Powered by Blogger.
RSS

Wednesday, July 11, 2012

gulai buncis tauco

Posted by mimie at 5:52 PM


gulai buncis...... 
di rumah ini adalah sayur favorit.
tapi...walaupun namanya gulai buncis taoco, nggak ada taoconya.
nggak tau kok bisa jadi gulai tauco walaupun nggak pake tauco.... #peneng .... --___--"
ini yang belanja bahan2nya juga eikeh.....xixixi
jarang2 saia ke pasar....tapi dek karena mamak lagi sakit.... saia gagahkan kaki ini ke pasar ikan yang jauhnya ngajubilleh dan beceknya ..ampunnnn....
selama seminggu ini mengabsenkan muka ke pasar.....hehhe
tapi alhamdullilah.... mamak yang kemaren kena cacar api juga gula darahnya kambuh, sudah beransur sembuh...
tinggal nunggu kering aja cacarnya..... ^^
dan seumur2 baru kali ini ,aku baru liat ''cacar api''.... beda banget dengan ''cacar air''.
duh...jauh2in ya allah....








kali ini gulai buncisnya nggak pedes....menurut lidahku....karna biasanya kami menggunakan cabe yang jumlahnya fantastis nan bombastis deh.....heeeeee
kali ini pedesnya ''ukur ukur'' ... ^_^
dan santannya juga encer aja, biar nggak eneug.....
dengan bumbu yang juga nggak seberapa, tambahan tempe dan jeroan ayam ( hati dan empela) membuat gulai ini istimewa. cocok deh kalau buat teman makan lontong atau ketupat.
rasanya nggak berat..... but still yummy.... ^^

dan liat deh piring yang aku gunakan..... keliatan gempil kan...????
hwaaaa.....setelah liat2 blog che mat gebu... yang selalu menggunakan piring yang sama, baru tersadar mamak ku juga punya . tapi bongkar2 tinggal 1 buah ...toktilllll..... gempil pulakkk
tapi tak pa...gempil , gempillah.... tayang jeeee...... eit dah ... mendadak berbahasa melayu... ^^



GULAI BUNCIS TAOCO


bahan :


250 gr buncis , siangi dan iris serong
1 buah tempe, potong kotak dan goreng setengah matang 
4 pasang hati empela ayam (bisa di ganti daging ), potong 2 cm, goreng hingga matang
50 gr cabe keriting hijau , iris serong
5 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 batang serai di keprek
2 cm lengkuas di keprek
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa


bumbu halus :


5 butir cabe rawit ( bisa di skip jika tidak suka pedas, atau di tambah jika suka pedas)
1/2 cm jahe
1/2 cm kunyit
1 sdm ketumbar
5 butir bawang merah
3 butir bawang putih
garam secukupnya
penyedap rasa 

cara membuat :

1. tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai.
2. masukkan buncis dan tempe juga hati rempela. aduk aduk sebentar.
3. tuang santan. biarkan mendidih sambil di aduk supaya santan tidak pecah.
4. hidangkan.





0 comments on "gulai buncis tauco"

Post a Comment