Powered by Blogger.
RSS

Friday, August 17, 2012

CORNFLAKES KACANG KISMIS COKLAT

Posted by mimie at 2:00 PM 0 comments Links to this post

assalammualaikum wwb.....
entri yang tertinggal..... maklum ...belakangan ini terkena syndrom blogging blues...
cuma upload foto trus ngacir....eheheh...
sekarang udah semangat ngeblog lagi...
jadi baru sekarang masukin resepnya....

kukis ini .... merupakan cemilan lebaran fav di rumahku.
apalagi anak2.... jadi..setiap tahun pasti ada cornflakes kacang coklat ini di meja.
udah 2 kali aku postingin...tp nggak apa deh..aku ketik copas deh....xixixixi


bahannya:

300 gr kacang tanah/kacang mente jg boleh....tergantung dana..^_^ di panggang,di cincang kasar
100 gr kismis,potong dua
500 gr coklat blok di cairkan
200 gr corn flakes di pecah kasar
trimis secukupnya
cup kertas (pilih yg dilapisi lilin)

cara membuat:
1.campur kacang,kismis,corn flakes,
2.masukkan coklat cair.aduk rata
3.masukkan cepat k dalam cup kertas
4.taburi trimis aka manik2 gula (sewaktu coklat belum beku,agar trimis mlekat)
5.masukkan kue ke lemari es sebentar agar coklat set

MARINGUE

Posted by mimie at 1:57 PM 2 comments Links to this post

assalammualaikum wwb....
satu lagi entry yang tertunggak....tertinggal.... 
yang punya dapur sibuk berlebaran dan pulang kampung....eheheheh...
belum terlambat rasanya...kita masih di bulan syawal ya....
selamat hari raya aidil fitri....
mohon maaf lahir dan batin....




cerita tentang entri kali ini...maringue....
sering aku liat di blog2 orang bule sono.... 
terbuat dari putih telur dan gula halus yang di kocok hingga kaku dan di oven dengan api kecil saja.
lumayan kan....kalau musim lebaran gini banyak lebihan putih telur sisa buat kukis.
biasanya di kukus dan di jadikan lauk...
kali ini aku bikin maringue....buat ngisi toples yang kosong...
ternyata anak2 suka banget.....kalau aku...nggak deh...manis bangettttt...akunya udah manis.... xixixi :P
satu tips dariku.... pastikan tidak ada kuning telur yang terbawa. supaya putih telur bisa mengembang sempurna.
baskom untuk mengocok putih telur juga hendaknya bersih dan kering. bebas minyak ataupun air.

MARINGUE

bahan :
2 butir putih telur. (pastikan tidak ada kuning telur yang terbawa)
125 gr gula halus
1/2 sdt cream of tar tar
pasta vanilla

CARA MEMBUAT:

1. kocok putih telur hingga berbusa dengan kecepatan rendah .
2. masukkan cream of tar tar dan gula halus. masukkan menjadi 3 tahap. kocok dengan kecepatan tinggi hingga kaku .
3. masukkan pasta vanilla dan pewarna yg di inginkan.
4. bentuk dengan menggunakan spuit 1M di loyang dan beri jarak.
5. bakar dengan api kecil hingga kering.kira2 1 jam lamanya.




Thursday, August 16, 2012

chocolate cringkles cookies

Posted by mimie at 3:10 PM 0 comments Links to this post




assalammualaikum wwb....
entri hari ini tentang kukis polkadot...errrkkkk.... atau bahasa kerennya chocolate crinkles cookies...
kukis ini kukis kesukaankuuuuuuu....
nyokluttttt bangettttt......
pokoe jos genjos deh rasanya.....
nggak bakalan nyesel deh kalau buat kukis ini..... aku jaminn..... ^_^




Chocolate Crinkles
 Bahan-bahan:
4 sendok makan (56 gr)
unsalted butter
8 ons (225 gr) cokelat manis sedang atau manis pahit, potong kasar
1/2 cangkir (100 gr) gula putih
2 butir telur
1 1/2 cangkir (210 gr) tepung serbaguna
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh soda kue
Topping:
1 cangkir (110 gr)
icing sugar

 cara membuat :

1. Lelehkan cokelat dan
butter dalam sebuah mangkuk stainless steel yang diletakkan dalam panci berisi air mendidih di atas api kompor. Angkat dan sisihkan.

2. Siapkan
mixer, kocok telur dan gula hingga mengembang. bila mixer di angkat ,adonan akan lambat urun dan berbentuk pita.Setelah itu, masukkan adonan cokelat yang telah dilelehkan.

3. Dalam mangkuk terpisah, aduk tepung, garam, dan soda kue. Tambahkan bahan-bahan tersebut ke dalam adonan cokelat, aduk hingga adonan kalis. Tutupi mangkuk dengan plastik dan masukkan ke dalam lemari es selama 3-4 jam atau semalaman, hingga adonan cukup keras dibentuk menjadi bola-bola.

4. Panaskan oven hingga suhu 170 derajat Celcius, alasi loyang dengan kertas roti.

5. Masukkan
icing sugar ke dalam mangkuk pipih. Bentuk adonan kue menjadi bola-bola kecil berdiameter sekitar 2,5 cm menggunakan telapak tangan, lalu baluri dengan icing sugar hingga tertutup merata dan warna cokelatnya tidak kelihatan, susun di atas loyang. Beri jarak sekitar 5 cm antar adonan.

6. Panggang kue selama 8-10 menit hingga pinggirannya renyah namun bagian dalamnya tetap lembut. Jangan terlalu lama memanggang karena akan membuat kue terlampau kering dan tidak kenyal.

7. Keluarkan dari oven dan hidangkan.




Wednesday, August 15, 2012

NUT CHOCOCHIP COOKIES

Posted by mimie at 9:25 AM 0 comments Links to this post





assalamualaikum wwb....
hari ini entrynya masih tentang kukis lebaran.... ^^
nut chocochip cookies.... yeaaaaaa
my peberetttt..... harum dari gula palemnya sungguh menggoda..
banyak sih nemu resep2 kukis sejenis di alam maya....
tapi...tetep...yang jadi pilihan resep ini. nggak tau nemunya di mana. tapi kayaknya dari tabloid nova jaman baholak.....
nanya juga ke temen ku mega...ampir sama resepnya....
satu hal ,dalam pembuatan kukis ini, sebaiknya di masukkan ke lemari es sebentar, gunanya supaya kukis tidak melebar kemana2 apabila di oven nantinya.

ok lah..... aku share deh resepnya yo...

cekidotttt....

 

NUT CHOCOCHIP COOKIES

bahan :

250 gr margarin
50 gr butter
200 gr gula palem
200 gr kacang tanah , panggang dan cincang kasar
200 gr chococip
sedikit garam
25 gr susu bubuk
375 gr tepung terigu

cara membuat :

1. kocok margarin, butter , garam dan gula palem hingga halus dan kembang.
2. masukkan terigu, susu bubuk .aduk hingga tercampur rata.
3. masukkan kacang dan chococip. aduk lagi hingga tercampur rata menggunakan sudip kayu.
4. simpan adonan di lemari es kurang lebih 30 menit.
5. bentuk bulat2 dan sedikit pipih dengan menggunakan 2 garpu (aku pulung2 pake tangan aja). susun di loyang.beri jarak. karna kukis akan sedikit melebar.
6. bakar hingga matang.
7. kukis ini akan sedikit basah walaupun sudah matang. jika di biarkan dingin di luar oven, ia akan mengeras dengan sendirinya...

happy baking.... ^_^



Tuesday, August 14, 2012

stik keju

Posted by mimie at 3:01 PM 0 comments Links to this post
 berapa hari lagi lebaran ya.....
haduh...haduh..... kukis belum selesai juga....
maklum ngerjain nya nunggu adekku rin pulang kerja dulu.... atau nunggu dia libur.
nggak apa2 deh...alon alon asal kelakon.... ^^
stik keju ini juga ngerjainnya hari minggu kemaren....
mumpung rini libur, jadi net bisa ku tinggal.
sebelum buat stik keju ini, aku dan mamak bikin stik bawang... 2 kilo bukkkkk...
hadjuhhhhh....... ampe pegel tanganku muter2 pasta machine itu.... huhuhu..
karna kalau di rumahku, stik bawang ini cemilan yang paling laris manis...
buka saur pasti nyemil stik bawang. makanya buatnya juga rada banyak. ...

dan sebab ada sisa keju cheddar , sisa dr buat nastar kemaren....sayangkan kalau di biarkan kering nggak kepake...aku buat stik keju aja...
buatnya gampang banget. nggak pake uli2an....
muter pasta machinenya jg nggak berat. 
rasanya gurih dan ngejuuuu....

STIK KEJU

bahannya:

4 butir telur
250 gr tepung terigu
250 gr tepung kanji cap tani (tepung ubi)
200 gr keju cheddar ,parut
sedikit soda kue
sedikit garam halus

cara membuat:
1.kocok telur dan keju hingga rata
2.masukkan terigu,kanji dan soda..aduk hingga kalis dan tidak lengket di tangan
3.giling menggunakan ampia,di tipiskan terlebih dahulu
4.baru di potong2 menggunakan ampia juga.
5.sebaiknya stik keju di potong sepanjang 8 cm
6.goreng hingga matang


Monday, August 13, 2012

nastar aka biskut tart nanas

Posted by mimie at 4:25 PM 6 comments Links to this post
assalamualaikum wwb....
salam ramdhan........
selamat berpuasa ....
minggu terahir di bulan ramadhan.... waktu2 yang paling sibuk ya....
mengemas rumah, pindah2 perabotan .... bosan style yang itu2 aja.
cuci itu ini.... buat kue.....
dan seambrek kegiatan rumah lainnya. yang pasti... lebaran di sambut dengan ceria.jangan berlebihan, jangan membazir..... ^_^.
jangan sampe abis lebaran , gigit jari. karna budget lari....... ^_^




dalam suasana aura menyambut hari raya....
aku sempatkan buat nastar .atau kalau teman2 di malaysia menyebutnya tart nanas.
beda nama saja. tapi masih kue yang sama.
di tempatku, nastar ini hampir bisa di jumpai disetiap rumah.
kalau lebaran tanpa nastar, seperti bang haji roma tanpa irama..... ^^
wajib dan kudu ada pokoknya.
satu tips dariku,....kalau ingin nastarnya nggak ''jlebek'' alias melebar kesana kemari nggak berbentuk, hendaknya mengocok mentega dan gulanya sebentar saja. paling juga sekitar 6 putaran tangan (hand mixer)
begitu juga ketika kuning telur di masukkan. kocok asal rata saja.
asal sudah tercampur rata ,hentikan. masukkan terigu dan aduk dengan sudip kayu.
usahakan tidak kena tangan. karna haba dr tangan bisa mematangkan mentega. ntar nastarnya bisa keras.

kalau aku, aku masukkan sebentar adonan nastar ke kulkas . baru aku olah.....
mengoles kuning telur juga setelah nastar 3/4 matang. baru di oles kuning telur kemudian di oven lagi hingga matang (untuk mematangkan kuning telur saja).
kalau di oles dari awal.... kuning telurnya akan mengelupas dan menyebabkan nastar tidak cantik penampakannya..... ^^




NASTAR AKA TART NANAS 



bahan selai nanas
1 butir nanas,parut/blender
200 gr gula
sedikit kayu manis(jika suka)
masak hingga kental dan agak keras.masukkan kulkas dan bentuk bulat2 kecil

bahan nastar:
250 gr mentega
50 gr butter(mentega tong)
75 gr gula halus
2 kuning telur
20 gr maizena
25 gr susu bubuk
350 gr terigu

bahan olesan;
1 btr kuning telur+ 1 sdt susu kental manis+ pewarna orange secukupnya

cara membuat:

1.kocok mentega dan gula asal tercampur rata
2.masukkan kuning telor kocok asal rata
3.masukkan terigu,maizena dan susu bubuk.aduk hingga kalis menggunakan sendok kayu
4.bentuk bunga mawar atau bentuk bulat tata di loyang
5.panggang setengah matang
6.keluarkan oles kuning telur dan panggang kembali hingga matang.



untuk step2 nastar mawarnya pernah aku postingin di sini
happy baking..... ^^

Saturday, August 11, 2012

kukis kacang jaman dulu aka biskut kacang ala kampung

Posted by mimie at 6:00 PM 2 comments Links to this post


assalamualaikum wwb....
salam ramadhan buat semua.....
setelah sekian lama....ahirnya semangat lebaran itu datang jua....
mulai mencuci  horden eh...londry maksudnya....eheheh
mulai merangkai2 bunga untuk di meja... dan yang terpenting semangat buat kukis untuk lebaran....




dan semalam.... dalam semangat yang tak seberapa semangat....
aku buat kukis kacang....
kayaknya ini kukis dari jaman mbah2 dulu deh... kukis lama.....
udah jarang nemuin kukis ini kayaknya.....
dan tahun lalu, waktu kami pulang kampung ke desa mamak di pakning, nemu kukis ini di rumah abang sepupu.
adekku rin langsung ngadep tuh toples....malu2in....xiixixix
sampe mau habis kukis tu di lahapnya....
kukis nya emang enak banget....lembut dan kerasa banget kacangnya.
sekalian deh aku tanya resepnya.... ehehhe
dan tahun ini aku praktekin deh...
satu resep jadi segambreng.....jadi banyak banget.... ^_^




KUKIS KACANG

bahan :

1 kg kacang tanah tanpa kulit
800 gr tepung terigu
500 gr gula halus
minyak sayur secukupnya. hingga adonan bisa di kepal dan di cetak

cara membuat :

1. panggang kacang tanah di oven hingga matang. haluskan .(kalau aku di blender aja)
2. campur jadi satu kacang halus, terigu dan gula.
3. masukkan minyak sedikit demi sedikit. hingga adonan bisa di pulung atau di cetak
4. cetak sesuai kehendak.
5. bakar hingga 3/4 matang.
6. keluarkan dr oven. oles kuning telur. panggang hingga kuning telur mengeras .
7. angkat dan angin2kan sampai dingin
8. simpan di wadah tertutup.

RISOLES ISI ROGOUT

Posted by mimie at 9:45 AM 0 comments Links to this post

assalamualaikum wwb.....
selamat hari jumat..... jumat ke 3 di ramdhan ini....
udah deket banget ke syawal ya......
di tempatku, dimana2 nggak perduli di toko kue atau di pinggir2 jalan, banyak banget orang berjualan kue kering.
beraneka ragam bentuk.... bikin rambang mata saja....xixixix
di sekitar rumah juga ibu2 udah pada heboh mau buat kue kering juga...
aku ?????
eheheh..... spirit mau mengkukis itu entah hilang kemana.....
ntar2 deh.....^_^




hari ini ingin cerita tentang risoles yang kubuat semalam.
karena aku jarang ada waktu buat bikin2 cemilan....maklum puasa ini, net emang lg sibuk2nya...alhamdullilah.
seringnya sih beli, tapi....haduhhhh....itu risol isinya cuma seiprit.....yang tebel kulitnya doang.
mana rasanya ngalor ngidul lagi....
ah...mending buat sendiri aja. buat 1/2 kg kentang aja, jadinya segambreng. segede2 gaban....ehehe
kali ini bikin emang dikarenakan mamak yang nggak bisa makan yang manis2...
jadi kalau buka, seringnya bakwan , tahu isi atau risol deh. :)
resepnya pernah aku postingin di sini.
kayaknya udah beberapa kali aku postingin risol ya....
kali ini risolnya aku celup putih telur dan di balur bread crumb (tepung pangko).jadi lebih gurih krenyes2 gitu.
satu tips dariku....supaya kulit risolnya tidak mudah koyak, blend aja adonan tepungnya agak lama. selain tidak perlu di saring2 , cara ini akan menbuat gluten tepung. jadi adonan elastis dan tidak mudah koyak.
setelah itu diamkan sekitar 15 menit. baru di dadar....
happy cooking.... ^^




Tuesday, August 7, 2012

MIE AYAM INDEHOY ASOY... :)

Posted by mimie at 9:06 AM 0 comments Links to this post

assalammualakum wwb...
salam ramdhan.....
sudah dekat syawal.... di tempatku, anak2 pada mulai main mercun...berdentam dentum di sana sini.
hisssss...... terkadang mengganggu orang yang lagi solat teraweh.....
mereka apa nggak takut tu maen mercun..... tersilap cara , ntar hari raya dengan tangan kudung....bweehhh.
tapi...ada tapinya..... semakin terasa pula aura hari rayanya.... ehehheh



menjenguk blog2 para sifu ku........
kak ita dah pun tayang biskut raye .... cantik dan rapi hasil kerja kak ita....selalu kagum.
seperti pro la kak ita...... daebaaakkkkk...... ^_^
kak siti pun dah tayang biskut topinya .....
aishhh....teringin juga mau buat biskut raye aka kukis lebaran....
tapi..... tapi lagi....xixixixi
lebaran masih lama lahhhhhh....hadoy mimie..... ntar belum lebaran , kukismu sudah raib tak berbekas...xixixi
jadi ntar deh.... kalau seminggu mau lebaran , baru mulai mengkukis.... :)





dan untuk semalam, iftarnya mie ayam....
kalau puasa emang senengnya yang berkuah2 seger kayak ini....
apalagi cuaca yang lagi adem dingin seperti sekarang....
cucok banget deh...... ^^
resepnya pernah aku postingin di sini.....
silahkan ke TKP yo.....
happy cooking.... ^^
selamat berpuasa........



Saturday, August 4, 2012

ES CAMPUR RUMPUT LAUT

Posted by mimie at 5:26 PM 0 comments Links to this post


assalamaualaikum wwb.
salam ramadhan..... selamat berujung minggu... ^^
semalam kami dapat kiriman es rumput laut dari bude bo.
bude bo ini kakak dari mamak ku. orangnya mirip mamak....mirip banget.
malah kalau yang nggak biasa liat mereka berdua, di kira mereka kembar...xixixixi
bude ku ini jualan es campur, es cendol, es rumput laut, pecel dn soto.
dan di keluarga besar, hasil masakan bude emang endang bambang gurindang deh.
walaupun resepnya sama, tapi hasilnya bakalan beda. emang tangan2an ya kalau bakat masak.
pokoknya udah terkenal akan keenakannya deh.
jadi aku nanya2 deh ke belio resep dari masakkanya.
ingin juga mewarisi bakat belio.
dan belio ngasi tips, agar es rumput lautnya wangi....beda dengan yang laen....
sirup gulanya di tambah kayu manis dan bunga lawang. dikittttt..
tapi bener....wangi...beda dengan es rumput laut yang laen.
matur syukran bude....barakallah...selalu sehat yo....aminnnn
aku share deh resepnya.....
cekidottttt.......






ES CAMPUR RUMPUT LAUT


bahan :
500 ml santan (peras kelapa dengan air hangat)
rumput laut kering, bersihkan dan rendam hingga lunak
agar2 warna warni (potong kotak)
nangka (potong 2)
sagu mutiara ( rebus hingga lunak)
alpukat , kerok dagingnya.
manisan kolang kaling
susu kental manis
es serut

sirup gula :

500 gr gula
250 ml air
3 cm kayu manis
1/2 buah bunga lawang
(rebus hingga gula larut dan wangi)




cara membuat :

dalam gelas saji,  atur es serut, sagu mutiara, manisan kolang kaling, agar2 warna warni , alpukat dan nangka.tuang santan secukupnya. terahir masukkan 2 sendok makan susu kental manis.
hidangkan dingin.

PERKEDEL DAN SOTO KUNING

Posted by mimie at 8:38 AM 0 comments Links to this post


assalamualaikum wwb.....
selamat hari jumat .... 
hari yang penuh berkah... apalagi ini jumat ke 2 di bulan ramadhan ini...
ALHAMDULILLAH.....
dumai sekarang sejukkk....hujan.... 
waktu aku ketik N3 ini, udah jam 8.40 pagi.tapi suasananya seperti jam 6 aja.
mendung dan gelap.....
enaknya tarik selimut lagi nih...tapi nggak mungkin....eheheh






sebenernya udah beberapa hari ini nggak seberapa selera makan.
bayangin aja, saur atau buka hanya makan kurang lebih 5 sendok nasi aja....
air dan es lah yang paling banyak aku minum. bergelas2.
sampe lemes.....
so...semalam mengidam soto, setelah berkunjung ke dapur kak yatie yang posting soto madura.
ngilerrrrr jadinya.
secara soto mah nggak bikin eneug ya...seger. 
apalagi ada pergedelnya. asem manis pedes ...pokoknya pol enaknya.
resep sotonya pernah aku postingin di entri sebelumnya...
silahkan ke sini ya...... ^_^
hari ini ingin share resep perkedelnya saja....
harap di maklumi....lagi nggak mut ngetik2.... :P..... ^_^





PERKEDEL


bahan :
1/2 kg kentang, kupas, potong2 dan goreng. haluskan selagi panas.
3 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1 sdt merica1/4 pala
1 batang daun bawang , iris tipis
daun seledri, rajang halus
garam
minyak untuk menumis dan menggoreng
1 butir telr, kocok lepas untuk mencelup pergedel

cara membuat :
1. haluskan merica, bawang putih, bawang merah dan buah pala . 
2. tumis daun bawang hingga layu, masukan bumbu halus .tumis hingga wangi.
3. campurkan tumisan bumbu tadi ke kentang yang telah di haluskan. masukkan juga daun seledri.aduk  hingga tercampur rata.
4. bentuk bulat2 gepeng.
5. celupkan ke kocokan telor. goreng hingga kuning keemasan.



Thursday, August 2, 2012

URAP SAYUR

Posted by mimie at 2:00 PM 0 comments Links to this post

assalamualaikum wwb.....
kali ini N3 tentang urap.
bosan dengan juadah yang bersantan2.. so, kemaren masak urap untuk saur dan buka.
selain menyehatkan karna mengandung serat, urap juga murah meriah.
buatnya nggak pake mahal, dan gampang banget.
tinggal rebus cemplang cemplung aja, jadi deh.... :)

kalau di rumah, urapnya sering di campur kenikir.
enak deh..bau kenikir yang khas menyerlahkan lagi keenakan urap...#bahasaku....xixixixi
kalau aku sih, suka juga di tambah daun kemangi.
seger aja ... 
apalagi ditambah dengan sambal pedesssssss...wew.... fantastic baby lah poko'e... :)
dan untuk urap kelapanya bisa di kukus atau di gonseng.
dua2nya enak kok.... :)


URAP SAYUR

bahan :

kangkung (bayam atau pucuk daun ubi ), siangi
kacang panjang , potong 5 cm
toge , buang ekornya
kenikir
kemangi
telur rebus belah 2
kerupuk merah, goreng

bahan urap kelapa :

1/2 btr kelapa setengah tua, parut
8 btr cabe rawit
2 btr bawang putih
3 butir bawang merah
6 lemar daun jeruk purut (jeruk pecel)
garam

cara membuat : 
1. urap kelapa : haluskan semua bahan kecuali kelapa.
campur kelapa dengan bumbu halus hingga tercampur rata. bungkus di daun pisang dan kukus hingga matang.
atau bisa juga di gongseng(sangrai) hingga wangi.

2. rebus hingga matang semua sayur2an.
berurutan dr toge dahulu, tiriskan. masukkan bahan yang lain sampai habis.

3. campur sayur2an yang telah di rebus dan urap kelapa hingga tercampur rata.

4. sajikan dengan kerupuk dan telur rebus.

ES KELAPA MUDA COCOPANDAN

Posted by mimie at 9:37 AM 0 comments Links to this post


assalamualaikum...
ramadhan ke 12 sekarang.... 
setelah 10 hari kota dumai panas kering.....
alhamdullilah....pagi ini...ketika ketik entri ini, hujan mencurah curah.
sejuk ademmmm......
allah memang maha penyayang.... hambanya asyik mengeluh.... panaslah....keringlah...
di datangkan hujan..... subhanaallah....
begitu besar kasih sayang allah.... yang kita ni...... kalau senang lupa, kalau susah...baru ingat padaNYA.
ehhhhmmmmm...... itu ngomongin diri sendiri sebenernya.... :)
apapun..... alhamdullilah .... ^_^


dan 2 hari lalu , untuk iftar aku buat es kelapa muda.
secara, di rumah kelapa tinggal petik aja. ^_^
buatnya gampang dan nggak pake mahal.
segerrrrr.... :)


ES KELAPA MUDA


bahan :
kelapa muda
sirup rasa cocopandan
jeruk nipis (kalau suka)
es batu


cara membuat :


campur jadi satu air kelapa dan daging kelapa (degan) yg telah di kerok, sirup dan 1 sdm jeruk nipis.
hidangkan dengan es batu.

Wednesday, August 1, 2012

es buah (home made fruit cocktail)

Posted by mimie at 9:50 AM 0 comments Links to this post

assalamualaikum......
entri hari ini tentang home made fruit cocktail.... atau es buah .
biasanya kalau ramadhan kayak gini, es buah ini sering di jumpai di bazar2 ramadhan.
apalagi di cuaca kering seperti sekarang ini....wew.....seger sekaligus menyehatkan.
es buah ini aku buat dalam rangka buat patbingsoo kemaren.
buatnya segambreng....jadi masih ada lebihannya dan ku simpan di kulkas aja.
jadi kalau lagi pengen, tinggal ambil... :)
perlu diingat, pepayanya harus mengkal ya...jangan yang mateng....ntar nggak ada sensasi ''kletus'nya....eheheh..
kalau aku....aku rebus sebentar pepaya, buang airnya. untuk membuang bau langu dan getahnya.
baru setelah buah yang lain di masukkan ke air gula, pepaya tadi ku masukkan terahir.
dan biasanya kalau air buah yang di jual2 di bazar ramadhan itu menggunakan citrun untuk menambah rasa asam di kuahnya..
aku nggak pake.... ngerih euy....hihihihi
jadi rasa asam ku dapat dari nanas aja...lebih sehat dan lebih wangi.



es buah

bahan:

1/2 buah pepaya mengkal potong dadu atau kalu rajin dikerok bulat..aku mah males...:P
1/2 buah nanas potong dadu
1 buah bengkoang sedang,potong dadu
satu buah jeruk nipis.ambil airnya
sedikit air kapur sirih *aku ng pake*

syirup:

500 ml air
250 gr gula

cara membuat:

1.cuci berulang kali buah.hingga bersih dan air cuciannya bening
2.rebus syirup hingga mendidih
3.masukkan buah.masak 5 menit saja.angkat.dinginkan dan campur dgn air jeruk nipis
4.simpan di kulkas

sajikan dingin2....wew....segerrrrr.....