Powered by Blogger.
RSS

Friday, November 30, 2012

BUBUR KETAN HITAM

Posted by mimie at 12:42 PM


Assalammualikum wwb....
selamat hari jumat... penghulu segala hari....
bubur ketan hitam....
hmmmm...kebayang legit dan wangi ya..
bubur yang terbuat dari beras ketan hitam, direbus dengan garam dan gula, dimakan dengan ditambah santan rebus.
buatnya simpel banget, di jadikan sarapan atau untuk teman minum kopi di sore hari memang  pas.
hanya saja, buat mereka yang memiliki sakit maag (gastrik) sebaiknya di  hindari.
karena ketan ini akan menyebabkan kembung...
atau bisa saja makan nasi terlebih dahulu sebelum menyantap bubur ketan supaya perut tidak kembung.


tapi.... kalau aku...
dari kecil kalau makan bubur...segala bubur
bubur kacang hjau atau bubur ketan hitam , sering mules.
kenapa ya... aku juga nggak tau.
tapi mulesnya tidak lama. mungkin perutku agak sensitif dengan bubur...eheheheh

memasak bubur ketan hitam tergolong mudah.
dan untuk mempercepat proses perebusan , rendam ketan hitam terlebih dahulu.(semalaman)
ini akan melunakkan ketan .
setelah itu , tinggal merebus ketan hingga menjadi bubur. tambah gula sesuai selera dan tidak ketinggalan kuah santan yang sedikit terasa asin gurih..
perpaduan yang pas deh....



 BUBUR KETAN HITAM

BAHAN :

250 gr ketan hitam ( rendam semalaman)
1 liter santan cair
2 lembar daun pandan, simpulkan
sedikit garam
150 gr gula merah
gula pasir secukupnya



saus santan

250 ml santan kental (peras dengan air hangat)
garam secukupnya


cara membuat :


1. Didihkan santan cair, masukkan ketan dan pandan sampai mendidih kembali
2. Kecilkan api, biarkan sampai ketan menjadi bubur, aduk sesekali
3. Tambahkan air sedikit2 sesuai kekentalan dan kelembutan yang diinginkan
4. Masukkan gula merah dan garam, aduk, tambahkan gula pasir jika kurang manis
5. Saus santan: peras kelapa menggunakan air hangat. tambahkan garam.
6. Sajikan bubur hangat atau dingin, disiram saus santan.








0 comments on "BUBUR KETAN HITAM"

Post a Comment