Powered by Blogger.
RSS

Monday, August 13, 2012

nastar aka biskut tart nanas

Posted by mimie at 4:25 PM
assalamualaikum wwb....
salam ramdhan........
selamat berpuasa ....
minggu terahir di bulan ramadhan.... waktu2 yang paling sibuk ya....
mengemas rumah, pindah2 perabotan .... bosan style yang itu2 aja.
cuci itu ini.... buat kue.....
dan seambrek kegiatan rumah lainnya. yang pasti... lebaran di sambut dengan ceria.jangan berlebihan, jangan membazir..... ^_^.
jangan sampe abis lebaran , gigit jari. karna budget lari....... ^_^




dalam suasana aura menyambut hari raya....
aku sempatkan buat nastar .atau kalau teman2 di malaysia menyebutnya tart nanas.
beda nama saja. tapi masih kue yang sama.
di tempatku, nastar ini hampir bisa di jumpai disetiap rumah.
kalau lebaran tanpa nastar, seperti bang haji roma tanpa irama..... ^^
wajib dan kudu ada pokoknya.
satu tips dariku,....kalau ingin nastarnya nggak ''jlebek'' alias melebar kesana kemari nggak berbentuk, hendaknya mengocok mentega dan gulanya sebentar saja. paling juga sekitar 6 putaran tangan (hand mixer)
begitu juga ketika kuning telur di masukkan. kocok asal rata saja.
asal sudah tercampur rata ,hentikan. masukkan terigu dan aduk dengan sudip kayu.
usahakan tidak kena tangan. karna haba dr tangan bisa mematangkan mentega. ntar nastarnya bisa keras.

kalau aku, aku masukkan sebentar adonan nastar ke kulkas . baru aku olah.....
mengoles kuning telur juga setelah nastar 3/4 matang. baru di oles kuning telur kemudian di oven lagi hingga matang (untuk mematangkan kuning telur saja).
kalau di oles dari awal.... kuning telurnya akan mengelupas dan menyebabkan nastar tidak cantik penampakannya..... ^^




NASTAR AKA TART NANAS 



bahan selai nanas
1 butir nanas,parut/blender
200 gr gula
sedikit kayu manis(jika suka)
masak hingga kental dan agak keras.masukkan kulkas dan bentuk bulat2 kecil

bahan nastar:
250 gr mentega
50 gr butter(mentega tong)
75 gr gula halus
2 kuning telur
20 gr maizena
25 gr susu bubuk
350 gr terigu

bahan olesan;
1 btr kuning telur+ 1 sdt susu kental manis+ pewarna orange secukupnya

cara membuat:

1.kocok mentega dan gula asal tercampur rata
2.masukkan kuning telor kocok asal rata
3.masukkan terigu,maizena dan susu bubuk.aduk hingga kalis menggunakan sendok kayu
4.bentuk bunga mawar atau bentuk bulat tata di loyang
5.panggang setengah matang
6.keluarkan oles kuning telur dan panggang kembali hingga matang.



untuk step2 nastar mawarnya pernah aku postingin di sini
happy baking..... ^^

6 comments on "nastar aka biskut tart nanas"

Anonymous said...

Assalamualaikum..salam kenal ya mba. Saya safitri dr kepulauan riau (kepri) saya penggemar berat nastar. Tiap lebaran saya slalu sempatkan utk buat nastar sendiri, tp kali ini saya ingin coba resep lain. Pas sy browsing tenampak lh nastar di blog mba ni, menggiurkan skali foto nastar nya,foto nastar nya cantik dan nampak macam sedap sngt ye, Boleh tny mba.. nastar yg ini sama nastar yg mba posting diatas (nastar keju ) sprtinya beda resep ya mba?... jika benar beda resep lbh mantap dan enak yg mana ya mba, maaf sbelumnya dgn prtnyaan ini, terimakasih jika brsedia mmbalas comen sya. O ya blog mba keren bngt, foto2nya bagus dan menggugah selera bngt,mantap.

mimie on January 23, 2014 at 3:28 PM said...

waalaikum salam wwb...
salam kenal mb safitri...
kalau menurut saya, resepnya hampir sama.
hanya saja berbeda dalam penggunaan butter saja.
resep yang satu lagi tentu lebih enak krn prnggunaan butter yang lumayan banyak. dan tentu saja dr segi modal lbh banyak. alias lbh mihil...eheheh.
terima kasih sdh mampir ya say...
hug from dumai.... ^_^

Anonymous said...

makasih ya mba udh bersedia menjawab tanya saya, jd trharu ni saya..cius..hehe.. ternyata ga hny blog nya saja yg oke yg empunya blog pun ramah bngt ya.
klu boleh saya 1 pertanyaan lg dunk mba, boleh ya?..please.. please... hihi.

klu tekstur nastarnya gimana mba?... apakah cenderung empuk dan moist atau cenderung renyah?... diantara 2 resep nastar ini manakah yg teksturnya cenderung empuk dan moist bukan cenderung renyah?... resep yg ini atau yg resep nastar keju?.. mohon maaf ya mba jasmin jika prtnyaan sy ngelunjak, abis sy beneran terpikat sm hasil jepretannya.
slama ini saya buat nastar pake resep kluarga saya, yg teksturnya cenderung renyah, enak sih, tp ingin coba yg beda aja saya ingin coba resep nastar yang teksturnya cenderung lembut dan moist. dan jika liat foto2 nastar mba slain cantik dan menggoda iman hehe...sprtinya teksturnya jg sprti yg inginkan.

Safitri from Kepri

mimie on January 24, 2014 at 10:28 AM said...

haduh...jgn di puji2,,,nanti hidung saya kembang nggak mau kempes ... :)
nastar yg saya buat teksturnya moist dan renyah.
kedua2nya sama. hanya saja penggunaan butter di resep yg satu lagi menambah wangi susunya.
sedikit lebih istimewa kalau saya bilang.
saya menyebutnya nastar premium...
perlu di ingat, dalam pembuatan nastar , aduk kocok rata saja.
jangan terlalu lama. spy nastarnya lembut dan rapuh tapi ttp kokoh.
alias nggak gampang pecah.
juga jgn di aduk dgn tangan lho. aduk tepung ke mentega menggunakan sudip kayu.
haba dr tangan bikin nastar keras.
semoga bisa membantu ya.
oya..isian nastar usahakan agak kering .jgn terlalu lembek ya.
buat isian beberapa waktu sebelumnya. simpan di kulkas.
bulat2kan, masukkan kulkas lg. agar mudah di isi ke nastar nantinya

Anonymous said...

Hehe.. itu bukan pujian kali mba, tp mmng itu adanya, blognye oke, jepretan2 kue2 nya cantik menggugah selera. andai dekat mau rasanya saya order nastar ke mba Jasmin, pasti rasanya yuummyy bngt ya. tp berhubung kita jaauuhh hehe... jd resep2nya mba aja dech yg saya cobain hehehe... bukan hny nastarnya tp kuker yg lainnya pun menggugah selera qu bngt lho,kue nut choco chipsnya,kue kacangnya itu lho aduuhh..ngeces liatnya, itu kue kacang jadul yg saya tercari2 resepnya lho mba. makanya (jujur aja) saya excited bngt wktu nemu blog mba ini ada bny resep kue yg saya ingin2kan,kliatannya simple and mudah pula, ingin rasanya segera di try satu per satu (rakus hehe...) tp blm ada waktu. Insya Allah jika ada kesempetan nnti akan sy cobain.

Makasih bny tips2 nya ya mba, trnyata bukan hny blog nya yg OKE, yg empunya blog pun ramah dan baik hati, mau berbagi ilmu. sepertinya mmemang disitu letak kesalahan saya dlm membuat nastar terlalu bny kena haba tangan. tips dr mba sngt bermanfaat buat saya, skali lg trima kasih ya...

oya ditmpt saya jg klu utk butter/mentega pake Cap Tong lho...merknya Golden Churn kan?.. produk Malaysia, slama ini masyarakat di tempat pake mentega cap tong itu dan margarin Planta klu mau kue nya enak, ada jg yg kiloan sprti di ulasan mba itu. klu mentega/butter merk2 laen yg biasa ada di kota besar di tmpt kami ini blm ada blm masuk.

Safitri From Kepri.

mimie on January 26, 2014 at 8:37 PM said...

to mb safitri : alhamdullilah... niatnya blog ini bermanfaat buat banyak orang.
semoga bisa membantu ya... ^_^
di dumai jg ada yg jual butter merk lain... tapi lebih mahal.. :)

Post a Comment