Powered by Blogger.
RSS

Tuesday, November 6, 2012

MARTABAK MESIR

Posted by mimie at 10:45 AM


assalammualaikum wwb....



martabak mesir ini kesukaan orang2 di rumah, kecuali bapak... :)
karena kolesterol si mbah kakung yang tidak memungkinkan untuk merasa si martabak mesir ini.
kebetulan.... ah....kok nggak kebeneran aja ya....#kayak sule... :)
kebeneran lagi ada stock daging di kulkas. 
jadi kemaren buat 1 resep.
aku udah beberapa kali buat martabak ini sebelumnya (di postingan ini). awalnya aku belajar dulu cara buat kulitnya.
roti canai namanya. atau roti prata.
setelah bisa , baru deh belajar bikin martabak  mesirnya.
alhamdullilah ....walaupun sedikit ribet ketika menuang campuran telor dan daging, tapi sukses juga.

hanya saja , kalau babang2 yang jual martabak mesir di luar sana, memasukkan adonan telur daging langsung di atas pan lebar khusus itu dan di atas api.
kalau aku, karena tidak mempunyai pan seperti itu, punyanya hanya teflon biasa, ya sesudah aku buat kulitnya aku tuang adoanan telur langsung aku lipat.
baru aku pindahkan ke teflon .hati2 sekali. karena kulitnya mudah bocor.



 MARTABAK MESIR


BAHAN:

250 gr terigu
1 btr telur ,kocok lepas
135 ml air
50 gr mentega
1 bks royco
500 ml minyak untuk merendam.

cara membuat adonan kulit :
campur semua bahan .uleni hingga kalis. hingga tidak melekat di tangan.
bentuk bulat ,bagi jadi beberapa bagian.
rendam 2 jam hingga tertutup minyak keseluruhan (aku semalaman)


ambil 1 buah adonan kulit.
lebarkan hingga tipis dengan cara di tarik tarik. jangan sampai koyak.
(lumuri tangan dengan minyak )



 BAHAN ISI:

(A)
300 gr daging(ayam) cincang
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah

1 sdt merica
1/2 buah bunga lawang
1/4 buah pala
5 buah cabe merah
1/2 sdt jintan
1/2 cm kayu manis 
2 sdm bubuk kari
air secukupnya

(B)
3 butir telur
2 batang daun bawang prai , iris
1 butir bawang bombay , iris
garam secukupnya.

cara membuat :
1. haluskan semua bahan kecuali daging . tumis hingga wangi.
2. masukkan bubuk kari . terahir masukan daging.masak hingga matang dan airnya kering.
3. dalam satu wadah campur bahan A dan B
4. lebarkan adonan kulit hingga tipis benar.jangan sampai koyak
5. tuangkan isi secukupnya.lipat bentuk amplop.
6. goreng dgn sdkt minyak di wajan datar hingga matang
7. sajikan dengan saus gula merah dan acar timun

bahan kuah :

  
250 ml air*
100 gr gula merah (sesuai selera)*
1 sdt garam*
1 sdm cuka*
2 siung bawang putih ,iris *
2 siung bawang merah, iris *
timun , potong kotak
cabe rawit, iris2

cara membuat :
rebus semua bahan yang bertanda * hingga mendidih.
sajikan dengan timun dan cabe rawit.




2 comments on "MARTABAK MESIR"

Giselle D on August 13, 2014 at 11:12 AM said...

Resep di atas jd utk brp buah mbak?thanks

mimie on August 14, 2014 at 11:55 AM said...

to Giselle D : lumayan banyak mbak... mungkin kira2 10 buah ukuran sedang

Post a Comment