Powered by Blogger.
RSS

Sunday, November 24, 2013

CHURROS

Posted by mimie at 8:55 PM


Assalammualaikum wwb....
hari ini ingin sharing tentang churros.
pertama kali lihat churros di blog mb yulyan.
terkagum kagum dengan jepretan beliau waktu itu...
mebeles...mebeles kata jarjit singh di kartun upin ipin.....^_^
ternyata churros ini sama bahannya dengan choux pastry aka kue sus.
hanya saja churros  di goreng sedangkan kue sus di panggang.
dari segi rasa aku lebih suka churros. lebih gurih dan wangi menurutku.
bisa di santap dengan coklat cair atau pun gula halus saja.
si emak malah makan gitu aja... mengingat sakit diabetnya..

oya.... kalau mau tekstur churrosnya cantik, maksudku terlihat jelas lekuk2nya, gunakan telur yang kecil ya...
insyaallah... chorrosnya bakalan terlihat jelas lekuk2nya.
dan menggorengnya sebaiknya di teflon atau wajan datar saja. supaya churrosnya lurus.
goreng dengan api sedang kecil saja...
kalau minyak terlalu panas, ada gelembung2 di churrosnya. jadi tidak mulus.
satu lagi yang perlu di ingat...masukkan telur setelah adonan dingin ya...
atau setidaknya sedikit hangat...agar telur tidak matang dan churros mengembang sempurna...





CHURROS


bahan;

150 gr terigu(lebih baik terigu protein tinggi mis cakra kembar)
125 gr margarin
250 gr air
4 btr telur


cara membuat:
  1. masak air dan mentega hingga mendidih.
  2. masukkan terigu sekaligus biar nggak berindil2(bahasa apa ya berindil itu) aduk dengan konstan ,jangan lupa kecilkan api biar nggak gosong.aduk sampe adonan kalis dan matang.angkat.biarkan dingin.
  3. masukkan telor aduk.(kalau aku ku mixer aja,males ribet)
  4. masukkan ke kantong segitiga yang telah di beri spuit 1M.
  5. semprotkan langsung ke teflon sesuai panjang yang di inginkan.
  6. goreng dengan api sedang hingga gelembung2 udaranya hilang. dan churros berwarna keemasan
  7. sajikan bersama coklat cair atau gula halus



8 comments on "CHURROS"

Rina Audie on November 25, 2013 at 10:05 AM said...

belum pernah bikin nih. kapan-kapan nyobain ah...

mimie on November 25, 2013 at 10:09 AM said...

to mb rina audie : ayo ayo di bikin mbak...
enak pake bangettt...
aku juga kapan2 mau buat lagi...
di bekukan dulu di kulkas setelah di spuit mb... baru di goreng.
katanya churrosnya bakalan lurus banget.... :)

ONY EFENDI on November 28, 2013 at 11:30 PM said...

iya mbak mimi, tadi sore aku buat juga nyontek resep mbak endang JTT, trus dibekukan dulu sampe bener2 beku baru di goreng jadi muluuuussss banget deh. org rumah jg pada suka apalagi ditemeni teh hangat... suka deh

mimie on November 29, 2013 at 11:42 AM said...

to ONY EFENDI : sep lain kali harus masuk kulkas dulu ya...
kapan2 mau coba lagi... :)

Ummu Fatima on November 29, 2013 at 1:38 PM said...

mauuuu....org jepang juga suka ini....

ONY EFENDI on November 30, 2013 at 12:28 AM said...

kalo buat lagi lempar ke bagansiapiapi ya mbak...hehehe

mimie on November 30, 2013 at 9:44 AM said...

to ummu fatima : aku kirim via email ya umm ke jepang... hehe

mimie on November 30, 2013 at 9:44 AM said...

to ONY EFENDI :baiklahhhh,....satu kontainer ke bagansiapapi.... ehhehe

Post a Comment