Powered by Blogger.
RSS

Thursday, July 26, 2012

BUBUR CANDIL UBI UNGU iftar ramadhan ke 5

Posted by mimie at 10:11 AM
 assalammualaikum......
selamat hari rabu..... ^^
selamat menjalankan puasa...semoga lancar2 jaya puasanya....
alhamdullilah udah hari ke 5 ya.....
cepat bener waktu berlalu.... ntar nggak kerasa sudah di ahir ramadhan saja...
bila sudah di ahir ramadhan...sayu....sedih hati.... rasanya kayak mau berpisah dengan pujaan hati.... 
entah tahun depan dapat bersua lagi entah tidak.....
apapun..... semoga bisa di isi dengan sebaik2nya...aminnnn



untuk iftar semalam, aku buat bubur candil ubi ungu.
buat teman2 di malaysia mungkin biasa menyebutnya kledek ...
resepnya ku dapat dari dapur mbak hesti. 
izin copas yo mbak...barakallah.... ^^
sedikit aku derhakakan dari resep asal.... ubi ungu nya aku tambahin dikit eh banyak...xixixixi
soalnya aku suka banget dengan kledek. supaya lebih kerasa aja kledeknya...
ampun mbak hesti.....aku sudah memporakporandakan resepmu..... :)
tapi hasilnya enak banget...kenyal2 gitu.
untuk kuahnya, aku pake santan encer aja. merebus santannya juga asal mendidih aja, langsung aku matiin.
aku suka eneg kalau makan kolak atau bubur santannya kental dan berminyak....
dan aku tambahin 1 sdm tepung beras ke kuahnya. supaya tidak terlalu encer






BUBUR CANDIL UBI UNGU


bahan candil :


150 gr tepung ketan
100 gr ubi (kledek) ungu, rebus dan haluskan selagi panas #aku tambah hingga 300 gr.
1/4 sdt garam
100-125 air #aku kurangi, karena kledek aku tambah.




bahan kuah :

500 ml santan dari 1/2 butir kelapa (aku peras menggunakan air matang)
1 sdm tepung beras (larutkan dgn sedikit santan)
200 gr gula (sesuai selera)
2 lembar daun pandan (remas dan ikat simpul)
1/2 sdt garam


cara membuat :


1. aduk rata tepung dan garam.tambahkan ubi ungu yang sudah di haluskan. aduk menggunakan tangan.
2. tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan bisa di pulung dengan tangan.
3. bentuk bulat2 atau sesuai selera. hingga selesai semua
4. rebus di air mendidih hingga bola2 ubi mengapung. angkat tiriskan.
5. untuk kuah : campur semua bahan . rebus asal mendidih saja. masukkan bola2 ubi ungu.
6. hidangkan hangat2.

2 comments on "BUBUR CANDIL UBI UNGU iftar ramadhan ke 5"

Anonymous said...

Mega
Bundaaaaaaa td ibu liat ft candil mu katanya cantik candilnya wrn ungu...

mimie kesuma on July 26, 2012 at 10:18 PM said...

hihhi..... minta ibu buatkan lah....
enakkk...ng rugi....

Post a Comment