Powered by Blogger.
RSS

Monday, December 5, 2011

bolu sakura ( caramel steamed cake )

Posted by mimie at 10:36 AM

senin barokahhh.....
hari ini bertepatan 9 muharram 1433 hijryah....
dan besok selasa 10 muharram...
selamat menunaikan puasa asyura bagi yang melaksanakannya.
semoga amal ibadahnya di terima allah dan mendapat ganjaran yang sebesar2nya...aminnnn.....


selama ini,menurut yang ku baca dan ku pelajari , kita di kehendaki memperbanyak puasa pada bulan muharram ni.
rasul bersabda ; '' puasa yang paling utama setelah puasa ramadhan adalah puasa pada bulan allah-muharram. dan sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah shalat malam".
tapi aku bukan lah orang yang arif dalam menerangkan hal2 seperti ini.
aku hanya sharing ,betapa mulianya bulan muharram ini.
takut nanti ada yang tersalah sangka pula....

ilmu di dada belum seberapa udah bertausyiah pula..ishk..ishk....


nah.... hari ini ceritanya aku mau berposting tentang bolu sakura .
bahasa gaholnya itu caramel steamed cake. aje gile...ampe blepotan nyebutnya.... :)
saudara kita di malaysia sana menyebutnya apam gula hangus.
bolu yang di kukus berwarna coklat ini masih termasuk kedalam marga kue jadul...
alias kue tradisional .
tapi....jadul boleh jadul....rasanya nggak amburadul...hallahhhh

dari aku kecil ampe udah ehmmm....dewasa... rasanya nih kue masih eksis terpajang di bakul2 kue.ntah itu dipasar atau yang kerenan dikit di supermarket.
beda harga tapi rasa mah ngga jauh deh....



aku dapet resepnya dr dapurnya rina.
buatnya cm setengah resep.soalnya kalau bikin satu resep, seminggu bisa nggak abis2.
izin yo mbak rina.aku cilok resepnya......

BOLU SAKURA

Bahan :

500 gr gula pasir
500 ml air matang
220 ml telur ayam (4 butir telur ukuran sedang)
100 mentega lelehkan

Ayak :
450 gr terigu gluten sedang (misalnya segitiga biru)
1 sdm baking powder
1 sdm soda kue


Cara Membuat :

1. Siapkan cetakan bolu sakura, semir dengan mentega hingga rata. Taburi sedikit terigu. Sisihkan.**kalau aku aku olesi pake minyak.menggunakan kuas**

2. Masak 250 gr gula pasir hingga jadi karamel. Tuangi air, jangan diaduk. Masak hingga mendidih. Angkat. Sisihkan. 3. Kocok telur dengan sisa gula pasir hingga kental dan mengembang. Tuangi gula karamel sambil dikocok dengan kecepatan rendah hingga rata.

4. Masukkan terigu, aduk rata. Tambahkan mentega cair secara bertahap sambil diaduk perlahan hingga rata.

5. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai 3/4 cetakan. Kukus selama 15 menit hingga matang. Angkat. Keluarkan dari cetakan.

porsi : bisa untuk lebih dari 50 buah bolu sakura.


untuk satu resep,dapetnya sejibun cinnnnn.....
jadi kalau yang rakyatnya di rumah cuma dikit ,mendingan buat setengah resep aja.
tapi boleh juga dink buat satu resep.
manalah tau....mau ngasi tetangga sebelah tuh. yang lagi pedekate...mau ambil hati calon ibu mertua......
hah...apa tunggu lagi.... buat kuenya......xixixixi
slamat mencoba yah.....
semangatttttttt



0 comments on "bolu sakura ( caramel steamed cake )"

Post a Comment