Powered by Blogger.
RSS

Sunday, March 11, 2012

talam keladi **talam talas**

Posted by mimie at 8:25 AM

assalamualaikum wwb.
selamat berujung minggu....
hampir seminggu nggak ngeblog...weeee.....rindu.... ^_^
yah.... kesibukan yang nggak bisa ditingalkan...
jadi nggak bisa baking2 deh...
padahal banyak banget resep yang ingin ku coba...
tapi nggak apalah....
seminggu sekali pun nggak apa2 deh....
dari pada tidak.....

semalam ceritanya aku buat talam keladi..... atau talam talas...
talam keladi ini salah satu kuih muih yang lagi femes di tanah kelahiran dato' siti... ^_^
di blog2 teman2 di malaysia udah lama resep ini hilir mudik...
tapi aku agak telat... baru sekarang nyobainnya...
resep asal dari CHEF ASMA.
aku pun copas resep ini dari dapur kak yatie. ratu segala ratu kuih talam.
pokoknya.... mau cari resep kuih talam dr bahan apa aja...atau kuih yang di kukus, dapur kak yatielah tempatnya.....
terima kasih banyak kak.... udah share resep2 mebeles itu... :)
tuhan saja yang dapat membalas segala ilmu yang udah akak bagi tu...
barakallah ya kak.... ^_^



aku rubah sedikit dari resep awal...
soalnya kok kayaknya terlalu lembek(encer) jadi aku tambahin terigu nya...
dan keladinya juga aku tambahin dikit...xixixixi
menderhakakan resep ini ceritanya....

TALAM KELADI (TALAM TALAS)
rujukan resep : kak yatie sinar kehidupanku


LAPISAN BAWAH
bahan A :
200 gr keladi , potong kotak kecil , kukus (aku tambah)
220 gr tepung beras (aku 250 gr)
40 gr tepung kanji
5 sdm gula
1 1/2 sdt garam
300 ml santan kental
700 ml air

bahan B :
300 gr keladi , potoong kotak kecil, beri warna ungu. kukus.sisihkan

cara membuat :
blender keladi dan air hingga halus.
campur semua bahan A. tapis dan masukkan ke panci.
masak hingga hangat saja.

masukkan bahan B.
tuang ke loyang yang telah di olesi minyak.
kukus hingga matang ( 30 menit)

LAPISAN ATAS

BAHAN :
150-180 gr terigu ( aku pk 200 gr )
250 gr gula
3 btr telor
250 ml santan
500 ml air
pewarna ungu.

cara membuat :
campur semua bahan jadi satu.kalau aku , aku blender aja.
masukkan ke dalam periuk, dan masak hingga hangat saja.
tuang ke atas lapisan bawah.
kukus hingga matang ( 30 menit )

tips :: setelah matang, lapisan atasnya terlihat basah dan lembek.
ada sedikit air di atasnya... jangan kwatir...biarkan saja sampai benar2 dingin.
ia akan mengering dengan sendirinya....

potong setelah kue benar2 dingin.
aku buat sore, pagi baru ku potong.
potong menggunakan pisau yang di oles minyak atau di bungkus plastik supaya hasil potongan rapi



0 comments on "talam keladi **talam talas**"

Post a Comment