Powered by Blogger.
RSS

Monday, January 28, 2013

SAMBAL GORENG HATI DAN KRECEK

Posted by mimie at 9:35 AM


Assalammualaikum wwb.....
beberapa hari lalu lihat mbak rina audie mostingin sambal goreng hati dan krecek.
langsung ngidam deh....
secara itu lauk favoritku. di rumah kalau ada acara kenduri atau wirid, pasti lauk ini tidak ketinggalan.
hanya saja kami tidak menggunakan krecek. 
bagi yang tinggal di sumatra ,kita menyebut krecek itu kerupuk jangek.
dan ternyata penambahan si krecek aka kerupuk jangek ini menambah enak sambal gorengnya...
widihhh.....jadi nambah2 deh....^_^
apalagi ada pete...... wahhhhhh....lebih cetar membahana ulala.....xixixixi
agak aku derhakakan dari resep asal sedikit...
aku menambahkan kecap manis dan hati empelanya tidak di rebus. tapi langsung di goreng hingga matang.
hati2 ya ketika menggoreng hati empelanya, karna mudah meletus.
sebaiknya wajanya di tutup supaya tidak mencrot kesana kemari.

ijin naroh resepnya yo mb rina cantik..... ^_^
barakallah ilmunya....







SAMBAL GORENG HATI DAN KRECEK
rujukan resep : DAPUR MANIS

Bahan :

4 butir kentang ukuran sedang, kupas, potong dadu
4 bh ampela ayam, rebus, potong dadu
4 bh hati ayam, rebus, potong dadu
50-75 gr krecek/krupuk kulit
1 papan pete, kupas, potong 2
200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
300 ml santan encer (dari sisa perasan santan kental tadi)
2 bh cabe merah besar, potong bulat tipis
3 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam

1 bungkus kecap manis Rp.500 ~aku tambah
1 batang serai, memarkan
sepotong kecil lengkuas
garam, gula, merica bubuk secukupnya


 Bumbu halus :

10 butir bawang merah ~ aku pake 8 siung. yang 2 siung di iris2
5 siung bawang putih
2 bh cabe merah besar ~ aku pake 5
3 cm kunyit
3 butir kemiri


Cara membuat :


1. Goreng kentang dalam minyak yang banyak sampai matang. Angkat dan tiriskan.


2. Panaskan kembali sedikit minyak, tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas. Tumis sampai bumbu halus agak matang.


3. Masukkan pete, ampela dan krecek, aduk rata. Biarkan krecek agak layu dan sedikit mengempis. Tuangi santan encer dan biarkan mendidih. Beri garam, gula dan merica.


4. Setelah santan agak menyusut, masukkan kentang, ati dan cabe merah. Tuangi santan kental dan biarkan mendidih. Cek rasanya. Masak sampai bumbunya agak meresap kemudian matikan apinya.

4 comments on "SAMBAL GORENG HATI DAN KRECEK"

Rina Audie on January 28, 2013 at 9:56 AM said...

aaaawww....begitu buka blog langsung disuguhi sambel goreng favorit....
aduh langsung ngeces beneran, perut juga kriuk-kriuk nagih minta diisi lagi....
mb mimiiiiiieeee....dirimu wajib tanggung jawab nih.....

mimie on January 28, 2013 at 1:49 PM said...

wahahaha...... kabur ah..... ^_^

Ayu Mardiyani on January 28, 2013 at 4:53 PM said...

Selama BW ke blognya Mbak Rina dan Mbak Mimie jd tau kalo ternyata sambal goreng itu pakai santan ^^
Biasanya kalo emak masak sambal goreng gak dipakein santan. Biasa aja gitu. Pasti lebih gurih y mbak.. :)

mimie on January 28, 2013 at 5:03 PM said...

to ayu : lebih lemak yu kalau pake santan.
dan nggak kerasa kering gt... ^_^

Post a Comment