Powered by Blogger.
RSS

Friday, February 22, 2013

KUE WINGKO BABAT

Posted by mimie at 10:24 AM


Assalammualaikum wwb......
salam jumat semua.... ^_^
hari ini ingin cerita tentang kue wingko babat yang aku buat tadi malam.
pernah terdengar panganan ini duluuuuu.....
aku sangka, si wingko babat ini makanan yang terbuat dari babat... ya babat...perut sapi...errkkkk
ternyata setelah mbak citra mostingin wingko babat beberapa waktu lalu, baru tau yang wingko babat ini panganan yang terbuat dari tepung ketan/pulut yang rasanya manis legit. wangi santan.






Dan dua hari yang lalu si rin adekku pulang kerja bawa si wingko babat ini.
seumur2 aku baru tau dan baru ngerasa kue ini.
mungkin seperti mbak citra bilang, karena kue ini jajanan daerah asal jawa makanya jarang di jumpai di sumatra ya...
atau barangkali karena aku aja yang kuper....eheheeh
kepincut sama rasanya aku langsung hunting resepnya di blog mbak citra.
alhamdullilah ...jadi ,dan enak rasanya.
kalau mb citra suka wingko yang agak lembut, aku suka wingko yang agak krenyes2 kulitnya.
jadi aku oven agak lama... ^_^
aku cetak di cetakan kue lumpur dan aku oven dengan cetakannya sekaligus.
atau bisa juga kalau nggak mau ribet langsung di masukkan ke loyang dan di oven.
tapi menurutku, masih kemanisan. udah aku kurangi 50 gr gulanya pun masih manis.
atau karena akunya udah manis kali ya....
eh,,,,,, kenapa ?????
kok manyun ???? protes ..????? 
di larang protes ,ntar di kutuk jadi kera sakti lho..... wahahahahahahah ... :P






Wingko Babat
rujukan resep : simply cooking and baking

Bahan-bahan :

150 gram tepung ketan putih 

300 gram kelapa parut kasar 

1/8 sendok teh vanili bubuk 

1/4 sendok teh garam 

200 gram gula pasir 

1 butir telur 

150 gram santan kental 


Cara Pengolahan :

Campur tepung ketan putih, kelapa parut kering, garam, dan gula pasir. Remas-remas sampai gula larut.
Tambahkan telur. Aduk rata. Tuang air/santan encer dan santan kental sedikit demi sedikit sambil diuleni rata. Aduk rata.
Tuang adonan di loyang persegi 18 cm. 
Panggang hingga matang,
Lalu keluarkan wingko. Olesi permukaannya dg kuning telur.
Panggang kembali hingga permukaannya kuning kecoklatan (kurang lebih 5 menit).
Atau bisa jg di panggang di wajan datar hingga matang.





4 comments on "KUE WINGKO BABAT"

Ayu Mardiyani on February 22, 2013 at 12:43 PM said...

Kutukannya kejaaamm.. >.<

Iya d medan jg gk pernah liat wingko babat. Baru tau makanan ini semenjak rajin blogging. Enak mbak?
#curious

mimie on February 22, 2013 at 1:09 PM said...

eheheh..... kalau di kutuk jadi DSLR kayaknya lumayan ya yu....:P

enak yuuuu...buat deh...ng bakalan nyesel

Rina Audie on February 22, 2013 at 3:15 PM said...

nyam nyam nyam enakeeeee.....numpang ngiler.
sayang aku lagi nggak bisa ngapa-ngapain.Tepar kena thypus euy.Harus bedrest selama 7-10 hari, hiks.....
gak bisa ngeblog juga....

mimie on February 22, 2013 at 3:24 PM said...

mbak rinaaaaaaaaaaa.....
sayfakillah yo mbak.... semoga cepat di ber kesembuhan..
baru kemaren ngobrol di inbox.
ya udah, nggak usah ngeblog2 dulu...
biar istirahalnya pull... #hug
cepat sembuh mb.... :)

Post a Comment