Powered by Blogger.
RSS

Sunday, December 9, 2012

DONAT KENTANG

Posted by mimie at 5:52 PM


assalammualaikum wwb...
salam donat sedunia......eheheheh
siapa yang tidak kenal donat....
cemilan berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya.
sekarang pun donat ada bermacam2 bahan tambahan.
dari kentang, labu manis, dan ketela rambat (kledek).
tapi hanya donat kentang yang baru aku coba.
yang lain menyusul..... nggak tahan nguli buuuuu.... lenganku udah besar sebelah ini....xixixi

awalnya....dulu... 
kalau buat donat kentang, ngembang sih ngembang....
tapi nggak bisa lembut kayak yang di jual2...
karna dulu ketika memasukkan menteganya, adonannya kok menjadi berminyakkkkkk banget,
pikirku....karna kebanyakan mentega. jadi aku tambahin tepung.
mungkin itu yang menyebapkan donat ku ng lembut. 

tapi, setelah beberapa waktu lalu aku belajar buat roti.
jadi tau cara menguli yang benar.
kali ini aku uli di triplek yang tebal dan ku alasi plastik.
aku uli seperti mencuci baju. caranya menekan adonan ke arah luar(menjauh dr tubuh). dan lipat kembali adonan ke dalam.(mendekat ke tubuh)
lakukan berulang2. sesekali di banting. 
ketika memasukkan mentega ke adonan, adonan memang akan berminyak dan jadi lembek banget.
tidak apa apa. tetap uli . lama kelamaan adonan akan kalis dan mentega akan menyatu dengan adonan.





donatnya empuk .dan ketika menggoreng akan tercium bau kentang goreng...
hmmmmm..... it's worthed
kali ini donat kentangnya aku beri topping keju dan misis(coklat beras) saja.
karena kebetulan hanya itu yang ada ...

lain kali ingin aku tambah komposisi kentangnya....
biar lebih kerasa kentangnya....
semoga berhasil....





DONAT KENTANG NCC
resep : NCC  
:: Penulis : Fatmah Bahalwan 

Bahan:
500 gr   tepung terigu protein tinggi
50 gr     susu bubuk
11 gr     ragi instant
200 gr   kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr   gula psir
75 gr     mentega
½ sdt    garam
4 btr      kuning telur
100 ml   air dingin


Cara membuatnya:
  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat. 
  6.  

2 comments on "DONAT KENTANG"

Autis Menawan (Ayu M) on December 12, 2012 at 9:23 PM said...

Assalamu'alaikum.. Mbak mimie, mbentuk donatnya pake cetakan ya?

mimie on December 13, 2012 at 7:51 PM said...

waalaikum salam WWb ....
iya mbak mimie pake cetakan donat..
soalnya belum pinter bentuk pake tangan.
sering nggak sama besar... :)

Post a Comment