Powered by Blogger.
RSS

Wednesday, August 1, 2012

es buah (home made fruit cocktail)

Posted by mimie at 9:50 AM

assalamualaikum......
entri hari ini tentang home made fruit cocktail.... atau es buah .
biasanya kalau ramadhan kayak gini, es buah ini sering di jumpai di bazar2 ramadhan.
apalagi di cuaca kering seperti sekarang ini....wew.....seger sekaligus menyehatkan.
es buah ini aku buat dalam rangka buat patbingsoo kemaren.
buatnya segambreng....jadi masih ada lebihannya dan ku simpan di kulkas aja.
jadi kalau lagi pengen, tinggal ambil... :)
perlu diingat, pepayanya harus mengkal ya...jangan yang mateng....ntar nggak ada sensasi ''kletus'nya....eheheh..
kalau aku....aku rebus sebentar pepaya, buang airnya. untuk membuang bau langu dan getahnya.
baru setelah buah yang lain di masukkan ke air gula, pepaya tadi ku masukkan terahir.
dan biasanya kalau air buah yang di jual2 di bazar ramadhan itu menggunakan citrun untuk menambah rasa asam di kuahnya..
aku nggak pake.... ngerih euy....hihihihi
jadi rasa asam ku dapat dari nanas aja...lebih sehat dan lebih wangi.



es buah

bahan:

1/2 buah pepaya mengkal potong dadu atau kalu rajin dikerok bulat..aku mah males...:P
1/2 buah nanas potong dadu
1 buah bengkoang sedang,potong dadu
satu buah jeruk nipis.ambil airnya
sedikit air kapur sirih *aku ng pake*

syirup:

500 ml air
250 gr gula

cara membuat:

1.cuci berulang kali buah.hingga bersih dan air cuciannya bening
2.rebus syirup hingga mendidih
3.masukkan buah.masak 5 menit saja.angkat.dinginkan dan campur dgn air jeruk nipis
4.simpan di kulkas

sajikan dingin2....wew....segerrrrr.....

0 comments on "es buah (home made fruit cocktail)"

Post a Comment