Powered by Blogger.
RSS

Monday, December 10, 2012

KROKET KENTANG

Posted by mimie at 10:57 AM


assalammualaikum wwb....
sudah beberapa hari ini kota dumai mendung hujan..mendung hujan...
dan karena kota dumai berada di pinggir laut, ketika air laut pasang dan hujan turun dengan lebat pula, dapat di pastikan akan banjir.
hwaaa....... sana sini air tergenang.
bersyukur wilayah di sekitar rumahku agak tinggi.
jadi airnya hanya lewat saja.
tapi tetep nggak enak kalau banjir. kasian adekku kalau berangkat kerja.
motornya suka mogok kejebak banjir....uhuhuhu....



dan karena cuacanya emang sejuk2 aja.
enaknya memang bikin cemilan yang gurih dan hangat2 ya.
dan karena mamak kemaren beli kentang lumayan banyak. selain aku buat donat kentang, aku buat kroket juga.
di cocol sama saos sambel maknyussss...... ^_^
resepnya mah hasil modif2. hampir sama dengan resep pergedel sih. hanya saja tidak menggunakan jahe.
kali ini kroketnya tidak ada isinya .tapi aku campuri serutan wortel di adonannya.
tetep enak....^_^
tapi jika ingin di isi , bisa di isi dengan rogout sayuran , daging atau tuna.
seseuaikan dengan selera saja....:)

KROKET KENTANG
 resep : jasmin kitchen

bahan :

500 gr kentang
2 butir kuning telur
20 gr susu bubuk
100 gr tepung terigu

bumbu halus:
1/2 sdt merica halus
1/4 pala di haluskan
2 siung bawang putih.
2 siung bawang merah
1 buah wortel serut.

bahan panir :

2 putih telur
tepung pangko
minyak untuk menggoreng




cara membuat :

1. potong2 kentang . goreng hingga berkurang buih2nya.itu menandakan kadar airnya telah berkurang.
tidak perlu hingga kulitnya kecoklatan. haluskan selagi panas.
campur kentang , susu bubuk dan tepung . aduk hingga tercampur rata.sisihkan

2. haluskan bumbu halus.kecuali wortel.
tumis bumbu hingga wangi. masukkan wortel. tumis hingga matang.

3. campur jadi satu adonan kentang dan bumbu halus.
bentuk oval lonjong. hingga adonan habis

4. celup ke putih telur. gulingkan ke tepung panir(pangko).
ulangi sekali lagi.
diamkan sebentar di kulkas agar tepung panir melekat sempurna.

5. goreng hingga matang

2 comments on "KROKET KENTANG"

Autis Menawan (Ayu M) on December 12, 2012 at 9:40 PM said...

Jd ikutan sedih krn dumai kebanjiran.
Ibuknya temen saya juga kena banjir alhasil anaknya yg kuliah d sini jd kepikiran utk bantuin nguras banjir d rumahnya. Hehe..
Kroketnya minta dicomot nih.. :p

mimie on December 13, 2012 at 7:49 PM said...

iya nih yu....
dumai sekarang kalau hujan dikit aja ,banjir deh.
bisa berenang ke pasar....xixixixi

ayu terlambat...kroketnya udah jadi pupuk...:P

Post a Comment