Powered by Blogger.
RSS

Sunday, December 2, 2012

MPEK-MPEK kapal titanic...ekekekek

Posted by mimie at 1:06 PM


Assalammualaikum wwb.....

Empek-empek adalah makanan khas palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di sumatra selatan memproduksinya. 
Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). 

Jenis pempek yang terkenal adalah "pempek kapal selam", yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.



hari ini aku buat empek2 kapal titanic selam dan empek2 lenjer saja.
aku sebut empek2 titanic, karena waktu masukin telurnya, adonanya kekecilan.
alhasil...percobaan mpek2 yang awal, pecah dan karam .
kayak kapal titanic...ehehheeh
tapi setelahnya aku sudah tau porsinya. jadi nggak ada yang pecah lagi.

dalam pembuatanya kali ini aku menggunakan ikan tete.
kalau di tempat lain aku nggak tau tuh ikan namanya apa. tapi ikan tete ini berbentuk agak panjang dengan tubuh bulat dan berdaging banyak.

dagingnya pun putih bersih. jadi empek2 yang di hasilkan pun berwarna putih.
selain ikan tete, empek2 juga bisa menggunakan ikan tenggiri ( yang harganya bikin emak2 puyeng ), atau ikan gabus juga bisa.
tapi menurutku menggunakan ikan gabus rada ribet, secara ikannya licin sekali.
aku juga pernah menggunakan ikan caru (cencaru). dari segi rasa tidak berpengaruh. tetap enak.
hanya saja empek2 yang dihasilkan akan sedikit berwarna kehitaman.

satu tips, agar mudah memisahkan daging ikan dari duri2nya, sebaiknya diamkan ikan di freezer hingga ikan sedikit agak keras.
tinggal sayat bagian tengah ikan dari atas ke bawah. dan tarik dagingnya....mudah



EMPEK EMPEK PALEMBANG

BAHAN:

500 gr ikan, ambil dagingnya, haluskan
150 gr tepung terigu (gandum)
450 gr tepung tapioka  #di sesuaikan dengan adonan
400 ml air mendidih
1 bonggol bawang putih
1 butir telur
penyedap rasa
garam secukupnya
telur untuk isi

cara membuat :

haluskan bawang putih bersama garam, penyedap rasa dan telur hingga halus.(pake food processor atau di blender aja kayak aku).

setelah halus, masukkan daging ikan . tambahkan sedikit air agar memudahkan memblender.
sisihkan.

sementara itu, campur jadi satu tepung terigu dan air mendidih .(sedikit demi sedikit).
aduk2 hingga membentuk bubur .
masukkan campuran daging ikan tadi ke dalam adonan terigu. aduk hingga tercampur rata.

masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga bisa di pulung.
jangan terlalu keras.
sedikit lengket2 di tangan tidak apa2. lumuri saja tangan dengan tapioka agar tidak lengket.

bentuk adonan sesuai dengan kehendak.
bisa di bentuk mpek2 kapal selam yang berisi telur atau di bentuk lonjong saja.

rebus di air mendidih hingga mengapung. (jangan lupa air rebusannya di tambah sedikit minyak goreng agar mpek2 tidak lengket satu sama lain )

setelah mengapung, angkat .dan masukkan ke baskom yang berisi air dingin.
biarkan sebentar. tiriskan dan goreng hingga kulitnya berwarna kekuningan.

hidangkan dengan kuah dan irisan timun.







kuah cuko

bahan :

500 ml air
250 gr gula aren
7 siung bawang putih
5 sdm air asam jawa (sesuai selera)
5-10 butir cabe rawit (sesuai selera)

cara membuat :

haluskan semua bahan kecuali air.
rebus hingga mendidih.
lakukan tes rasa sesuai selera.
sajikan.


4 comments on "MPEK-MPEK kapal titanic...ekekekek"

Autis Menawan (Ayu M) on December 13, 2012 at 10:15 PM said...

Mbak, pempek pake ikan patin bisa gak?

mimie on December 14, 2012 at 9:48 AM said...

haduh kalau ikan patin kayaknya nggak bisa yu...tp ini menurut mb lho.
kalau ikan gabus bisa.
atau pake teri medan yang putih itu jg bisa,
tinggal rendam di air panas sebentar setelah itu di haluskan.
enak juga kok....:)

Autis Menawan (Ayu M) on December 14, 2012 at 2:03 PM said...

Karena ikan patin dagingnya lembek y mbak?
Ikan teri bisa dibuat pempek?? Waaahh... Baru tauuu.. :D

mimie on December 17, 2012 at 10:47 AM said...

heheh... kyknya emang ng cucok aja pk ikan patin yu.... ^_^
di cobain deh....enak pake banget....:)

Post a Comment