susu kental manis, es serut, dan simple sirup sampai lembut.
  3. Sajikan dingin.

sayang banget...tadi motreknya udah kesorean.

jadi putunya rada burem.... :(
mana belimbing yang masak udah di blend semua.
jadinya yang buat hiasan ,belimbing mentah .masih ijo...kahkahkh...... :P

TAHU ISI SAYUR

Posted by mimie at 1:37 PM 0 comments Links to this post


selasa ceriaaaaa.....

hari ini 10 muharram...
selamat shaum sunat asyura buat yang melaksanakannya...
waktu ku buat N3 ini,sekitar jam 1.40 siang...
pasti tuh yang shaum hari ini lagi loyo2nya...lagi lemes2nya.
ayo ...ayo...semangatttt......
semoga mendapat ganjaran pahala dari sang khalik yah.......
aminnnnn......
dan semoga kita semua bertemu bulan muharram lagi tahun depan...aminnnnnnn


hari ini N3 tentang cemilan yang kalau boleh bilang mah '' indonesia banget"
di pelosok manapun di indonesia pasti dah nemu tahu isi ini .
tanya aja di abang2 gorengan,pasti ada.
harganya yang murah meriah dan enak .cucok buat lidah2 ndeso kayak kita.....ehhhmmm
maksudnya kayak aku...hihihi...
aku mah paling doyan dengan tahu isi.
apalagi kalau dicocol sama saos cabe. atau di makan bareng cabe rawit..... wewwww...
so hepen...... **so heaven** :P



tahu isi juga enak lho dimakan sebagai lauk.
kalau dirumah mah dijadiin lauk sampingan. kayak tempe goreng atau ikan goreng gitu.
hehehh...aneh ya.... tapi yah..begitulah...
seleranya ndeso banget....
kagak doyan yang keju2an.
sukanya nggak jauh2 dari bakwan , tahu isi dan sambal terasi...halllaaahhhh


resepnya mah pasaran banget.
tapi karna aku baik hati ,manis, fenomenal dan bombastis (protess bisulan).
so aku tulis dah resepnya.... ^_^"

TAHU ISI SAYURAN

bahan :

10 buah tahu ukuran sedang ,goreng hingga garing

bahan isi :
250 gr buncis.potong2 halus
1 buah wortel.potong dadu.kecil2.
1 batang daun bawang.iris serong
100 gr toge(tauge). buang ekornya...:P

bumbu halus :
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt merica
garam secukupnya
masako atau royco secukupnya


bahan pencelup:
100 gr tepung terigu
50 gr tepung beras
1 btr telur
1 bks rocyo yg 500 an
air secukupnya
"semua bahan di campur jadi satu di aduk hingga tidak ada yang bergerindil"


CARA MEMBUAT :

1. tumis bumbu halus hingga harum. masukkan daun bawang .
2. masukkan buncis, wortel masak hingga setengah matang, baru masukkan toge.masak hingga matang.
3. kerat tahu ,atau buat lubang di tahu.keluarkan isi tahu.masukkan sayur yang telah di tumis tadi.
4. balur di adonan pencelup.
5. goreng hingga kuning keemasan.

penambahan telur di adonan pencelup tadi supaya tepungnya lebih krispy dan mengembang.
rasanya pun lebih gurih.
slamat mencoba yahhhh.......

Monday, December 5, 2011

bolu sakura ( caramel steamed cake )

Posted by mimie at 10:36 AM 0 comments Links to this post

senin barokahhh.....
hari ini bertepatan 9 muharram 1433 hijryah....
dan besok selasa 10 muharram...
selamat menunaikan puasa asyura bagi yang melaksanakannya.
semoga amal ibadahnya di terima allah dan mendapat ganjaran yang sebesar2nya...aminnnn.....


selama ini,menurut yang ku baca dan ku pelajari , kita di kehendaki memperbanyak puasa pada bulan muharram ni.
rasul bersabda ; '' puasa yang paling utama setelah puasa ramadhan adalah puasa pada bulan allah-muharram. dan sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah shalat malam".
tapi aku bukan lah orang yang arif dalam menerangkan hal2 seperti ini.
aku hanya sharing ,betapa mulianya bulan muharram ini.
takut nanti ada yang tersalah sangka pula....

ilmu di dada belum seberapa udah bertausyiah pula..ishk..ishk....


nah.... hari ini ceritanya aku mau berposting tentang bolu sakura .
bahasa gaholnya itu caramel steamed cake. aje gile...ampe blepotan nyebutnya.... :)
saudara kita di malaysia sana menyebutnya apam gula hangus.
bolu yang di kukus berwarna coklat ini masih termasuk kedalam marga kue jadul...
alias kue tradisional .
tapi....jadul boleh jadul....rasanya nggak amburadul...hallahhhh

dari aku kecil ampe udah ehmmm....dewasa... rasanya nih kue masih eksis terpajang di bakul2 kue.ntah itu dipasar atau yang kerenan dikit di supermarket.
beda harga tapi rasa mah ngga jauh deh....



aku dapet resepnya dr dapurnya rina.
buatnya cm setengah resep.soalnya kalau bikin satu resep, seminggu bisa nggak abis2.
izin yo mbak rina.aku cilok resepnya......

BOLU SAKURA

Bahan :

500 gr gula pasir
500 ml air matang
220 ml telur ayam (4 butir telur ukuran sedang)
100 mentega lelehkan

Ayak :
450 gr terigu gluten sedang (misalnya segitiga biru)
1 sdm baking powder
1 sdm soda kue


Cara Membuat :

1. Siapkan cetakan bolu sakura, semir dengan mentega hingga rata. Taburi sedikit terigu. Sisihkan.**kalau aku aku olesi pake minyak.menggunakan kuas**

2. Masak 250 gr gula pasir hingga jadi karamel. Tuangi air, jangan diaduk. Masak hingga mendidih. Angkat. Sisihkan. 3. Kocok telur dengan sisa gula pasir hingga kental dan mengembang. Tuangi gula karamel sambil dikocok dengan kecepatan rendah hingga rata.

4. Masukkan terigu, aduk rata. Tambahkan mentega cair secara bertahap sambil diaduk perlahan hingga rata.

5. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai 3/4 cetakan. Kukus selama 15 menit hingga matang. Angkat. Keluarkan dari cetakan.

porsi : bisa untuk lebih dari 50 buah bolu sakura.


untuk satu resep,dapetnya sejibun cinnnnn.....
jadi kalau yang rakyatnya di rumah cuma dikit ,mendingan buat setengah resep aja.
tapi boleh juga dink buat satu resep.
manalah tau....mau ngasi tetangga sebelah tuh. yang lagi pedekate...mau ambil hati calon ibu mertua......
hah...apa tunggu lagi.... buat kuenya......xixixixi
slamat mencoba yah.....
semangatttttttt



Friday, December 2, 2011

food photografi menggunakan kamera poked

Posted by mimie at 2:50 PM 4 comments Links to this post

jumuah mubarakkkkkkk....
bertemu lagi kita dengan hari jumat yang penuh berkah yah....
alhamdulillahhh....dumai di guyur hujan,,,,,^_^
melimpah ruah air...... :)

sebenarnya tadi aku buat pastel lapis.
dan aku jepret pake kamera poked sony DSC W350 ku itu.
udah lama pengen sharing deh tentang food photografi menggunakan kamera poked biasa.
tapi,aku nggak punya keberanian.lawong putu2 ku itu sekenanya aja.ala kadar.
tapi pengen juga berbagi pengalaman yang tak seberapa ini.
tapi maaf sebelumnya,karna aku nggak mahir dalam menerangkan secara formal maka bahasaku ya seadanya aja...hihihi

oklikkkk....kita mulai...
untuk foto di atas ini...
coba lihat deh.... bagian belakang itu,ada blurnya kan (walaupun dikit).
nah untuk mendapatkan blur tersebut,kalau menggunakan kamera ku, jarak lensa dengan objek yang akan di potret harus kecil atau harus deket banget.

ok ok,pertama2 pilih menu.
di sini aku mengunakan iso 100 ,white balancenya auto,metering modenya aku pake spot.
dan tanpa flash.

iso itu untuk mengatur cahaya yang masuk .jadi kalau cahaya kurang,misalnya cuaca mendung,maka isonya bisa di naikkan.
jangan lupa mode nya pake lambang P . aktifkan macronya.biasanya yang berlambang bunga tulip.

maka ntar jika kita jepret titik fokus yang deket, objek yang terletak jauh di belakang akan sedikit ngeblur dan objek yang kita fokuskan akan terlihat jelas.

jadi semakin dekat lensa dengan titik fokus,akan semakin ngeblur bagian belakang dari objek yang kita jepret.
kalau aku, aku tekan sutternya setengah aja.ntar fokusnya akan otomatis cari titik fokus yang jelas (ada bunyi bip..bip..bip).baru kemudian aku tekan sutternya full.
dan yang paling penting adalah nggak boleh goyang (shaking).
so.tangan emang harus steady bukkkkk.....
goyang atau bergetar dikit aja,dapat dipastikan gambar yang terhasil akan ngeblur dan nggak jelas.




nah...kalao putu ini aku motreknya dengan jarak agak jauh.
so,kalau menggunakan kamera poked ,nggak bisa berharap deh dapet blurnya .
tapi tetap menggunakan settingan seperti yang aku tulis diatas tadi.
tapi tanpa blur pun kita bisa mendapatkan putu yang cihuy juga...halllaaahhhh ^_^



untuk foto2 ini, aku motretnya di teras
berhubung tadi lagi mendung nggak memungkinkan aku motrek di dalam ruangan.
biasanya kalau di dalam ruangan,aku motrek di pinggir jendela atau bahkan kadang2 di depan pintu.heheheh.....
dan menggunakan reflektor cinnn....
reflektor ini gunanya untuk memantulkan cahaya agar tidak ada bayangan.
aku bikin sendiri mah reflektornya .dari alumunium foil yang di tempel di kardus atau menggunakan kaca saja.
tapi kadang2 aku ng pk reflektor.liat mud juga.kadang pengen bermain dengan bayang2.seperti foto2 bolkusku itu.aku ng pk reflektor.
jadi kita mah menyesuaikan dengan selera masing2 aja yah.... ^_^



dalam moterk2 makanan mah,kita memang memerlukan imajinasi.
komposisi ,tata letak dan warna sangat memainkan peranan penting.
tapi kadang2 yang minimalis juga indah kok.
aku aja kadang2 suka mati gaya.nggak tau mau style yang gimana...hallahhhh... ^_^
sekedar bocoran...aku sering tuh beli piring atau gelas cuma sebiji2 ajah.wwkwkwk
cuma buat motrek2 doang.
kalu mau ikut selera mah pengen beli itu beli ini.apalagi liat blog2 sifu2 yang propertinya aje gile bagusnya....:(
jadi pengennn......


nah papan inilah yang aku gunakan buat motrek2 pastel lapis di atas.
sengaja ngerayu bapak.....minta di potongin papan yang buat bangku di samping rumah.
bweeehhhh....sambil ngumek sambil motong si bapak.
terkadang aku menggunakan jilbab(tudung) lama sebagai alas atau taplak.terkadang karung (goni) pun aku jadikan taplak. ^_^
nggak keliatan kok.
jadi...pinter2 kita aja memadu padankan apa yang kita punya.
nggak harus bagus dan mahal.
satu lagi.... kamera jenis poked ng mempunyai warna setajem kamera DSLR.
jadi harus kita edit lagi cinnn....
di internet banyak kok yg bisa ngedit foto free.atau di edit di photo shop.
berhubung aku ng pinter pk photo shop aku edit di picnik aja.
mudah2an,penjelasan yang ala kadarnya ini bisa menjadi tambahan buat yang punya kamera poked seperti aku.
practice makes perfect.
semangaaatttttt................