Powered by Blogger.
RSS

Wednesday, January 16, 2013

MIE ACEH

Posted by mimie at 10:12 AM


Assalammualaikum wwb...
hari sabtu yang lalu, lihat acara wisata kuliner di trans tv.
si pak bondan mak nyus nyobain mie aceh titi bobrok di medan.
ngelihat mie yang berkuah kemerahan2 itu ..alamakkkk...
langsung mengidam.... mengalahkan mbak ummu fatima pula aku...
hai umm..... semoga tetap sehat yo umm...^_^ #lambaikan tangan ke jepang

mie aceh ini ,mie yang kaya bumbu.
kalau menurutku kayak mie kari deh. karna bumbunya emang seperti bumbu kari.
apalagi penambahan kepiting.... hadusshhhh....
bayangain wanginya saja bikin nggak sabar pengen coba.
tapi karena aku lagi nggak ada stock kepiting (emang nggak pernah beli...mahal jeng ...:P)
aku pake udang aja,,,,,
walllahhh........ enaknya cetar membahana badai halilintar ulala......
apalagi bikinnya pedes..... mak gobyos deh.....ehheheh

lumayan....dari pada makan mie instan....weeee....ngerih..

sekarang memang lagi mengurangi menyantap yang instan2 atau yang kaleng2an.






MIE ACEH
ala jasmin kitchen

bahan :

250 gr mie telor ~ seduh air panas , tiriskan
250 gr udang ~ buang kepala dan kulitnya. sisakan ekor, kerat bagian atas udang.buang kotoranya.
bakso (meat ball) ~ sesuai selera
1 batang daun bawang ~ iris serong
1 lembar daun salam
1/2 buah tomat ~potong dadu
1 butir telur ~ di buat telur orak arik
bawang goreng
kerupuk
air secukupnya

bumbu halus :

5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
1/4 sdt jintan
1/4 kuntum bunga lawang
1 buah kapulaga
5 buah cabe merah ~sesuai selera
1 sdm ebi ~rendam air panas


cara membuat :

1. tumis daun bawang hingga layu. masukkan bumbu halus .tumis hingga wangi
2. masukkan udang dan bakso. juga daun salam dan tomat.tumis sebentar
3. tuang air secukupnya. biarkan mendidih
4. masukkan mie dan telur orak arik. aduk aduk. 
5.lakukan tes rasa. 
6. hidangkan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk.

2 comments on "MIE ACEH"

Autis Menawan (Ayu M) on January 17, 2013 at 11:57 AM said...

Haaa.. Ini baru mantap..! Haha :D
emang sengaja pake mie telor y mbak mimie? Krn biasanya mienya wrn oren agak pipih.
Mie aceh tibo (titi bobrok) emang enak. Gak pake kepiting pun udah enak. Porsinya buanyaak harganya murah (cuma 8rb seporsi) aplg yg pake kpiting lbh ajib. Cukup sering jg mkn mie aceh tibo krn gak begitu jauh dr kampus dan tempatnya searah jalan pulang ke rumah
#info gak penting. Hihi..

mimie on January 17, 2013 at 1:10 PM said...

to ayu :
ya yuuuuuuuuuu...#teriak dr dumai
enaknya cetar membahana badai ulala...xixixi
mbak pengen ke tibo itu...
besok kalau ke medan anterin yo..... ^_^

Post a Comment