Powered by Blogger.
RSS

Wednesday, November 27, 2013

CILOK (jawa barat)

Posted by mimie at 4:07 PM







assalammualaikum wwb...
pertama kali lihat cilok ini di blog mb rina dapur manis.
beliau mostingin cilok. langsung ngidam deh.
apalagi di depan rumah selalu lewat babang2 jual cilok ini.
tapi di tempatku cilok ini di sebut bakso tusuk. mungkin krn bentuknya bulat seperti bakso dan makannya harus di tusuk pake lidi kali ya...heheh....ngarang.

aku pernah sih beli sekali. tapi agak kurang sreg sama kuah kacangnya. agak gimana gitu.
apalagi babang yang jual sepertinya tidak perduli akan kebersihan...

dan semalam, si ponakan nginap di rumah. krn sekolah TK nya libur berhubung semalam pilgubri di riau.
indah mau beli si bakso tusuk, tapi aku larang.
so... aku ajak dia buat cilok sendiri.
dia bantuin bulat2in cilok...hihi...ampe belepotan.
resepnya  dr  bunda riche tapi aku merujuk dari blog mb yulyan.
hampir sama dengan resep mbak rina sepertinya.
di sini aku menambahkan ebi dan menskip merica. soalnya si indah nggak doyan pedes... :)
hasilnya..... lekerrrrr...enak... lembutnya pas...
lebih enak dari yang di jual babang2 itu..
lebih murah dan lebih bersih tentunya.... ^_^









CILOK

resep : bunda rickhe
rujukan resep : yulyan cooking with love

Ingredients:

200 gram tepung sagu tani/kanji

200 gram tepung terigu 

2 siung bawang putih, haluskan

1 sdt garam

1 sdt dashi #aku nggak pake

1/4 sdt merica bubuk # aku nggak pake

2 batang daun bawang , iris halus

400 ml air 
50 gr ebi kering rendam air panas ,haluskan



Air secukupnya untuk merebus cilok
Pelengkap:

Sambal kacang

Saus sambal botolan

Kecap manis



Method:

Campur dan ayak tepung sagu tani dan tepung terigu. Tempatkan dalam wadah. Tambahkan daun bawang dan aduk rata. Sisihkan.

Panaskan air, tambahkan garam, kaldu bubuk . Biarkan hingga mendidih. Matikan api. Angkat.

Masukan air kaldu panas-panas ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan diuleni menggunakan sendok kayu. Uleni hingga kalis dan bisa dipulung.  
( Note : pakai feeling ya, klo dirasa sudah cukup kalis hentikan penambahan air, klo dirasa masih terlalu kering airnya bisa ditambah)

Ambil sedikit adonan bulatkan sebesar bakso.
Rebus cilok dalam air mendidih hingga mengapung. Biarkan agak lama direbus setelah mengambang. Sekitar 15 menit. Angkat.  Sajikan dengan pelengkap sambal kacang, saus sambal botolan dan kecap manis bila suka.


8 comments on "CILOK (jawa barat)"

Rina Audie on November 27, 2013 at 5:53 PM said...

dingin-dingin habis ujan paling pas nggayemi cilok anget. kenyang seketika....

zila norazila on November 27, 2013 at 10:42 PM said...

Tunggu resepinya..x pernh mkn nie mimie

mimie on November 28, 2013 at 9:11 AM said...

to mb rina audie : iya mbak... kenyal2 gimana gt ya....
lbh enak dr yg di jual2... ehemmmm

mimie on November 28, 2013 at 9:12 AM said...

to kak zila norazila : oke kak...
semalam tu buat N3 dah nak magrib.. tak sempat bagi resepi... ^_^

Ummu Fatima on November 29, 2013 at 1:35 PM said...

numpang makan cilok ya Mbak....:D

Hanna HM Zwan on November 29, 2013 at 3:26 PM said...

salam kenal mbk..heummm,saya suka cilokkkk hehe...

mimie on November 30, 2013 at 9:42 AM said...

to ummu fatima. : hihi...ayo merapat umm ^_^

mimie on November 30, 2013 at 9:42 AM said...

to Hanna HM Zwan : ayo di bikin sendiri ...lebih sehat dan murah meriah... :)

Post a Comment