Powered by Blogger.
RSS

Monday, February 25, 2013

apple bread pudding

Posted by mimie at 6:03 PM


Assalammualaikum wwb.....
sudah lama sebenernya ingin mencoba bikin bread pudding alias puding roti ini.
bahan dan step2nya kayaknya juga mudah.
hanya saja aku agak maju mundur...
doyan nggak ya orang di rumah. mengingat pemakaian telur dan susu.
takut berbau amis ... kan percuma kalau bikin nggak di makan.
tapi bismillah aja.....
moga2 aja adek2ku dan bapak suka...buat mamak.....eitss...jangan dekat2... itu manis mak...
ntr gula darahnya naik lagi.....ehehehe
resepnya aku dapat dari dapurnya ummu fatima..
aku kalikan 3 dari resep mbak citra.
soalnya ponakan datang, dan mbak sepupu dan anaknya juga di rumah. jadi bikin banyak dikit.. :)
alhamdullilah.... yang di buatin lumayan suka...
kalau aku....hmmmm....cukup sepotong....hihihi....

lain kali mungkin coba mengurangi jumlah susu dan telurnya supaya nggak cepet eneugh ya...
dan penambahan apelnya menambah rasa si puddingnya.... :)



BREAD PUDDING
rujukan resep : simply cooking and baking
Bahan :
6 lembar roti tawar, potong kotak (kira2 450 gr roti tawar)
6 butir telur
240 gr gula pasir
600 ml susu cair (bisa di kurangi, bila ingin puding yg teksturnya lebih padat)
1/2 sdt kayu manis bubuk (aku nggak pake)

Taburan :
1 sdm kismis atau secukupnya
almond slice secukupnya (aku nggak pake )
irisan apel tipis


 Cara Membuat :

Aduk telur dan gula, gunakan ballon whisk hingga gula larut, tuangi susu sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk hingga rata, saring, beri kayu manis bubuk. Aduk rata.
Menggunakan pinggan tahan panas, atur roti tawar berbaris rapi. atur kismis dan irisan apel.atur lagi roti di atasnya.Siram dengan adonan susu sambil ditekan-tekan dengan garpu, biarkan roti terendam.
Taburi kismis dan almond slice secara acak. Panggang dalam oven 180 deg C selama 38-45 menit atau hingga matang. (aku lebih dari 1 jam pake oven tangkring)
Angkat, dinginkan dan sajikan 




4 comments on "apple bread pudding "

Rina Audie on February 26, 2013 at 7:49 AM said...

pake pisang enak juga lho mb mimie...
aku pernah tuh bikin ginian tapi pake pisang, laris di rumah....

mimie on February 26, 2013 at 10:47 AM said...

kemaren kebetulan lagi nggak ada pisang mbak rina.
di rumahku agak kurang laku mb...
mungkin karna bau telur itu ya.. ehhehee

Ayu Mardiyani on February 27, 2013 at 2:33 PM said...

Iya kayaknya telurnya kebanyakan mbak sampe 6 butir, krn rotinya cm 6lbr barangkali 4 btr aja cukup (sotoy) hehe... Pengen coba tp blm pny pinggan tahan panas

mimie on February 27, 2013 at 3:26 PM said...

ya,,,kayaknya kebanyakan telur yu,,,
pake loyang aja yu....eheheh

Post a Comment