Powered by Blogger.
RSS

Thursday, January 30, 2014

Nasi Bakar ikan asin nila cabe hijau

Posted by mimie at 3:20 PM


assalammualaikum wwb..

beberapa waktu yang lalu , gugling nyari resep bubur manado.
bubur yang menyehatkan karna ada banyak sayuran di dalamnya.
tapi belum juga tereksekusi.
ikan asin nila juga sudah terbeli. malah kesensem dengan penampakan nasi bakar yang bersliweran di mbah gugel...
kebayang wangi nasi di tambah sensasi bau daun pisang itu.... wlahhhhhh
ahirnya ... hari ini merajinkan diri mengeksekusi si si nasi bakar.

judul nya kayaknya kepanjangan ya.
karena aku memang menggunakan tumisan...eh... lebih ke sambal sih sebenernya. karena cabe hijaunya emang lumayan banyak.
aku menggunakan cabe hijau, tomat hijau ,ikan asin nila (karena dagingnya tebal) juga daun kemangi.
rasanya ...????
pedesssss..... semriwing.... ^_^




untuk nasi nya aku memasak dengan santan.
jadi mirip nasi uduk gitu.
usahakan menggunakan nasi yang pulen dan bertekstur panjang  agar nasinya kelihatan cantik...
bisa menggunakan beras white long grain PUREGREEN ORGANIK. 
selain rasa nya yang pulen dan teksturnya cantik, juga menyehatkan, bebas bahan kimia .^_^



NASI BAKAR IKAN ASIN NILA CABE HIJAU

 Bahan Nasi:

300 gram beras WHITE LONG GRAIN, cuci bersih
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun salam
2 batang serai, ambil putihnya, memarkan
3 butir cengkeh
500 ml santan, dari 1/2 butir kelapa


daun pisang untuk membungkus 


cara membuat :

masak santan, cengkeh, serai , daun salam, garam hingga mendidih.
masukkan beras. aduk2 hingga air meresap.
kukus hingga matang.

ambil selembar daun pisang.
ambil sedikit nasi, isi dengan tumisan ikan asin cabe hijau , tutup lagi dengan nasi.
bentuk dan padatkan seperti lontong .
bakar hingga daun pisang terlihat layu.
sajikan hangat.




tumisan

bahan :

200 gr ikan asin nila (sesuai selera)
1 ikan kemangi (ambil daunya)
50 gr cabe keriting hijau
1 buah tomat hijau
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 batang bawang prai ( iris serong)
2 sdm minyak untuk menumis
garam dan gula secukupnya

cara membuat :

potong2 ikan asin sesuai selera. rendam dengan air sebentar agar asinnya berkurang.
goreng hingga matang, sisihkan.

haluskan cabe hijau, tomat hijau, bawang merah dan bawang putih. tapi jangan terlalu halus.
tumis daun bawang hingga harum ,masukkan bumbu yang telah di haluskan, masukkan ikan asin .
biarkan bumbu meresap.
masukkan daun kemangi. aduk2 sebentar.
angkat.





14 comments on "Nasi Bakar ikan asin nila cabe hijau"

Andrie Anne on January 30, 2014 at 4:03 PM said...

Wah dari Dumai..kota kelahiranku..makasi partisipasinya ya Mba..

mimie on January 30, 2014 at 5:13 PM said...

to Andrie Anne : wah.... maksih sudah singgah mb anne....^_^
seneng bukan kepalang bu admin orang dumai juga... :)

Ummu Fatima on January 30, 2014 at 5:29 PM said...

cakeep Mbak...mantaab nasi bakarnyaa...

Elsye Suranto on January 30, 2014 at 9:34 PM said...

Kerennnnn.... makasih udah ikutan yaaaa :)

zila norazila on January 30, 2014 at 9:35 PM said...

Yummyy..sedapnya..kasi akk rasa sikit mimie..picnya cantik tue..

Rina Audie on January 31, 2014 at 11:44 AM said...

mau komen dari kemarin kok lemoot banget.
tuh bisa kan akhirnya ikutan challenge juga...

mimie on February 1, 2014 at 9:02 AM said...

to Ummu Fatima : makasih umm.... ^_^

mimie on February 1, 2014 at 9:03 AM said...

to Elsye Suranto : terima kasih kembali bu admin... ^_^

mimie on February 1, 2014 at 9:04 AM said...

to zila norazila : boleh..boleh... kita tukar dengan karipap pusing kak zila tu ... hihi
makasih banyak kak zila.... ^_^

mimie on February 1, 2014 at 9:05 AM said...

to Rina Audie : yang net nya lagi lemot..... hihihi
sini onlen di tempatku aja mb... laju kayak jet tempur..... :)
ini ngebut di menit2 terahir mbak... alhamdullilah bs ikutan

dentistvschef on February 2, 2014 at 7:06 PM said...

wow, kliatannya enak mbak...
pasti pedes asem2 seger nih, pake cabe hijau sama tomat hijau

mimie on February 3, 2014 at 9:42 AM said...

to ; dentistvschef : emang enak mb.. pedes smriwing

Ayu Mardiyani on February 22, 2014 at 10:00 PM said...

Mbak mimie, yg punya blog dentistvschef itu mas2 loh.. hihi..

mimie on February 24, 2014 at 8:04 PM said...

to Ayu Mardiyani : heh (?) moso..... heheh
kirain mbak2..... maapkeunnnn

Post a Comment