Powered by Blogger.
RSS

Sunday, February 3, 2013

PANDAN CHIFFON CAKE

Posted by mimie at 4:50 PM



Assalamualaikum wwb.....
hari ini buat chiffon cake pandan.
cake yang lembut seperti kapas.
tergoda penampakan chiffon cakenya maysarah bakri temen fb ku.
di rumahku ini salah satu fav. apalagi si bapak.
bapak bilang,'' kuenya kurang padet. kue kok seperti kapas. nggak bikin kenyang.''
wahahaha....ketawa dengernya. lucu banget si mbah kakung.
namanya juga chiffon cake pak...kalau bikin kenyang itu mah butter cake...eheheh
untuk resep ini memang menggunakan telur yang cukup banyak.
soalnya, aku punya loyang yang besar. jadi ya cari resep yang sesuai.
kalau teman2 punya loyang yang kecil ,mungkin cukup menggunakan setengah resep saja.
    




chifon pandan
(resep dr tabloid koki)

bahan I:
160 gr terigu
1/2 sdt garam halus
8 btr kuning telur
100 ml santan
100 ml minyak sayur
pasta pandan

bahan II:
8 butir putih telur
175-200 gr gula
1/2 sdt cream of tar tar atau 1 sdt air jeruk nipis

Cara membuat:
  1. campur terigu dan baking powder hingga rata.ayak dan buat lubang di bagian tengah terigu
  2. canpur kuning telur,santan,dan minyak,aduk rata.tuang campuran kuning telur dalam lubang terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.sisihkan
  3. kocok putih telur hingga setengah kaku
  4. masukkan gula pasir dan cream of tar tar sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga soft peak .masukkan ke dalam adonan terigu sedikit demi sedikit sambil di aduk perlahan.
    soft peak : bila mixer di angkat angkat terbentuk jambul di ujung mixer. jambul itu akan tegak tapi akan mengarah kebawah pada ujungnya.
  1. panggang dgn suhu 160c hg matang.
  2. balik segera loyang yang berisi kue hingga dingin

tips  

1.pastikan alat yang di gunakan untuk mengocok putih telur bebas dari air dan lemak.lemak dan air yg menempel pada alat bisa menyebabkan putih telur tidak mengembang dan kaku.

2.agar putih telur mengembang dan kaku,masukkan gula sedikit demi sedikit dalam putih telur yang sudah di kocok setengah kaku sambil terus di kocok hingga gula habis.

3.tanda putih telur sudah kaku jika di ambil dgn spatula putih telur menempel tidak jatuh,atau jika kom berisi adonan putih telur di balik tidak tumpah

4.loyang tidak perlu di oles terlebih dahulu.pengolesan dpt mengakibatkan cake tidak mengembang sempurna.

5.saat mengaduk campuran terigu jangan terlau kuat,begitu juga saat  mencampurkan putih telur ke adonan terigu

6.segera balik adonan yang sudah matang agar kue tidak mengempis..

7.untuk mengecek kematangan chiffon cake gunakan bantuan lidi yang bersih dan tipis.jika lidi di masukkan dalam adonan dan tidak ada adonan yang melekat berarti chiffon cake sudah matang.saat mengecek,biarkan chiffon cake tatap diatas rak oven.


8.selain dgn bantuan lidi,untuk mengecek apakah chiffon cake sudah matang atau tidak,bisa dengan cara ditekan perlahan permukaanya.jika setelah di tekan adonan kembali seperti bentuk semula berarti chiffon cake sudah matang.
jika bagian atas kurang kering, cake akan mimpes setelah dingin.


9.agar tepi dan dasar chiffon cake rata permukaanya,saat mengeluarkan chiffon cake gunakan bantuan pisau yang panjang,tajam dan tipis.caranya selipkan pisau diantara loyang dan cake kemudian gerakkan memutar mengelilingi tepi loyang,gerakanya jangan naik turun.



13 comments on "PANDAN CHIFFON CAKE"

Yuandini Ariefka on October 14, 2013 at 4:33 PM said...

Mbak, q coba bikin chiffon pandan tp kok ngembangnya pas panas aja y?
Klo sdh dingin jd kempes n bantat, kira2 apanya y mbak yg slh?

mimie on October 15, 2013 at 11:38 AM said...

to Yuandini Ariefka : gagal bikin chiffon bayk sebabnya mb.
api yg terlalu besar bs jg...atau belum mateng benar,
chiffon yg udh mateng sempurna akan membal kalau di tekan mbak.
atau adonan tdk tercampur sempurna.
ayo di cb lg mb. nanti bakalan tau salahnya di mana...

Anonymous said...

Sy dah cb oenak

Anonymous said...

Baking powdernya ΒɐԄªþª banyak tuh mbak?

mimie on December 23, 2013 at 4:51 PM said...

sedikit saja mbak...
setengah sendok teh... :)

Anonymous said...

( •̃͡-̮•̃͡) /(y)
< ok
_/ \_ makasih mbak

mimie on December 25, 2013 at 1:29 PM said...

sama sama mbak...
BTW ini dgn siapa ya... eheheh

Anonymous said...

Mbak K̶̲̥̅̊ø̲̣̣̥q g buat chiffon kek na yang pertma g buat kan kepenuhan jadi adonannya g bagi jadi 2 tp setelah mateng K̶̲̥̅̊ø̲̣̣̥q malah yanG gian bawah п̥̥ÿ̲̣̣̣̥ȃ yang ngempis y mbak?? Apa yang salah y mbak? By iin

mimie on December 31, 2013 at 9:21 AM said...

to iin : waduh nggak tau jg ya.
atau terlalu banyak mengaduk mungkin mbak..bisa juga terlalu kaku nemgocok putih telurnya,
cb lain kali bikinnya setengah resep saja...

Linda Tjong on December 25, 2015 at 1:18 PM said...

Mbak boleh nny.. Gimana cara nya agar chiffon bagian atas bisa kering..?? Soalnya bbrp x coba basah...
Biasa panggang brp lamaa ya mbak??? Tq

Linda Tjong on December 25, 2015 at 1:19 PM said...

Mbak boleh nny.. Gimana cara nya agar chiffon bagian atas bisa kering..?? Soalnya bbrp x coba basah...
Biasa panggang brp lamaa ya mbak??? Tq

Linda Tjong on December 25, 2015 at 1:20 PM said...

Mbak mau nnya.. Knp ya asal aku buat chiffon bagian atas nya basah.. Gimna caranya agar tdk basah?? Uda di panggang 1 jam tetap basah juga... Thanks

mimie on December 26, 2015 at 2:07 PM said...

Linda Tjong : menggunakan oven apa mb.... ? kalau saya, hampir 1 jam lebih mb... jika permukaannya blm kering saya tambah lg waktu pemanggangannya...

Post a Comment