Powered by Blogger.
RSS

Tuesday, July 10, 2012

onde onde ketawa yang tak seberapa ketawa :)

Posted by mimie at 9:28 PM
assalamualaikum wwb....
selasa barokah di bulan syaban.... ^^
semasa N3 ini di ketik, hujan baru saja berhenti.... dumai sejuk terasa..... ^^
kalau aku.... aku lebih suka wet season kayak gini....hujan aja setiap hari....ademmm ...
tapi ya itu.....sana sini becek nggak ada ojekkk #ala cinta laura... :P
bukan apa, aku nggak seberapa tahan dengan cuaca panas...cepet capek dan gampang masuk angin..heheh






dan senen semalam itu ...katanya....ini katanya lho.....
aku baca di yahoo.... ada kiamat internet getoh.....
nggak mudeng aku....yang pasti katanya akan ada penyebaran virus komputer...
aje gileeeeeeeee...... takut juga saia....keder juga...
gimana kalau nyebar ke para kompi ku itu....bisa kiamat deh bonggol warnet....xixixixi
jadi untuk jaga2....semalam nggak buka warnet dan nggak ol juga.....
padahal anak2 yang biasa tenetan di tempatku pada hilir mudik...
ya maap dekkk..... saia tutup sehari aja..... ^^
alhamdullilah....hari ini udah buka seperti biasa..... ^^



hari ini postingannya ''onde onde ketawa "
hiihi...lucu ya namanya..... 
sebenernya di kede kami, ada yang nitip kue ini.
rasanya tuh garing dan wangi. manisnya 'ukur ukur' alias manis2 jambu gitu.
rin dan aku juga seneng makan nih kue...
jadi dari pada ''beli'' ...mending buat sendiri.
gugling sana sini ada 2 resep yang berbeda.
ada dr NCC dan resep tradisional.
dari testimoni resep NCC yang kubaca.... kue ketawa dari resep ncc akan terasa lembap dan lembut.rada kayak bolu padat gitu.
sementara resep yang tradisional akan garing.
karna aku suka yang garing , so aku nyoba resep yang tradisional aja.





awalnya aku ikuti step by stepnya...
tapi ketika semua tepung sudah ku masukkan,,,, kok masih agak lembek ya...
jadi aku tambahi sedikit tepung agar nggak lembek banget.
ketika memulung adonan menjadi bola2, hendaknya taburi telapak tangan dengan tepung. supaya adonan tidak lengket di tangan.
di resep itu di sebutkan, menggoreng dalam minyak banyak dan panas.
kemaren aku nyoba satu buah..... ku goreng dengan minyak yang panas....tapi aje gileeee...
belum sempet ketawa ,onde2nya udah rada hangus.
jadi mungkin aja harus pake api kecil supaya nggak panas banget.
dan benar ternyata, menggoreng dengan api kecil banget buat onde2nya matang sempurna dan merekah cantik.
walaupun tidak semerekah onde2 yang di titip di kede ....
tapi..... dalam sekejap.....onde2 yang udah siap di goreng , hilang di pandangan mata....
bwehhhh..... orang di rumah pada doyan ternyata....
senengnya gini kalau buat kue.....mereka pada doyan..... ^^




ONDE ONDE KETAWA
rujukan resep : budi boga


bahan :


350 gr tepung
1/4 sdt garam
1/4 sdt baking powder
1 butir telur
1 1/2 sdm minyak sayur (mentega cair)
175 gr gula
100 ml air


bahan lain :
1 mangkok air
100 gr wijen


cara membuat :


1.didihkan air dan gula hingga gula larut. sisihkan .biarkan dingin
2. kocok asal rata telur dan minyak hingga tercampur rata.
3. masukkan air gula ke kocokan telur.
4. masukkan campuran tepung dan baking powder ke adonan telur.
5. aduk2 hingga kalis dan tidak lengket di tangan.kalau masih lengket tambahi tepung sedikit demi sedikit.
6. pulung2 sebesar bola pimpong. celup ke air sebentar dan balur ke wijen hingga tertutup rata,
7. goreng dalam minyak yang banyak menggunakan api kecil. hingga matang dan merekah.







4 comments on "onde onde ketawa yang tak seberapa ketawa :)"

♥LOVE2COOK MALAYSIA♥ on July 9, 2012 at 7:32 AM said...

Liked your post title...tergelak saya :)
Nice onde onde..

mimie kesuma on July 10, 2012 at 10:36 AM said...

hehhe.... terima kasih sdh berkunjung...
iya...itu onde2nya cm mau senyum simppul... ^^

Hermanku on January 3, 2013 at 11:30 AM said...

"Memang kalo belum bisa yg harusnya ketawa malah nggak, yang nggak malah ketawa.. bikin onde-onde kacang hijau harusnya nggak.. malah meledak.. he..he.."

mimie on January 3, 2013 at 1:08 PM said...

@hermanku : hehe..ya... onde2 kacang hijau suka meledak...enakan beli...:)
makasih sudah berkunjung...:)

Post a Comment