Powered by Blogger.
RSS

Thursday, February 14, 2013

KALIO HATI SAPI

Posted by mimie at 3:11 AM


assalammualaikum wwb.....
hari ini postingannya kalio.
maklum ,kami orang sumatra memang nggak bisa jauh2 dari kari dan gulai.
apalagi aku yang tinggal di bumi melayu dan dekat dengan ranah minang.
seleranya bawaannya yang pedes2 aja.

kalio sapi ini sebenernya udah beberapa hari yang lalu.
bude ku ngantar hati dan limpa sapi ngajubillah banyaknya.
jadi di rumah di masak kalio aja.
bumbunya memang rada banyak.
sedikit mirip rendang tapi tidak sekering rendang.
maknyus deh pokoe....
     




bahan:

500 gr hati / limpa sapi potong2 sesuai selera
1 bh bawang bombai, cincang halus
4 siung bawang putih *
5 siung bawang merah *
1 ruas jari jahe *
1 ruas kunyit *
 

4 bh cengkih
1 sdm ketumbar, haluskan *
1 sdt jintan *
100 gr cabe merah kering .rendam air panas*
100 gr cabe merah keriting **sesuai selera***
½ sdm kari bubuk
500 ml santan kental
160 ml kaldu
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 batang serai
4 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun salam

 cara membuat:

1. haluskan semua bahan yang bertanda *
2. tumis bawang bombay hingga layu. masukkan bahan2 yang telah di haluskan
3. masukkan cengkih kari bubuk serai dan merica. tuang kaldu bubuk.
4. tumis hingga harum,masukkan hati sapi .tuang kaldu
5. masukkan santan daun jeruk dan daun salam.
6. masak hingga matang dan santan berkurang.




2 comments on "KALIO HATI SAPI"

Rina Audie on February 13, 2013 at 6:33 PM said...

huwaaaa....dimakan pake nasi anget bikin lupa sama timbangan badan nih...
berarti selama ini kalo aku bikin rendang masih agak basah/ada kuahnya namanya kalio dong. Ups salaaaaahhhh......

mimie on February 14, 2013 at 9:11 AM said...

eheheh...iya mbak....
yang darah tinggi harus hati2 mbak....xixixi
kalau kalio memang sedikt basah mb...kalau rendang agak kering gt kalau di tempatku...

Post a Comment