Powered by Blogger.
RSS

Monday, November 5, 2012

CUMI MASAM MANIS NANAS

Posted by mimie at 8:57 AM


assalammualaikum wwb...
salam monday ..... ^_^
ahir2 ini cuaca kok kayak nggak menentu ya....
kadang panassss......cungguhhh #ala abegeh....xixixxi
tapi tiba2 hujan dengan membawa guruh petir yang dasyat....
rumah sampe bergetar....
mudah2an tidak bersama angin kencang...
ngerih juga kalau lihat berita di tv, rumah pada rubuh terkena angin kencang.
mudah2an allah melindungi kita semua...aminnnnn



semalam buat cumi masam manis nanas.
biasanya sih menggunakan ikan. tapi kali ini ingin beda aja.
resepnya di ajarin adekku yang cowo. kami memanggilnya abang ugi.
karena dulu membiasakan adekku yang bungsu supaya manggil abang ugi juga. ...^_^
si abang ini sewaktu kuliah, nyambi kerja di hotel. dari waitress ampe asisten chef di lakoninya.
dan yang membuatku bangga, biaya kuliah tidak pernah minta ke orang tua.
so proud of you .... ^_^

karna dia kerjanya di dapur hotel, sedikit sebanyak dia tau masak.
so kemaren dia ngajarin bikin cumi masam manis ini.
cuminya di kerat2 dan di celup telor , di balur tepung baru di goreng.
katanya ini akan membuat cumi gurih. tapi menggorengnya tidak boleh terlalu lama. supaya cuminya tidak liat.
rasa asam saus nya juga di dapat dari potongan nanas. 
asam, manis pedes.... perpaduan rasa yang oceh beybeh pokoe.... :)




CUMI MASAM MANIS NANAS

bahan:

1/2 kg cumi segar , bersihkan ,kerat2
1 butir telur 
royco 
50 gr tepung terigu
50 gr tepung beras

cara membuat :

campur telor dan royco . sisihkan
campur tepung terigu dan tepung beras . sisihkan
celupkan cumi (sotong) ke telur.
balurkan ke campuran tepung.
goreng hingga tepung garing. jangan terlalu lama.
tiriskan.

SAUS MASAM MANIS NANAS

bahan : 

1/2 buah bawang bombay (bawang besar) ~ iris iris
1 buah tomat ~ potong kotak
1/2 sdt merica bubuk
1/2 buah nanas ~ potong kotak kecil
5 sdm saos cabe
5 sdm saos tomat
1 sdt cuka
garam dan penyedap rasa  secukupnya
air secukupnya


satukan semua bahan.
masak hingga mendidih dan kental.
siramkan ke cumi yang telah di goreng garing
hidangkan.

4 comments on "CUMI MASAM MANIS NANAS"

analisa ummu abel on November 6, 2012 at 9:45 AM said...

Lagi2 ak ga percaya ini pake pocket camera mba mimie... Kereenn abisss karyamu...

mimie on November 6, 2012 at 10:09 AM said...

to analisa ummu abel : iya mbak..ini masih pk pocket sony ku itu...
makasih banget...ini masih terus belajar.. :)

lavender on November 7, 2012 at 8:47 PM said...

Akan sangattt amattt senenggg klo d kirimin nih cumi qw doyan..

mimie on November 8, 2012 at 8:33 AM said...

to mega lavender : udah jadi pupuk cuminya bukkk....xixixixi

Post a Comment