Powered by Blogger.
RSS

Monday, November 19, 2012

sambal tanak / sambal cabe hijau padang

Posted by mimie at 9:18 AM


Assalammualaikum wwb....
selamat hari senin... ^_^

sambal hijau ini merupakan sambal yang wajib di rumah makan padang.
atau barangkali di setiap rumah orang padang, setiap hari akan buat sambal ini...xixixi #sok tau
tapi aku aja yang bukan orang padang doyan dan suka banget sama sambal ini.
sambal yang terbuat dari cabe keriting yang masih hijau, di campur teri tawar atau kadang di campur pete dan jengkol muda.
rasanya jangan tanya deh...uenakkkk ppolll.... ^_^
sambal ini tidak seberapa pedas dan sedikit terasa asam. karna penggunaan tomat hijau atau air jeruk nipis.
teksturnya juga kasar2 saja, tidak di giling halus.
ciri khas sambal ini menggunakan minyak yang banyak, dan sambal tidak di tumis.
melainkan cukup menyiram sambal dengan minyak panas saja.
tapi, ini yang membuat rasa sambal ini beda dengan sambal2 lainnya.
di santap dengan nasi hangat saja sudah mak nyussss..... ^_^




SAMBAL CABE HIJAU PADANG

bahan :

100 gr cabe kriting hijau
50 gr teri tawar (aku pake ikan asin gonjeng)
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah tomat hijau
pete atau (jengkol muda di rebus dan di potong kotak )
garam dan gula sesuai selera

cara membuat :

goreng teri hingga matang. sisihkan

rebus cabe, bawang merah , bawang putih dan tomat hingga matang.

tumbuk kasar bahan2 yang telah di rebus tadi.

panaskan minyak bekas menggoreng teri hingga panas benar. matikan api.
masukkan sambal yang telah di tumbuk kasar tadi, masukkan juga teri dan pete.
aduk rata.

sajikan



4 comments on "sambal tanak / sambal cabe hijau padang"

Autis Menawan (Ayu M) on November 19, 2012 at 1:01 PM said...

Duh... Kok sama lagi. Hr ni emak masak ayam balado ijo sama kaya punya mbak mimie tp minus pete+teri. Td br aja letakin piring abis makan siang. Haha.. Kebetulan yg indah.
Syalalala..
#joget2
>.<

mimie on November 19, 2012 at 1:32 PM said...

ahahahha......macacihhhh...?????#ala abegeh
orang sumatra ya yu.....
hobinya ya sambal2an....:)

Autis Menawan (Ayu M) on November 19, 2012 at 1:43 PM said...

Hahaha... Iya, org medan jd suka makan pedes
:q

mimie on November 19, 2012 at 3:07 PM said...

kalau ng doyan pedas, ntar di pecat dr warga medan yu.... xixixixi

Post a Comment