Powered by Blogger.
RSS

Sunday, September 30, 2012

LAPIS SURABAYA EKONOMIS

Posted by mimie at 4:40 PM 0 comments Links to this post

assalammualaikum wwb....




lapis surabaya.....
udah lama pengen buat cake yang satu ini....tapi belum sempat...
semalam minggu...abis beres2 rumah , aku sempatkan deh buat cake ini.
kalau lapis surabaya yang sering aku jumpai di mbah gugel, resepnya ampunnnnnn....
menggunakan kuning telur yang fantastis jumlahnya.

dan karna di rumah juga nggak banyak rakyatnya, aku bikin versi aku aja.

aku pake resep bolu gulung lembut, dan ku masukkan ke loyang brownies ukuran 10x30 cm.
ku oven di 3 loyang sekaligus #beruntung punya 3 loyang
hasilnya lumayan juga.... tetep lembut dan irit telur


LAPIS SURABAYA EKONOMIS

bahan :

10 butir kuning telur
2 butir putih telur
100 gr tepung terigu
100 gr gula
100 gr mentega ,lelehkan
1 sdt SP (emulsifer)
pasta coklat
selai strobery/ bluberry

cara membuat :

1. miver kuning telur, putih telur, gula dan sp hingga kental dan mengembang
2. ayakkan terigu di atas adonan. aduk balik perlahan .hingga tercampur rata.
3. masukkan mentega cair , aduk balik perlahan hingga tercampur rata
4. bagi 3 bagian. 2 bagian biarkan tetap putih. dan 1 bagian tambah pasta coklat.
5. masukkan masing2 adonan ke loyang brownies.
6. bakar hingga matang .
7. oles setiap lapisan dengan selai kesukaan (aku pk blubery jem).
8. tumpuk menjadi satu.



kering kentang

Posted by mimie at 4:32 PM 0 comments Links to this post






Saturday, September 29, 2012

BOLU KUKUS 10 MENIT

Posted by mimie at 4:03 PM 0 comments Links to this post


assalammualaikum wwb....
hari ini buat si bolu kukus ketawa.....
terprovokasi santi yang tag foto bolkusnya yang ngakak ceria...
dan karena aku dan orang2 di rumah nggak doyan kue ini...#bau telor
aku bikin 1/4 resep saja...
telurnya cm 1 buah...xixixixi...lumayann...dapat 12 cup.
tinggalin 1 buat bapak...dan yang lainnya aku bagi2 ke anak2 tetangga...
kali ini alhamdullilah..... ada yang ketawa bolkusnya....tapi ada juga yang tersenyum manis...eheeee
ndak apa2 deh...... lain kali coba lagi..... ^_^






Bolu Kukus 10 menit
resep : Fatmah Bahalwan

link resep : my kitchen notes


Bahan
4 butir telur
450 gr gula pasir
1 sdm emulsifier
1 sdt BPDA (baking powder double akting)
500 gr terigu protein sedang
300 ml susu cair

warna ungu

 Cara Membuat
- Panaskan kukusan dengan air sedang (jangan terlalu banyak), dengan api besar. Jika tidak pakai klakat, bungkus tutup kukusan dengan serbet bersih.
- Kocok semua bahan (kecuali pewarna ungu) sampai mengembang dan sangat kental.
- Ambil sebagian adonan, campur dengan warna ungu
- Tuang adonan putih ke cetakan bolu kukus sampai hampir penuh. Tuang sedikit adonan ungu di atasnya. untuk lebih mudahnya, masukkan adonan ke plastik segitiga.
- Kukus selama 10 menit. Jangan terlalu banyak mengisi kukusan, agar bolu kukus tidak hanya tertawa tapi ngakak(merekah)








Tips dan Triks:
- Adonan harus dikocok hingga sangat kental (hingga sulit jatuh jika mixer diangkat). Adonan yang kurang kental, bolu kukus tidak mau tertawa.
- adonan yang kental di tandai , apabila mixer di angkat, adonan akan sulit jatuh.
dan bila di masukkan ke cup, adonan tidak mudah menyatu.(lihat gambar)
- Berbeda dengan resep yang pakai soda, resep ini dipengaruhi kesegaran telur, daya kerja BPDA, dan emulsifier. Pastikan emulsifier dan BPDA masih bagus, serta telur masih segar. Tanda telur segar adalah putih telur masih kental, tidak encer dan tidak memisah dari kuning telur.
- Api kukusan harus besar agar uap sangat panas dan banyak. Tapi air jangan terlalu banyak agar uap tidak membasahi dasar cetakan yang membuat bolu kukus mengkerut di pinggang.
- Adonan bolu kukus tidak apa-apa mengantri. Oleh karena itu, jangan memaksakan banyak cetakan dalam sekali pengukusan, agar bolu kukus dapat ngakak.
- Cukup kukus selama 10 menit. Jangan terlalu lama mengukus yang membuat bolu kukus mengerut. 






Friday, September 28, 2012

home style fried rice aka nasi goreng mamak style

Posted by mimie at 9:58 AM 0 comments Links to this post

assalamualaikum wwb.....
nasi goreng....ya...nasi goreng....
hari ini sarapannya nasi goreng....dan hampir setiap hari sarapannya nasi goreng atau mie goreng.
mamak bilang.... dari kami kecil, mamak sengaja masak nasi lebih ,supaya paginya bisa di buat nasi goreng.
supaya anak mamak berangkat ke sekolah dengan perut kenyang....selain nggak bakalan laper di sekolah juga ngirit uang jajan..... #pengsan
ahahahah......mamak ada2 aja..... #peluk mamak....
dan hingga kami dewasa pun, mamak masih suka goreng nasi untuk sarapan lho....xixixixi
aku rasa.....nasi goreng mamak nggak pernah berubah rasanya....
sesuatu yang di rindukan jika berjauhan dari rumah......




NASI GORENG ALA MAMAK

BAHAN:

2 piring nasi putih
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
5 butir cabe rawit #sesuai selera
1/2 sdt ebi
garam
penyedap rasa
1 batang daun bawang , iris serong
2 sdm mentega untuk menumis

pelengkap :

telor mata sapi
sosis
tomat
timun

CARA MEMBUAT :

1.  haluskan bawang putih,bawang merah, cabe dan ebi 
2.  tumis daun bawang hingga layu. masukkan bumbu halus, tumis hingga wangi
3.  masukkan nasi . aduk hingga rata dan matang
4.  sajikan bersama pelengkap.
 


Wednesday, September 26, 2012

pulut srikaya pelangi aka srimuka pelangi

Posted by mimie at 10:34 AM 0 comments Links to this post

assalammualaikum wwb....
salam dari kota dumai.....
semoga hari anda berwarna warni seperti kue ku ini ya.... ^_^
sebenernya ada rasa kesal..... bagai mana tidak.... aku menemukan foto2ku di comot begitu saja tanpa izin.
dan lebih menyedihkan lagi, watermark ku di crop...di buang....ataupun watermark yang ku taruh di tengah di balik sama orang yang seenaknya itu.bahkan blog yang beriklan pula.....
sssttttt...bahkan ada blog yang folowernya sudah ribuan lho....
heeuuuu...huhu...... kesal sangattttt.....
kayak males banget mau ngeblog lagi.... hisssss
apa salahnya tetap membiarkan watermark di sana...dan memberi link asal kan....
kita2 blogger kuliner ini tidak pelit atau lokek pun...
niatnya juga ingin sharing minat dan hobby baking membaking dengan banyak orang....
tapi ya sudahlah.....inilah dunia tenet2an nih...
copas sana...copas sini... crop sana...crop sini.... -____-"
ikhlaskan saja,,,,, walaupun dalam hati masih tersisa rasa kesal...





aissssss....kan...pagi2 udah ngedumel...
kita lupakan tentang hal itu....
mareee...mareee kita bercerita tentang kue pulut srikaya pelangi...
kue ini kalau di malaysia di sebut kue srimuka....
mungkin setelah makan kue ini muka berseri2 pula kan...xixixii... #sumbat banyak2 dalam mulut.. :)
apapun itu....kuenya tetap sama.
terbuat dari ketan yang dikukus di campur santan.dan diatasnya srikaya hijau yang manis legit...
cumaaaaaa.....karna resep srikaya itu menggunakan telor.....dan orang di rumah nggak suka banget sama bau telor....aku mengganti dengan lapisan yang terbuat dari tepung hongkue yang di campur sedikit agar2 bubuk.
rasanya tetep enak kok....
manis....legit....seperti aku....ahahhahaha........... :P




resepnya pernah aku muat di sini...
hanya saja kali ini aku ingin bikin aneka warna.... biar terlihat lebih cantik saja....
caranya tinggal membuat adonan 3 bagian.dan beri warna sesuai selera. trus di lapisi selapis selapis.
tentu saja tunggu adonan yang awal agak beku dulu... ^_^

BAHAN :

500 gr pulut putih,rendam 4 jam
1/2 butir kelapa parut.ambil santan kentalnya saja kira2 200 ml
sedikit garam

100 gr tepung hongkue
1/2 bks agar agar no 1
250 gr gula
550 ml santan cair
sedikit garam
sedkit air perasan pandan atau kalau mau ng ribet pakai pasta pandan saja


 CARA MEMBUAT :

kukus pulut setengah matang.angkat.beri santan yang telah diberi garam.
kukus kembali hingga matang.
alasi loyang dengan plastik.dan pastikan plastiknya melebihi tinggi loyang.supaya mudah menggangkat kuenya.
padatkan pulut di loyang dengan menekan2 pulut sampai padat (biar cantik tampilannya saat di potong).

campur semua bahan srikaya.rebus sambil diaduk hingga meletup2.
tuang di atas pulut tadi.
dan biarkan mengeras.
siap di potong.

untuk warna pelangi... bagi adonan tepung hongkue menjadi 3 bagian.
beri warna sesuai selera.
masak adonan satu persatu. tunggu hingga adonan yang pertama agak beku ,baru masak adonan yang seterusnya.



Tuesday, September 25, 2012

green mango salad

Posted by mimie at 3:17 PM 0 comments Links to this post


assalammualaikum wwb...
salam ukhuwah yah....
ahir2 ini hujan selalu menghiasi hari2ku....
ya...tiap hari hujan...bahkan dari tadi malam hujan mengguyur kota dumai.
semoga hujan yang turun membawa serta rezeki yang berkah....aminnnnn...



pernah lihat dan tonton american master chef  season 3 ?????
di fox kayaknya baru audisi ya....
dan ada seorang wanita asia yang menarik perhatianku...khristy namanya. wanita keturunan vietnam.
ya... awalnya aku pikir dia wanita biasa yang passion tentang masakan.
sampai ahirnya dia melangkah maju untuk mengambil celemek/apron master chef menggunakan bantuan tongkat.
apalagi...air mataku pun deras mengalir..... ya...air mata kekaguman.
bagaimana mungkin dengan segala keterbatasannya...bisa menghasilkan makanan yang bahkan kita yang normal saja belum tentu bisa .
tuhan maha pengasih.... ^_^
ku cari di google tentang sosok wanita ini....
dan benar.... dia memenangkan master chef season 3 amerika...yang di amerika sana telah selesai masa penayangannya,
waahhhhh.....daebakkkk....hebat.... 
nggak sabar menungu setiap episod berikutnya...
dan ternyata salah satu hidangan final sang master chef ini adalah green manggo salad...
dan hidangan sederhana inilah yang memberinya nilai plus... ^_^





oleh karna itu lah.......
daku dengan semangat ala makcik2 awal bulan.....(emak2 di tanggal muda)... memetik dengan jayanya..mangga di depan rumah....xixixixi
kebetulan mangga di rumah lagi banyak2nya.....sebesar gaban.... ahahah.....
so.....gugling resep si green mango salad ini....banyak banget resep..aneka rupa...
kebanyakan sih resep asalnya dari thailand...
jadi aku ngambil jalan tengah aja....lihat apa yang ada aja....
yang penting...enyakkk...dan deliossooooo....^_^

sebenernya...salad mangga muda ini seperti rujak kalau di indonesia.
bedanya hanya penggunaan fish sauce saja...
yang lain sama plek...
dan seperti hidangan thailand yang lainnya....hidangan ini ada rasa asam,manis dan pedes.





GREEN MANGO SALAD

bahan :
1 buah mangga muda, kupas dan serut kasar(atau potong korek api)
1 buah timun , serut kasar
1 tangkai daun seledri, potong2
2 siung bawang merah
1 sdm air jeruk nipis
1 sdm fish sauce (kecap ikan)
50 gr gula jawa
4 butir cabe rawit (sesuai selera)

cara membuat :

1. haluskan semua bahan kecuali mangga , daun seledri dan timun
2. campurkan mangga dan timun ke bumbu yang di haluskan.
3. sajikan dingin.







KUE CENIL RAINBOW

Posted by mimie at 9:56 AM 2 comments Links to this post
assalamualaikum.....
salam cenal cenil dari daku.....^_^
eittt..... mentang N3 nya kue cenil ya....
bagai mana dengan kota anda..... kota dumai tercinta belakangan ini musim hujan.
setiap hari musim hujan. kadang kasian lihat adikku, pulang kerja basah kuyup....
semoga saja musim penghujan ini kita semua tetap sehat ya.... aminnnnnn





kemaren aku ingin bernostalgia tentang masa kecil. ya....kue cenil.dulu kami menyebutnya sate telo... hihihi
kue cenil ini punya cerita tersendiri.
kue ini mengingatkan aku tentang perjuangan mamak membesarkan kami.
iyalah..... penghasilan bapak waktu itu tidak cukup untuk membiayai hidup kami sekeluarga.
dan mamak lah yang ikut membanting tulang membantu menutupi kekurangan.
teringat...mamak yang berjualan sayur keliling desa, pasti menyempatkan mampir ke rumah sebelum keliling.
hanya untuk memberi sebungkus kue cenil buat kami.
kue cenil ini sebenernya hanya terbuat dari ubi yang di parut, di buat bola2 kecil dan di kukus.
di santap bersama kelapa parut yang di tambah sedikit garam dan gula.
namun entah kenapa kami adik beradik sangat meyukai kue cenil ini.

dan kemaren mamak sempat bercerita...kalau dulu,setiap 5 bungkus yang dijualnya,untungnya ya satu bungkus yang kami makan itu....
hiksss.....jadi syahdu,,,,, 
terimakasih makkk....
setiap tetes keringat mamak, tak kan pernah bisa kami balas,
tetap sehat ya mak...aminnnnn....





dan untuk kue cenil ala jasmin kitchen ini aku buat seperti rainbow2 gitu....eheheh
ngikut trend.....ehehehehe :P
aku share deh resepnya...
cekidot yoooo.... ^_^

KUE CENIL

resep :
1 kg ubi kayu ,parut
gula secukupnya (sesuai selera)
garam secukupnya (sesuai selera)
kelapa parut ambil putihnya saja.(beri sedikit garam dan gula)
pewarna makanan.

cara membuat :
1 campur ubi yang telah diparut, gula dan garam.
2 ber warna sesuai selera.
3 bentuk bulat2 kecil sebesar kelereng.
4 kukus hingga matang.
5 balur dengan kelapa.
6 tusuk2 seperti sate.




Sunday, September 23, 2012

Omurice aka omuraisu

Posted by mimie at 8:23 PM 4 comments Links to this post

assalamualaikum....
happy weekend yaaa..... ^_^




hari ini ingin cerita tentang omurice (jepang) atau omuraisu  오므라이스 (Oh-meu-rah-ee-seu) dalam bahasa hangul korea.
pertama kali lihat sajian yang satu ini di catatan seorang teman FB ku.... kayaknya kok enak simpel ya.
pengen banget buat...makasih oppa pauji yang sudah memgupload si omuraisu ini... gamsahamnida oppa..:)
jadi semalam nyobain deh si omurice ini.
di jepang dan korea sana, omurice ini makanan favorit di rumah2. kayak makanan rumahan gitu deh.
aku lihat di mbah google , omurice ini di lengkapi dengan berbagai saus.
tapi aku nggak mau cerita tentang saus2 itu.
aku ingin cerita tentang si omuraisunya aja.

sebenernya... omuraisu ini hanya nasi goreng yang dibungkus telor dadar sedemikian rupa .
kalau aku ...aku hanya menggunakan nasi goreng biasa .
nasi goreng ala2 kampung gitu...eheheh...
dan telor dadarnya juga cuma aku bumbui masako (kaldu ayam)saja.
mendadar telornya juga harus tipis dan lebar.agar bisa membungkus nasi goreng dengan rapi.
ssssttttt.....kayaknya omuraisuku ini, nasi gorengnya terlalu sedikit...xixiixxi
jadi nggak keliatan ''blenduk" ya.... -____-"

buat siapa yang mau mencoba muraisu ini.....
silahkan menggunakan resep nasi goreng kesukaan anda, dan berkreasi sesukanya...
happy baking..... ^_^




Saturday, September 22, 2012

japaneese choux aka soes jepang

Posted by mimie at 12:17 PM 2 comments Links to this post


assalamualaikum.....
selamat hari sabtu..... ^_^



soes jepang.....reques adekku rini tuh....setiap hari minta di bikinin kue soes.
so semalam ku buatin deh... ^_^. beda dengan kue soes yang selama ini aku buat. kali ini aku buat soes yang ada toppingnya. namanya soes jepang... atau nama bekennya choux papa bread.
nama ini sudah sering aku lihat di mbah gugel....
di blog teman2 juga udah memposting kue yang satu ini,,,
kayaknya aku emang ketinggalan deh...baru sekarang nyobain....
tapi nggak apa2 deh...yang penting , ngidam bikin soes jepang udah kesampaian... ^_^

soes satu ini memang beda dengan soes yang biasa.
soes ini ''bermahkota"... eheheh....alias ada toping di atasnya.
setelah matang,ada sensasi kriuk2 manis si toping itu tadi.
hanya sayang.....setelah dingin toppingnya akan melembek. jadi sebaiknya di santap selagi hangat ya... :)





sedikit masukan...sebaiknya memberi topingnya agak tebal.seperti fotoku di bawah ini.
supaya hasilnya tebal dan cantik.... ^_^


tips :
1. sebaiknya menggunakan telur ukuran kecil saja,agar adonan tidak terlalu cair
2. masak adonan hingga benar2 kalis. 
3. sebelum masukkan telur, tunggu adonan dingin dahulu. 
telur yang dimasukkan ketika adonan panas akan mamatangkan telur.sehingga soes tidak bisa mengembang sempurna.
dan sebaiknya diamkan adonan ini selama 15 menit supaya kulit soes cantik dan kokoh.
4. oven kue sus dengan suhu 200 c pada 10 menit pertama. setelah itu panggang dengan suhu 180 c. hingga matang.
5. jangan buka2 oven . tunggu kue soes tidak ''berkeringat'' lagi. artinya tidak ada gelembung2 lagi.
membuka oven ketika gelembung2 masih ada akan menyebabkan kue sus turun semula.




sus
bahan;
150 gr terigu(lebih baik terigu protein tinggi mis cakra kembar)
125 gr margarin
250 ml air
4 btr telur

cara membuat : 
1.  rebus air dan margarin hingga mendidih.
2.  masukkan tepung terigu sekaligus. aduk2 hingga tercampur rata.masak hingga kalis (tidak lengket di wajan ).jangan lupa pakai api kecil saja.
3.  setelah tercampur rata. biarkan adonan dingin.
4.  masukkan telur. kocok menggunakan mixer hingga rata.
5.  bentuk dan cetak sesuai kehendak di loyang yang telah di oles mentega.(untuk soes jepang ini aku menggunakan spuit polos besar, yang ku bentuk menyerupai gundukan pasir)
6.  semprotkan adonan topping mahkota di atas soes yang telah di cetak.
menyerupai lingkaran obat nyamuk...eheheh
7.  panggang hingga matang.



bahan TOPPING mahkota 
resep : sahak pribadi

bahan :
50 gr mentega
50 gr tepung
50 gr gula halus
1 sdm air
pewarna hijau (aku tambah)

cara membuat :

campur semua bahan .kocok hingga tercampur rata.
masukkan ke plastik segitiga. gunting sedikit ujungnya .
semprotkan melingkar di adonan sus. (lihat gambar)

Sunday, September 2, 2012

stick kentang

Posted by mimie at 4:45 PM 6 comments Links to this post


assalammualaikum wwb.....
masih di bulan syawal ya.... kuih2 di toples sisa lebaran pun masih ada...
tak terasa hampir 2 minggu ramadhan berlalu....
lebaran kemaren kami sekeluarga mudik,pulang kampung ke kampung halaman mamak di pakning sono...
tapi....jalannya....subhanallah...... bener2 dah....
bergelombang.....keriting.... bikin perut mual dan kepala pusing. adekku rin pun sampe muntah2...xixixi
perjalanan 2 jam yang terasa begitu berat terhapus ketika sampai di tempat tujuan.
berhalal bihalal dari rumah pakde yg di tuakan....hingga rumah bibik2,adek dr mamak..ke rumah sepupu2.
tiap ke rumah mereka...wajib makan...
mereka siap potong ayam kampung lagi... enakkkk...beda dengan ayam ras..
tapi kalau sampai 7 rumah seperti itu.....hehheeh..... perut dah mau meledak kayaknya...
tapi seneng....setahun sekali bertemu dengan sodara handai taulan...
bergurau senda dan cerita masing2.....heheheh...
kata mamak...itu namanya keluarga ....^_^




dan entry kali ini tentang stick kentang...
resepnya aku modif dari stik keju....
rasanya gurih dan kerasa kentang2 gitu...
enakkkk..... cucok di jadiin cemilan ....


STICK KENTANG

bahan : 
400 gr kentang
400 gr tepung terigu
100 gr tepung ubi (tapioka)
2 bungkus royco harga 500 (maggie stock)
2 butir telur
1/2 sdt baking soda


CARA MEMBUAT:

1. kupas kentang, bersihkan dan potong jadi 4. goreng hingga matang . haluskan selagi panas.

2. campur jadi satu telur dan royco.kocok lepas saja.sampai tercampur rata.tidak perlu sampai kembang.

3. masukkan kentang yang telah dihaluskan.campur rata.

4. masukkan campuran tepung terigu ,tepung tapioka dan baking soda.

5. uleni hingga kalis. tipiskan dengan bantuan pasta machine (ampia)
di sini rada ribet.setiap menipiskan adonan.balur /taburi dengan tepung. supaya tidak lengket.
penggunaan kentang menyebapkan adonan rada lengket.dengan menaburi tepung, adonan bisa lebih mudah di giling.

6. potong2 5 cm. goreng hingga kuning keemasan.