Powered by Blogger.
RSS

Monday, January 14, 2013

krupuk kuah , jajanan dulu2

Posted by mimie at 9:33 AM


assalammualikum wwb....
tentu kita semua punya jajanan vaforit ketika anak2 ya...
aku sendiri ketika jaman sekolah dasar sangat menyukai kerupuk kuah.
mungkin yang tinggal di sekitar riau dan sumbar nggak asing lagi dengan kerupuk kuah ini.
sebenernya hanya kerupuk ubi(opak) yang di beri kuah sate dan mie goreng.
tapi.. menurutku kok enak banget.
selain murah waktu itu, juga mengenyangkan....eheheh
kalau sekarang sudah sulit menemui jajanan ini.
adapun, kebersihannya di ragukan.... -____-"




so kemaren, iseng aja buat sendiri,
kerupuknya menggunakan kerupuk ubi (opak) yang banyak di jual di pasar.
mie gorengnya aku buat dari so un. biar beda aja....
dan kuah satenya aku pake resep di sajian sedap.aku modif sedikit.
rasanya pas menurutku. kayak kuah sate yang di jual uda2 itu...^_^

KUAH SATE PADANG
sajian sedap 

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah

3 siung bawang putih (aku tambah)
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh merica
1/4 sendok teh jintan
3 cm kunyit
2 cm jahe


1 cm lengkuas
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh garam 

1 lembar daun salam (aku tambah)
50 gram tepung beras + 50 ml air 
 750 ml. air kaldu

cara membuat :

1. haluskan semua bumbu halus.
2. tumis hingga harum.
3. tambahin air kaldu. masukkan daun salam , lengkuas. biarkan mendidih
4. masukkan campuran tepung beras.
5. aduk2 hingga meletup2.
6. lakukan tes rasa.
7. siap di gunakan.




4 comments on "krupuk kuah , jajanan dulu2"

Rina Audie on January 14, 2013 at 5:02 PM said...

emang ya jajanan masa kecil sering bikin kangen.
sayangnya jajanan jadul kita banyak yang udah nggak ada. Diganti dengan jajanan nggak sehat, hiks....

mimie on January 15, 2013 at 8:55 AM said...

ya mbak rina.
kangen banget sm jajanan masa kecil.
sekarang banyak snack instan. ngerih lihat acara di tv yg produsennya ngambil jalan singkat supaya laku.

selmawahida on November 4, 2013 at 6:38 PM said...

Aduuuh makanan favoritku banged ni....kebetulan saya dri pekanbaru mbak, tp skrg stay di madinah. Slm kenal ya mbak, maap ni blognya saya pelototin, resepnya saya copas, tp tenang aja, dicantumin sumbernya kok.

Selma

mimie on November 6, 2013 at 12:59 PM said...

to selmawahida : wahhh.... ada orang pekanbaru...
salam kenal juga...
silahkan di copas..semoga bermanfaat... ^_^
salam buat kota madinah ya...

Post a Comment