Powered by Blogger.
RSS

Saturday, August 11, 2012

kukis kacang jaman dulu aka biskut kacang ala kampung

Posted by mimie at 6:00 PM


assalamualaikum wwb....
salam ramadhan buat semua.....
setelah sekian lama....ahirnya semangat lebaran itu datang jua....
mulai mencuci  horden eh...londry maksudnya....eheheh
mulai merangkai2 bunga untuk di meja... dan yang terpenting semangat buat kukis untuk lebaran....




dan semalam.... dalam semangat yang tak seberapa semangat....
aku buat kukis kacang....
kayaknya ini kukis dari jaman mbah2 dulu deh... kukis lama.....
udah jarang nemuin kukis ini kayaknya.....
dan tahun lalu, waktu kami pulang kampung ke desa mamak di pakning, nemu kukis ini di rumah abang sepupu.
adekku rin langsung ngadep tuh toples....malu2in....xiixixix
sampe mau habis kukis tu di lahapnya....
kukis nya emang enak banget....lembut dan kerasa banget kacangnya.
sekalian deh aku tanya resepnya.... ehehhe
dan tahun ini aku praktekin deh...
satu resep jadi segambreng.....jadi banyak banget.... ^_^




KUKIS KACANG

bahan :

1 kg kacang tanah tanpa kulit
800 gr tepung terigu
500 gr gula halus
minyak sayur secukupnya. hingga adonan bisa di kepal dan di cetak

cara membuat :

1. panggang kacang tanah di oven hingga matang. haluskan .(kalau aku di blender aja)
2. campur jadi satu kacang halus, terigu dan gula.
3. masukkan minyak sedikit demi sedikit. hingga adonan bisa di pulung atau di cetak
4. cetak sesuai kehendak.
5. bakar hingga 3/4 matang.
6. keluarkan dr oven. oles kuning telur. panggang hingga kuning telur mengeras .
7. angkat dan angin2kan sampai dingin
8. simpan di wadah tertutup.

4 comments on "kukis kacang jaman dulu aka biskut kacang ala kampung"

Yeni Altaqy on July 2, 2014 at 2:52 PM said...

numpang nanya yaa.. ^^ 3/4 mateng itu kira2 berapa menit ya? makasiihh... ^^

mimie on July 4, 2014 at 9:52 AM said...

to Yeni Altaqy : 3/4 matang itu kira2 bila bagian bawah kukisnya udah berwarna agak kekuningan mb.... :)

Anita Anita on July 3, 2015 at 1:39 PM said...

Halo mbak, mau tanya minyak sayur kira2 berapa banyak? hitungan sendok makan kah? dan apa bisa ganti pake mentega?

mimie on July 3, 2015 at 5:25 PM said...

to Anita Anita : minyak sayurnya lumayan banyak mb. sampai adonan bisa di pulung dan di catak. setau saya kukis ini nggak pake mentega mb. ciri khasnya ya pake minyak itu. smg bs membantu

Post a Comment