Powered by Blogger.
RSS

Monday, March 3, 2014

brownies kukus ketan hitam pisang (resep suka suka)

Posted by mimie at 2:11 PM


Assalamualaikum wwb...
pagi ini bangun tidur sedikit kaget...
kok di dalam kamarpun asap terasa banget...
ketika melongok ke luar..... masyaallah..... 
di luar layaknya seperti cerita2 dongeng....
berkabut... 
pekat banget.... asap terburuk selama musim kemarau ini.
hujan...... betapa aku merindukanmu..... :(



beberapa hari yang lalu....
smsan sama mbak rina...
curhat punya pisang raja tapi nggak tau mau di apain...
ahirnya.... pisangnya aku bikin bronketem saja.
bronketem ini resep asal dr bunda rikhe. tapi karena aku lagi nggak punya coklat bubuk, DCC nya aku tambahin 50 gr. 
pisangnya aku menggunakan 2 buah . ukuran cukup besar. sekitar 300 gr.
karena menambahkan pisang , aku juga menambahkan sekitar 50 gr tepung maizena.
biar seimbang antara bahan cair dan keringnya.
hasilnya...... top markotop....
cakenya jadi lembutttttt banget.... bagian bawah dan tengahnya jadi basah gitu.
moist banget....
walaupun nggak pake coklat bubuk , cake tetap nyoklut karena aku menggunakan misis dan coklat chip di bagian tengahnya lumayan banyak.
mungkin itu sebabnya bagian tengahnya basah....
saya suka....saya suka.... #ala mei mei upin ipin... :)

kemaren sore.... bongkar2 kayu alas bunga mamakku...
bagian bawahnya kependam di tanah...
ternyata....taraaaaa..... kayunya ada alur2 nya.... ^_^
lumayan buat tambahan motrek2...ehehe




resepnya aku modif ...
sesuaikan dengan apa yang ada di rumah .. 

BROWNIES KUKUS KETAN HITAM PISANG

bahan :

6 butir telur
225 gr gula halus
1 sdt sp
250 gr tepung ketan hitam
50 gr tepung maizena
200 gr minyak sayur
150 gr dark coklat
2 buah pisang raja/ambon
1 sdt baking powder
vanily
misis secukupnya

cara membuat :

1.  Panaskan Kukusan, jangan lupa bungkus tutup kukusan dengan serbet . haluskan pisang. sisihkan
2.  Lelehkan DCC. Masukkan SKM, aduk rata. Masukkan minyak goreng, aduk rata dan dinginkan.
3.  Kocok telur, gula pasir, emulsifier dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang, kental dan berjejak. masukkan pisang yang telah di haluskan..aduk balik hingga tercampur rata
4.  Ayak tepung ketan hitam, maizena & vanili dan baking powder .masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk . balik dengan spatula.
5.  Masukkan lelehan DCC bertahap sambil dikocok mixer kecepatan rendah sampai rata.
6.  Tuang 1/2 adonan ke dalam loyang 20x20x7 yang telah dioles margarin dan dialasi kertas roti.
7.  Kukus 10 menit, taburi dengan meises sampai rata secukupnya, tuang 1/2 bagian adonan sisa dan kukus kembali 20-25 menit hingga matang (tes tusuk)
8.  Angkat dan langsung keluarkan dari loyang. Biarkan dingin, potong-potong dan sajikan.
 


8 comments on "brownies kukus ketan hitam pisang (resep suka suka)"

HM Zwan on March 3, 2014 at 2:14 PM said...

di Siak juga pekat mbk asapnya :( ,semalam hujan deras 1 jam'an tappi nggak ngaruh tetep sesek... :(
lembut banget kayaknya...sluurpptt

mimie on March 3, 2014 at 2:19 PM said...

to HM Zwan : senasib kita say....
dumai belum turun hujan,,, :(
ayo di cobain...nggak bakalan nyesel dehh,,,,

Lina IbunyaAzRaf on March 5, 2014 at 11:38 AM said...

papannya kereeennn... aku perasaan punya deh di belakang rumah... kapan2 mo dipake aaahhhh.... hihihi...

mimie on March 5, 2014 at 3:01 PM said...

to Lina IbunyaAzRaf : hihi,,,,papan lapuk ni mbak.....

yuniarinukti on March 5, 2014 at 3:43 PM said...

Semoga asap pekatnya segera hilang dan semoga Dumai segera turun hujan ya Mi :)
Ngomong-ngomong browniesnya nendang banget keknya. Dan modif bahannya jadi bikin penasaran, tapi menurutku apapun kuenya kalau dikasih pisang rasanya tetap oke kok..

Rina Audie on March 6, 2014 at 3:54 PM said...

gantian amaku disebut deh....Apapun itu kue, kalo dikasi pisang tetep aja enak, nyam-nyam....

mimie on March 7, 2014 at 1:03 PM said...

to yuniarinukti : amin,,,,semoga cepat turun hujan...
idem mbak... apapun kuenya kalau di kasi pisang jd enak

mimie on March 7, 2014 at 1:04 PM said...

to rina audie : hihi...iya mbak... jd lebih enak ya mbak...

Post a Comment