Powered by Blogger.
RSS

Monday, November 21, 2011

pisang molen

Posted by mimie at 3:19 PM 0 comments Links to this post

monday blues... -___-"

hisss.... apalahhhh aku ini.....mana ada mandeiblus..... ^_^
hari senin itu hari yang diberkahi. hari lahirnya rasul.dan hari di bentangkannya segala amal kita.seperti hari kamis jugak...
bukan apa.... hari ini kebetulan hujannnnn aja dari pagi. ditambah maag (gastrik) yang kambuh.
body rasanya greges2 dan dingin gitu. mana lambung nyeri juga...
kalau udah gini, bawaannya cepet capek bo.. :(
ya allah.... mudah2an sakit ini bisa menggugurkan dosa2 kecil ku ....amin.

dalam sakit2 pun...hati bergairah kalau ingat ntar malam...
final antara malaysia dan indonesia....
horeeeyyyy....... go go pasukan garuda..... ^_^
doa ku dan semua pendukungmu agar tim merah putih bisa mengharumkan indonesia tercinta.
dan semoga kedua tim memberikan permainan terbaik mereka ya.
no cheating2...... :)
disaat setiap hari kita di cekokin dengan berita tentang politik2 yang
entah berantah..
sekurang2nya berita prestasi tim merah putih bisa mengobati hati rakyat indonesia yang sudah bosan dengan tingkah laku para politisi abal2 yang sok keminter itu...:P

nahhh.... oleh itu...
dengan sedikit tekad,ku gairahkan tangan buat cemilan ntar malam.
karna di rumah lagi ada pisang, sokkk...aku bikin pisang molen aja.
resepnya aku dapat dari tabloid koki....
yahh...lumayan buat cemilan ... biar tenaganya kuat buat teriak2 ntar malam...xixixixi

PISANG MOLEN

bahan:

pisang secukupnya **aku belah 2**
500 gr terigu
1 btr telur
100 gr gula pasir
150 ml air
75 ml minyak goreng
1 sdt vanily



cara membuat :

1. campur telur,gula,air,minyak dan vanily.aduk rata
2. masukkan terigu ke kom adonan.tuang campuran telur tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan kalis.
3. tipiskan adonan dengan gilingan mi hingga benar2 tipis.
4. lilitkan kulit ke pisang hingga tertutup permukaannya.
5. goreng hingga kuning kecoklatan
6. angkat dan tiriskan.

untuk menghasilkan molen yang krispi pastikan adonan kulitnya bertekstur lebih lembek dari umumnya adonan kulit molen.
kalau aku, aku tambahkan serutan coklat blok ke pisang.jadi molen pisang coklat gitu deh.


Sunday, November 20, 2011

pao (steam bun)

Posted by mimie at 9:44 AM 0 comments Links to this post

happy weekend every one.....^_^
dumai sekarang lagi musim hujan.bagaimana dengan kota anda....???
wew..... sejuk sepanjang hari.... suka deh kayak gini.nggak gerah.
mudah2an cuma hujan aja ya...nggak pake angin segala.
parno sama angin puting beliung yang melanda kota dumai beberapa waktu lalu.
jangan lagi deh...takut makkkk......#lebay


kali ini ceritanya tentang pao.
kebiasaan dirumah tuh setiap sore sukanya nonton sun go kong dan kawan2.
itu loh... drama journey to the west. kayaknya..si monyet itu suka banget dengan pao ya. xixixi
jadi kepengen deh....
cari2 di mbah gugel resepnya..... nemu di my recepy .kok kayaknya nggak ribet2 amat buatnya.
ngulinya pun nggak kayak buat donat yang bikin tangan pegel.
so,sore kemaren nyoba. dan ternyata sodara sodara....
pao ku lembut dan enakkkkkkkk.
makasih kak fida yang telah berbagi resep.
aku contek resepnya ya..... tapi aku derhakakan dikit dari resep awal ^_^


aku share deh resepnya..

PAO
resep kak fida

bahan:

500 gram tepung hongkong **aku pake terigu segitiga**
50 gr gula halus

250 ml air hangat
1 bks yis instan
1 sdm baking powder
1 sdt garam halus
40 gr shortening
isian sesuai selera **aku pake isian sayur**


cara membuat :

1. campur jadi satu terigu ,gula halus , yis instan ,baking powder dan air suam.
2. uleni hingga setengah kalis.
3. masukkan shortening dan garam halus.uleni hingga kalis.jika masih lengket tambahkan sedikit terigu hingga adonan kalis.
4. istirahatkan adonan 30 menit.jangan lupa tutup dengan plastik atau serbet basah
5. kempeskan adonan.ambil sdkt adonan ** 40 gr**.leperkan.isi dengan isian.bentuk bulat
6. alasi dengan kertas atau daun pisang. diamkan lagi hingga dua kali ganda besarnya.
7. kukus 10 menit di kukusan yang telah banyak uap airnya. jangan terlebih mengukus. ntar paonya keriput...:p



aku kemaren menghasilkan kurleb 20 buah pao yang sedang bentuknya.
lumayannnn.... buat sore...pagi masih enak lho.di kukus bentar dan bisa buat sarapan.... ^_^

Friday, November 18, 2011

REMPEYEK req santi siauce...^_^

Posted by mimie at 3:56 PM 2 comments Links to this post


jumuah mubarakkkk

ishhh...nggak kerasa ya... merem melek..merem melek...udah jumat lagi..
rasanya kok bumi cepet banget berputar... mau ngalahin planet jupiter kali ya.... -___-''
tapi.... alhamdullilah ya..sesuatu....masih di beri kesempatan buat melek
lagi...
kalau merem melek....meremmmm trusss.... meleknya di aherat kan haru biru jadinya... :)

dah ah....
serem ngomongin yang begituan...
kali ini N3 ku tentang rempeyek.
mamak mah biasa buat rempeyek kalau ada acara2 kenduri gitu. kata mamak,orang2 tua sukanya rempeyek,nggak doyan bolu2an... :)
dan kebetulan santi.... temen adekku rin pur,dari kemaren pengen resep rempeyek.
tapi..alahaiiii.....maaf le cik santi ooiiiiii.... mau sms resepnya,males puolllll....xixixi
jadi saia share di blog aja yah.....


REMPEYEK

bahan :

500 gr tepung beras

2 btr telur

500 ml santan dari sebutir kelapa.jika ingin tipis, tambahkan santan
4 siung bawang putih
*
5 lembar daun jeruk purut * ( bisa juga di rajang halus)
2 ulas kencur *
3 cm kunyit *
1 sdm ketumbar *
250 gr kacang tanah

cara membuat :

1. haluskan bahan2 yang bertanda *
2. campur tepung beras , telur ,santan dan bumbu yang dihaluskan
3. aduk hingga rata dan halus
4. cetak di tepi bagian dalam belanga. (seperti di siram ke tepi belanga berbentuk memanjang).jangan lupa beri kacang tanah sebelum di cetak.
5. siram2 dengan minyak panas adonan rempeyek hingga terlepas dari belanga
6. goreng hingga kuning masak.



rempeyek ini tidak hanya menggunakan kacang tanah sebagai isiannya.terkadang aku juga menjumpai rempeyek yang isinya kacang ijo atau teri.
kalau rempeyek teri mah aku demen banget.bisa buat teman makan nasi... ^_^

Thursday, November 17, 2011

bolu kukus mekar yang tak seberapa mekar

Posted by mimie at 2:14 PM 0 comments Links to this post
untuk kesekian kalinya......
aku buat bolu kukus mekar..... yang nggak seberapa mekar.padahal aku nggak doyan2 banget dengan bolkus ini. amisnya itu lho...kagak kuatttttt.
bolu kukus ini sih di beri nama...katanya.... bolu kukus ketawa. atau apam mekar kalau di malaysia sono....
tapi..apakah daya....bolu kukus ku nggak mau ketawa.hanya senyum simpul. itu pun senyumnya masem kecut.kayak senyum pegawai di hujung bulan...xixixixi


tapi..... lumayanlah...boleh tahan...masih ada senyumnya.dari pada bantet beib....
yang rada lain kali ini adalah... aku tambahin ademsari . jadi tekstur bolkusnya lembut baget.kayak kapas gitu....halllaahhh...lebay.... ^_^
tapi iya dink..beda teksturnya, dan rasanya nggak seberapa amis menurutku.
cuma kesalahanku mungkin ngocok telurnya tadi kurang kaku.
next time di lamain ngocoknya.


aku share deh resepnya ya..
cekidotttt......

BOLU KUKUS MEKAR

bahan :

2 butir telur
250 gr gula halus
250 gr terigu
175 ml sprite
2 sdm tbm atau ovalet
1 sct adem sari


cara membuat :

1. kocok telur gula dan TBM hingga putih mengental **aku 15 menit**
2. masukkan terigu kocok rata menggunakan speed terendah
3. masukkan sprite yang telah di campur dgn adem sari, aduk melipat menggunakan spatula
4. kukus dengan api besar. alasi tutup kukusan dengan kain agar air kukusan tidak menetes ke kue


dan senangnya lagi...
tadi motrek bolkusnya enak banget dah....asyikkk
bolkusnya fotogenik...^_^ .di jepret pake angel apapun ,dapet banget.
sebenernya masih banyak foto yang menurutku ok. tapi kayaknya 5 udah cukup deh.
dan sekarang lagi suka bermain dengan bayang2.
sep kak ita bilang...lebih natural.... ^_^

Wednesday, November 16, 2011

pecel lele

Posted by mimie at 1:58 PM 0 comments Links to this post
selamat hari rabuuuuuu...
lucu ya ..... namanya pecel lele.... tapi mana pecelnya?????
aku juga dulu heran. di sebut pecel lele kok isinya lele atau ayam goreng beserta sambal terasi dan lalapan...nggak nyambung banget...ehhehe tapi bagi yang nggak pernah merasakan pecel lele,di coba deh... makanan yang katanya makanan kelas bawahan dan dijual dikaki lima ini ''endang gurindang" simpel tapi enak dan bergizi plus murah meriah. :)
apalagi dengan sambal terasinya dan lalapan.... beuuhhh.... linkin guddd..... wkwkw

kebetulan banget,tadi salmi yang udah ku anggap adik datang.
bawa ikan lele 13 ekor..secara di rumahnya punya kolam ikan lele....
wahhhhh..... baik banget deh si salmi.tau aja mbaknya ini suka lele.... makasih ya sal..... ^_^ langsung deh req minta dibikinin pecel lele.
lagian ...bosan,dr kemaren menunya santan2 melulu...

buatnya gampang banget.... nggak pake repot. cuma lele goreng , sambal terasi dan lalapan.

PECEL LELE

bahan :
10 ekor ikan lele,di goreng
selada
timun diiris menyerong
tomat di iris


sambal terasi :
50 gr cabe merah keriting
1/2 buah tomat

4 btr bawang merah

2 btr bawang putih

1 bks terasi **aku pake terasi abc**

gula merah secukupnya
garam

cara membuat :
1. goreng sebentar cabe, bawang merah ,bawang putih dan terasi
2. setelah itu haluskan bahan2 yg telah di goreng sebentar tadi, masukkan gula merah dan garam

3. sajikan bersama lele goreng dan lalapan.



pecel lele ini nggak hanya ikan lele doang lho.
biasanya kalau di warung2, ada bermacam2 pelengkapnya.
ada pake ayam goreng, hati goreng atau gurami bakar.
jadi bagi yang nggak doyan makan ikan lele,bisa diganti dengan lauk yang disuka.
apalagi makannya pake tangan cinn.....
mertua lewat tak nampak dah ceritanya...wkwkwkw




Monday, November 14, 2011

"sambal godok" pedes gila

Posted by mimie at 1:24 PM 0 comments Links to this post

senin optimis..... ^_^
hari ini tetep dingin seperti kemaren2.... hmmm...dumai turun salju cinnn...:P #ngarep
dan kalau dingin2 gini ,enaknya makan siang yang pedes2... tapi di rumah emang tiap hari masaknya pedes2 dink... :)
dan sudah seminggu ini, lauknya nggak jauh2 dari yang namanya sapi dan kambing....
efek dari lebaran kurban kemaren...
entah itu iga, daging ,babat sampe kikil... semua ada
udah eneugggg bau2 daging. huhuhu

jadi aku req ke mamak...minta di masakin yang pedes2 dan lalapan aja.
kata mamak...masak sambal godok aja.... ^_^
sambal godok ini sebenernya sayur kosong... isinya cuma bilis atau teri dan di tambah rimbang.kalau di artikan mah sebenernya sambal yang direbus dengan santan.
cuma....bedanya.... cabe yang dipake emang fantastis...wkwkwkwk
yang nggak biasa makan pedes...jangan coba2 deh...atau dada anda bakalan terbakar heheh

aku share dah resepnya....
gampang kok... yang lagi nggak berselera ,,,bisa di coba deh sambel godok mamakku ini :)

SAMBAL GODOK

bahan:

500 ml santan dari sebutir kelapa
50 gr rimbang
50 gr teri/bilis
100 gr cabe rawit*
6 btr bawang merah*
3 btr bawang putih*
5 cm lengkuas dimemarkan
2 lbr daun salam

bahan pelengkap :

5 buah tahu cina **tahu lembut** di goreng
100 gr kacang panjang.potong 5 cm, rebus
irisan timun
daun ubi ,rebus
daun kenikir segar


cara membuat :

1. tumis bahan yang bertanda * hingga wangi,masukkan teri dan rimbang.aduk2
2. masukkan santan masak dengan api sedang hingga mendidih dan santan agak berkurang
3. sajikan dengan pelengkapnya


Sunday, November 13, 2011

sate.....sate..........

Posted by mimie at 1:58 PM 0 comments Links to this post
hari ini mendung lagi..
matahari bener2 nggak mau menampakkan sinarnya...
tapi,nggak apa2 deh.... demen banget udara yang lembap dan sejuk kayak gini.
jarang2 kota dumai adem begini...biasanya puanaaaass polllll....
debu dan angin laut menambah hangggeettt kota dumai... :)


tadi bantuin mamak bikin sate..
dari nusukin daging dan bakar sate aku yang ngerjain.
asapnya.... beuuuhhh....tapi asyik juga dink..... ^_^"
bakarnya pake anglo... itu lhoh tempat masak orang cina untuk buat bubur...ala zaman baholak...
jadi bakar dagingnya bisa cepet banget...
di tempatku anglo mah murah...paling 60 ribuan.... haaa.... dalam IDR ya...bukan RM atau US dolar..... :P



satenya mah sate daging biasa...
pake bumbu kacang.... tapi aku lebih demen sate kuah tepung itu deh...
ya...sate padang.... nggak tau kenapa..ada rasa pedes2nya..ketimbang kuah kacang yang cendrung manis.
but...karena perut udah mulai muter lagu keroncong... sate kuah kacang pun ,ngaaappppp

cara buatnya gampang kok...
aku share dah resepnya...
cekidot..........
sate kuah kacang

500 gr daging di potong dadu
2 cm jahe*
1 sdt merica
*
2 siung bawang putih
*
3 siung bawang merah
*
3 sdm kecap
*
air secukupnya


haluskan bahan yang bertanda * ,kemudian tumis hingga harum. tuang air sedikit .masukkan daging .
masak hingga daging lunak dan kuahnya mengental.
tusuk di lidi sate.bakar hingga matang.

kuah kacang

200 gram kacang tanah kulit goreng,haluskan
5oo ml santan dari 1/2 butir kelapa
3 lembar daun salam buang tulangnya
2 sendok makan kecap manis
1/2 sendok makan saus tiram
1/2 sendok teh garam

bumbu halus:

3 buah cabai merah keriting, goreng tlebih dahulu

2 siung bawang putih ,goreng tlebih dahulu
3 siung bawang merah,goreng tlebih dahulu
50 gr gula merah
pelengkap :
lontong
irisan cabe rawit
irisan mentimun
bawang goreng



cara membuat :

campur kacang tanah yang telah dihaluskan,daun salam,santan kecap manis ,saus tiram bersama bumbu halus.
masak hingga halus dan mengental

penyelesaian : sajikan sate bersama kuah kacang

Saturday, November 12, 2011

gulai ikan kembung **buat bapak**

Posted by mimie at 8:48 PM 0 comments Links to this post

yupz.... bener banget judulnya..
memang dimasak khusus buat bapak.. :)
secara bapak punya darah tinggi,dan harus dijaga banget makannya...
tapi ndak apa2 pakkk..... nggak bisa makan gulai kikil.... kita makan ikan kembung...
sama2 enak kok.... xixixi
^_^"
dan mamak yang baik hati itu...

dengan senang hati masak gulai ikan kembung buat bapak...
hahhhh....pakkk....jangan curi2 makan gulai kikil itu ya.... ^_^
ntar ngeluh lagi sakit kepala karna tensi darah naik... :)



resepnya sama dengan gulai kikil cabe hijau yang pernah aku postingin sebelumnya
dan masaknya juga sama cinnn...cuma di bagi dua sama mamak.yang separo di masukkan kikil dan separo di masukkan ikan kembung...xixixi

gulai ikan kembung cabe hijau

bahan:

4 ekor ikan kembung bersihkan ,potong 2 bagian goreng setengah matang
1 liter santan
100 gr cabe kriting hijau, iris menyerong

bumbu yang dihaluskan:

1 sdm ketumbar
50 gr cabe rawit
2 cm jahe
2 cm kunyit
5 btr bawang merah
3 btr bawang putih
1/2 sdt gula
garam secukupnya



ikut ditumis

1 batang serai dikeprek*
5 cm lengkuas dikeprek*
1 lembar daun kunyit*
6 lembar daun jeruk purut*
2 lembar daun salam*
1 sdm air asam jawa*



cara membuat :

1. tumis bumbu yang telah di haluskan hingga wangi
2. masukkan irisan cabe hijau masak hingga layu
3. masukkan bahan lain yang ikut di tumis (yang bertanda * tumis hingga wangi
4. masukkan santan.terahir ikan yang telah digoreng setengah matang tadi
5. masak hingga mendidih.sebaiknya tetap di aduk agar santan tidak pecah
6. angkat,taburi bawang goreng




Friday, November 11, 2011

gulai kikil (kulit sapi) cabe hijau

Posted by mimie at 4:00 PM 0 comments Links to this post

jumuah mubarak

hari ini mendung memanjang di kota dumai.
dari pagi hingga jam 4 sore udara sejuk...hmmmm...terbayang korea selatan yang lagi musim gugur sekarang.... kampung halaman si abi **baca TOP Bigbang** #plakkkk -___-"
di sana katanya mulai musim gugur...
heheh... pengen banget liat musim gugur.... daun2 yang mulai berubah warna dari hijau ke coklat ,kuning dan merah...
pasti indah banget ya... **nglamun sebentar**


haisss......
tak sudah sudah menghayal...
biarkan korea dengan musim gugurnya....
di tempatku sekarang lebih seru.... musim daging kurban yang tak sudah sudah...wkwkw
setiap hari makan daging kurban.
di kulkas penuh dengan daging kurban.... =__=''..
sampai enegggg..... huhuhu
tapi...kata mamak...kalau nggak dimasak kapan habisnya..


dan ceritanya hari ini mamak masak kikil cabe hijau .
pedesnya....bujug buneng dah.... level aherat...
itu masak kikil dgn cabe atau masak cabe dengan kikil makkkkk.....
tapi... walaupun pedesnya bikin jingkrak2...tetep enak euy....

aku tanya mamak resepnya..
kata mamak,masak kikil emang harus pedes...baru rasanya lebih nendang...
yang nggak tahan dengan pedas...hati2 deh ...
bakalan nginep di toilet ntar....wkwkwk :P




gulai kikil cabe hijau

bahan :

500 gr kikil bersihkan,potong kotak rebus hingga matang
1 liter santan
100 gr cabe kriting hijau di iris menyerong

bumbu yang dihaluskan:

50 gr cabe rawit
2 cm jahe
2 cm kunyit
5 butir bawang merah
3 butir bawang putih
garam secukupnya

ikut di tumis :
1 batang serai di keprek
5 cm lengkuas di keprek
5 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun salam
1 sdm air asam jawa

cara membuat :

  1. tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.masukkan cabe hijau yg tlah diiris.masak hingga cabe layu.
  2. masukkan serai,lenkuas daub jeruk dan daun salam .terahir air asam jawa.tumis hingga wangi
  3. masukkan santan.terahir kikil yang telah direbus tadi
  4. masak hingga mendidih
  5. siap di hidangkan




Thursday, November 10, 2011

SOTO BABAT

Posted by mimie at 2:30 PM 0 comments Links to this post

kamis gerimis......

hari ini nggak ada cerita...
emang nggak ada yang mau di ceritain...
semuanya serba nggak mut.... mau balas sms aja rasanya malas.
nggak tau kenapa. mianhaeyo buat sahabatku mega.sms nya kadang lambat balasnya malah kadang2 ng di balas. ... ^_^

tadi mamak masak soto.....
yupz.... soto babat.,...aku req soto babat.
abis bosan banget makan rendang.
haissss....sombong banget diriku ya... :D
mamak sih...nggak kira kira masak rendang...
wong orang dirumah cuma 5 orang itu pun bapak nggak makan daging,tapi masak rendang banyaknya kayak orang mau pesta... -___-"

soto babatnya versi mamakku nggak pake santan seperti pada umumnya.
yah...secara lidah2 sumatra.
sukanya yang ala soto padang gitu. bening... tapi seger cinnnn.
aku juga kurang suka tuh soto yang pake santan...cepet blenger... ^_^


dan dengan bangganya aku bilang...
kalu soal soto mah ,aku bisa.... **nyombong**
tapi di keluarga besar kami,budeku lah yang paling jago kalau bikin soto.
walaupun bumbunya sama persis, tapi hasil rasanya bisa berbeda.
nggak tau kenapa. mungkin tangan2an juga ya,,,, ^_^

aku share dah resep mamakku..
gampang banget....dan suegerrr rekkkk..... :)
SOTO BABAT
bahan :
500 gr babat sapi.bersihkan dan rebus hingga lunak
500 ml air
250 gr suun ,rendam air panas tiriskan
bawang merah goreng buat taburan
sambal ijo
jeruk nipis
daun seledri
bahan yang dihaluskan:

8 butir bawang merah
4 butir bawang putih
2 cm jahe
2 cm kunyit
1 sdm merica1 sdt ketumbar
garam secukupnya
1 sdt gula
1/2 buah pala


ikut di tumis:

5 cm lengkuas di keprek
1 batang serai di keprek
1 batang daun bawang iris halus
5 lembar daun jeruk purut
3 lembar daun salam
1/2 bunga lawang
2 btr kapulaga



cara membuat :

  1. tumis bumbu halus hingga harum , masukkan bahan2 lain seperti daun salam dan yang lainnya. masak hingga harum
  2. tuang air.masak hingga mendidih
  3. masukkan babat yang telah direbus dan di potong2 .bumbui dengan gula dan garam sesuai selera.angkat.
  4. Atur mie suun dalam mangkuk saji, tuang kuah dan babat secukupnya.
  5. Taburi daun seledri dan bawang merah goreng.
  6. Sajikan hangat dengan pelengkapnya.

Wednesday, November 9, 2011

rendang

Posted by mimie at 10:24 AM 0 comments Links to this post

rabu kelabuuuuuuuu

tadi ngantar bapak ke kantor camat ngurus E-KTP bapak...
secara senen kemaren bapak nggak bisa datang, jadi hari ini ngurusnya. bentrok dengan RT lain.
semua diselesaikan lebih awal.nyuci ,beberes.pake kecepatan turbo dah ceritanya...wkwkkk
sengaja pergi pagi2 buta cin...
jam 7 teng aku dan bapak udah nyampe di kantor camat.
disana cuma ada beberapa orang yang lagi nunggu. pegawainya?????
hmmmm....jangan tanya.
surat undangan E-KTP nya udah di susun sesuai siapa yang datang duluan.
tiba2 ada seorang akhi pake peci bulat ala raihan itu, sok repot gitu.
mindahin kertas yang udah tersusun rapi,di pisah2 sesuai RT...



lahhhh..... gimana ceritanya itu.
aku bilang..." ng pake gitu kali bang" nggak perlu di pisah2.
cm yang datang dulu ya di proses duluan.
si akhinya malah ngotot.ngengkel.katanya biar rapi
bweeehhh....
aishhh... aku bisa di urutan terahir nih....
untung pegawai kantor camatnya datang dan mengatur semuanya seperti semula..
abis merah padam tuh muka akhi.... ibu2 pada marah2....nyindir2 dy
heheh...aku ketawa aja...
makanya bang.... jangan sok repot deh.biar yang berwewenang aja yang ngurus.
alhamdullilah.... no antrian bapak no 7. nggak nunggu lama dah ^_^



hohoho.... jadi lupa ya...
hari ini N3 nya rendang yang mamak buat kemaren.
enak...dagingnya empuk.soalnya di dagingnya di lumuri parutan nanas dan di peram sebentar.
supaya dagingnya empuk cin....
kalau mamak bilang....mamak lebih suka bumbu di tumis dulu.
katanya nggak sengak dan lebih wangi. tp akan banyak minyak kalau sudah matang.
jadi terserah anda2 sekalian ya....
mau di tumis dulu atau bumbu di rebus bersama santan.




rendang daging

bahan bahan:
  • 1 kg daging tanpa lemak, potong 4×4 cm
  • 2 lt santan dari 2 butir kelapa
  • 2 lembar daun kunyit, simpulkan
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 batang daun serai, memarkan
  • 2 cm asam kandis/gelugur
  • 2 lembar daun salam


bumbu yang di haluskan :
  • 2 cm lengkuas
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 100 g cabe kering,rendam air panas
  • 100 g cabe merah keriting
  • 12 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • ½ sdm ketumbar
  • 1 sdt jintan, sangrai
  • ½ sdt pala
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica

bahan serondeng:

1/2 kelapa parut,di gongseng hingga kecoklatan.di giling halus hingga berminyak.
jangan terlalu gosong ,ntar rendangnya pahit.



cara membuat :

  1. Tuang santan di dalam wajan, masukkan daun kunyit, daun jeruk, serai, asam, lengkuas dan semua bumbu halus. Aduk rata
  2. Masak santan berbumbu sambil sesekali diaduk selama 20 menit.jangan lupa masukkan serondeng yg tlah di giling halus.
  3. Masukkan potongan daging, masak dengan api sedang hingga santan mengering dan berminyak. Angkat.
  4. Tuang rendang di dalam piring saji. Hidangkan.

versi mamakku : tumis bumbu yang telah di haluskan,masukkan daun jeruk,daun salam,serai dan air asam hingga wangi.
setelah itu masukkan santan aduk2 hingga mendidih.
masukkan daging.masak hingga daging lunak dan santan mengering .
cara ini akan menghasilkan rendang yang lebih wangi,tapi akan sedikit berminyak dari rendang yang bumbunya tidak di tumis

Tuesday, November 8, 2011

godok pisang aka cekodok pisang

Posted by mimie at 10:18 AM 2 comments Links to this post


selasa ceriaaaaaa...

pagi tadi bangun.... ngumpulin nyawa bentar trus mamak bilang gini " kalau mau sarapan bikin sendiri''
haisss..... ehhehe.. ^_^
mau bikin mi goreng... bosan...
nasi goreng.... nasinya tinggal seciput... bwehhhhh
keingat kemaren liat pisang kepok mateng.udah beberapa hari tuh pisang.
udah bolak balik di goreng tapi nggak abis2. wong sa' tandan cinnn...
dan bener aja, tuh pisang udah kematengan banget.ampir lonyot.
yahhhh.... dari pada buang...mubazir... aku bikin godok2 ajah.



kemaren zalan2 ke blog tiffin biru ketemu resep cekodok pisang **sebutan orang malaysia** atau godok pisang yang bulat ngembang.
kayak yang dijual tukang goreng di simpang itu.
biasanya kalau buat , godok pisangnya bakalan kempes kalau dingin. penasaran banget sama godok pisang yang tembam dan nggak kempes itu.
pucuk di cinta,ulam tiba. liat resepnya di tiffin biru. dan baru tau ternyata bikin godok pisang itu pake baking soda dikit di diemin bentar dan adonannya ng boleh lembek.
aku copas resepnya ya che mat. trimakasih...
mudah2an allah membalas setiap ilmu yang che mat kasi di blog dengan pahala .amin


aku share deh resepnya
aku derhakakan dikit che mat.... maap ye... jangan marah... ntar tambah tembam...:P ^_^
aku buat ala jasmin kitchen gitu... ^_^

bahan :

8 biji pisang kepok
3/4 sendok teh bakingsoda
100 gr gula halus ** sesuai selera**
1 cawan tepung terigu
1/4 sendok teh garam halus
Minyak untuk menggoreng





cara membuat :

1. hancurkan pisang bersama gula dan baking soda hingga hancur **kalau aku,aku hancurin pake bagian bawah gelas.lebih cepat**
2. masukkan tepung dan garam halus.diamkan 30 menit
3. adonan hendaknya tidak terlalu lembek
4. goreng hingga matang dengan api sedang

cetak seperti kita buat bakso,agar godoknya sama bentuk dan membulat cantik
godok ini bakalan ngembang dan membulat. cantik banget.
dalamnya rada2 seperti bolu tapi luarnya garing
selamat mencoba... ^_^

Monday, November 7, 2011

sop iga sapi #bukan aku yang masak

Posted by mimie at 4:20 PM 0 comments Links to this post

senin optimis.....
cuaca sekarang nggak mau kompromi ya.....
suka moody langitnya....
bentar puanaaass.... eh tiba2 mendung . dan parahnya sekarang kalu hujan pake paket komplit...
alias ada petirnya .... dan anginnya....
mungkin bumi udah tua dan mulai uzur ya.... ^_^



Dan tadi ceritanya aku bikin e-ktp ke kantor camat bareng mamak.
kirain berangkat jam 9 pagi itu udah pagi banget.....
tapi masyaallah.... yang antri cinnnn..... bujubuneng dah....udah kayak antri sembako aja.
aku langsung ikutan daftar, dapat no antrian 316.sedangkan yang sedang diproses baru sampe no 30. #glodakkkk..
mendingan pulang....



sampe dirumah udah capek plus panas , laper...ahakkkkss
langsung deh isi perut.lauknya sop iga.
mamak emang juara kalu masak2 jenis sop kayak gini..
tapi mak...ada yang kurang deh....kurang banyak...wkwkwk
selesai makan.... ku jepret tuh sop iga. ku edit dikit,buang sana sini yang nggak perlu.
bagiku..lumayan lah ,secara pake kamera digital biasa.
pengen banget punya NIKON D90. tapi...ahakkkkkks



tadi tanya2 mamak resepnya.... buat ku upload ke blog.
nggak tau,ahir2 ini aku jadi semangat ngeblog. apalagi liat blog kak ita .
demen banget dah. kalau baca postingan kak ita tuh kayak kita denger kak ita lagi ngobrol ma kita.
hangat kalau ke sana.heheh.... dan aku mulai meniru cara beliau buat N3.
kira kayak sifuku dah...eheheh




aku share dah resep mamak
cekidot yaaaa.... :

sop iga sapi

bahan:

700 gram iga sapi rebus
1.500 ml air
2 batang daun bawang, dipotong 1 cm
150 gram wortel, dipotong bulat
100 gram kacang merah kering, direbus
1/4 sendok teh pala bubuk
4 cm kayumanis
3 butir cengkeh
2 btr bunga lawang
2 btr kapulaga
2 1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
2 sendok makan minyak untuk menumis


bumbu halus:
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sendok teh merica


cara membuat :
  1. Sup iga: rebus iga sapi dalam air sampai matang 15 menit. Saring air kaldunya. Ukur lagi 1.500 ml air kaldunya.
  2. Rebus air kaldu rebusan iga sapi sampai mendidih. Masukkan iga sapi.
  3. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, pala bubuk, kayumanis,bunga lawang , kapulaga dan cengkeh sampai harum.
  4. Masukkan ke dalam rebusan iga sapi. Tambahkan garam dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
  5. Masukkan wortel , Masak sampai matang. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.

sop ini enak banget di santap dengan nasi hangat plus sambal hijo.
mamak bilangnya sih ''sambal jess'' .karna pedesssss poll.
sok...selamat mencoba..