Powered by Blogger.
RSS

Sunday, March 18, 2012

martabak mesir isi ayam

Posted by mimie at 11:51 AM
assalamualaikum.....
selamat berujung minggu....
hari ini bener2 deh.... tired level aherat ceritanya...
dari subuh nggak berhenti2 kerjaan.
dari ngantar mamak ke pasar ikan yang jauhnya minta amir , nyuci sejibun dan buat martabak mesir....
itu martabak kemaren si adekku ugi yang reques.
janjinya dia mau bantu bikin. ehhhhhh prittttttt....
ternyata dia cuma bantu doa doang....
jadinya aku sendiri deh ubek2 di dapur...


resepnya aku dapat dari tabloid nova, aku modif dikit.
cuma..... tadi kulitnya rada kelembekan...xixixi
jadinya nggak bisa aku canai/tebar. aku tarik2 aja supaya melebar.
adonan kulit mah aku buat tadi malam, aku rendam di minyak semalaman.
lumayan sih kalau aku bilang.kulitnya lembut tapi kranci.... nah loh xixixi... :P
isinya juga aku pake daging ayam,karna bapak nggak makan daging sapi. tensi tinggi...eheheh


MARTABAK MESIR


BAHAN:

250 gr terigu
1 btr telur ,kocok lepas
135 ml air
50 gr mentega
1 bks royco
500 ml minyak untuk merendam.

cara membuat adonan kulit :
campur semua bahan .uleni hingga kalis. hingga tidak melekat di tangan.
bagi jadi beberapa bagian.
rendam 2 jam hingga tertutup minyak keseluruhan (aku semalaman)


BAHAN ISI:

(A)
300 gr daging(ayam) cincang
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah

1 sdt merica
1/2 buah bunga lawang
1/4 buah pala
5 buah cabe merah
1/2 sdt jintan
1/2 cm kayu manis 
2 sdm bubuk kari
air secukupnya

(B)
3 butir telur
2 batang daun bawang prai , iris
1 butir bawang bombay , iris
garam secukupnya.

cara membuat :
1.  haluskan  semua bahan kecuali daging. tumis hingga wangi.
2. masukkan bubuk kari . terahir masukan daging.masak hingga matang dan airnya kering.
3. dalam satu wadah campur bahan A dan B
4. lebarkan adonan kulit hingga tipis benar.jangan sampai koyak
5. tuangkan isi secukupnya.lipat bentuk amplop.
6. goreng dgn sdkt minyak di wajan datar hingga matang
7. sajikan dengan saus gula merah dan acar timun

bahan kuah :

250 ml air*
100 gr gula merah (sesuai selera)*
1 sdt garam*
1 sdm cuka*
2 siung bawang putih ,iris *
2 siung bawang merah, iris *
timun , potong kotak
cabe rawit, iris2

cara membuat :
rebus semua bahan yang bertanda * hingga mendidih.
sajikan dengan timun dan cabe rawit.

0 comments on "martabak mesir isi ayam"

Post a Comment