Powered by Blogger.
RSS

Thursday, October 6, 2011

pastel lapis

Posted by mimie at 10:32 AM




ini kue yang kubuat semalam.untuk acara tahlilan 40 hari meninggalnya mbah.
sebenernya udah lama banget aku pengen buat pastel lapis ini.tapi kok takut gagal.di kotaku ada yang jual.di depan besta.mahal banget.kecil banget.biasanya skali makan 4 buah....wkwkwk
secara imut banget.sekali ngaaapppp...... langsung ilang dr pandangan mata..heuheu ...:P
dan beberapa waktu lalu...aku sengaja berlama2 di tempat orang yg jual pastel lapis itu.
ku amat2i bener mereka bikin tuh pastel.
ampe di pandang sinis...ahahhah
langsung ngacir dah saia..... #malu



percobaan pertama kali ini...spiralnya alias lapis2nya belum seberapa keliatan. tapi lumayanlah ... besok2 nyoba lagi..... :)

so...di sini aku copas resep dan caranya dari blognya mbak lukie ...
izin copas ya mbak.... ^_^

pastel lapis

adonan pastelnya terdiri dari 2. satu adonan terigu dan minyak.satunya lagi adonan margarin.
adonan margarinnya di uleni ampe berminyak.

Bahan :
A
150 gr tepung terigu
75 gr shortening (aku pake mentega putih kiloan ajah.... :D )

B
350 gr tepung terigu
75 ml minyak sayur
kurleb 150 ml air dingin (sesuaikan hingga adonan kalis dan mudah dipulung)
1 sdm garam


cara membuat :

1. Uleni bahan A hingga kalis, licin dan berminyak, serta mudah dipulung. Jadikan 4 buah bulatan
2. Campur terigu, garam dan minyak sayur, serta masukkan air dingin sedikit demi sedikit sambil uleni hingga kalis. Bagi adonan B menjadi 4 buah bulatan juga.
3. Amati gambar proses dibawah ini
4. Isikan tiap adonan A ke dalam tiap adonan B seperti mengisi selai pada nastar atau unti pada onde-onde.
5. Sehingga kita mempunyai 4 adonan besar
6. Gilas adonan B yang sudah berisi adonan A hingga rata menjadi sebuah lingkaran (gambar 3)
7. Bagi dua lingkaran (gambar 4) dan masih masing setengah lingkaran digulung
8. Gilas gulungan adonan sampai pipih memanjang, kemudian gulung kembali
9. Bagi setiap gulungan terakhir menjadi 4 bagian, pipihkan
10. Isi dengan adonan raugut, irisan telur, oles dengan air tepiannya, pilin berkeliling.
11. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang.
12. Sajikan hangat dengan cabe rawit, sebagai ta’jil ;)


untuk step2nya...silahkan ke blognya mbak lukie ya...... ^_^"

0 comments on "pastel lapis"

Post a Comment