Powered by Blogger.
RSS

Saturday, February 1, 2014

MARMER CAKE JADUL

Posted by mimie at 8:33 PM

Assalammualaikum wwb....
kue yang satu ini mengingatkanku akan masa kecilku.
dulu... kalau ada hajatan pasti nemu agar agar(puding ) gula merah dan kue bolu.
kue bolu ini sebutan orang2 dulu untuk cake ini.... lucu ya... ^_^

pernah lihat pak sahak aplot resep di fb beberapa waktu dulu.
di ikuti bersliwerannya postingan marmer cake pak sahak di mbah gugel tidak juga membuat aku berkeinginan mengeksekusi resep ini.
pikirku.... bolu ??? seret.... 
hingga.... 2 hari lalu.... mbak citra... mostingin si kue belang ini.
apalagi beliau bilang tanpa emulsiferpun cake bisa mengembang dan tidak seret...

berkobar kobar pengen nyoba.... 
percobaan pertama.... aku modif resep menjadi 8 telur. karena loyangku memang untuk ukuran 8 telur.
nggak pake emulsifer..karna emang lagi nggak punya.
hasilnya mengembang.... cantik....manis...kayak aku. eheheh
hanya saja.... atasnya agak retak dan agak menggunung.
prediksiku.... aku ngocok kurang lama dan apinya kebesaran.

percobaan kedua......
tetap 8 telur. tapi aku menggunakan emulsifer.
kocokan telurnya lebih mudah mengental. dan volumenya lebih banyak .
kali ini aku skip susu bubuk. dan aku menambahkan esens susu.
juga mengurangi terigu sekitar 25 gr.
aku panggang dengan api 170 derjat celcius.
hasilnya...... alhamdullilah..... cetar kayak saya.... xixixixi
cakenya lembutttt....... 

so bagi yang pengen nyoba.... monggo.
mau tidak menggunakan emulsifer ok... enak.
pake emulsifer juga enak.... 
terima kasih pak sahak....
bayangin timbangan amal pak sahak yang selalu tidak pelit ilmu.
barakkallah ....
buat mbak citra.... tengkiuuuuu..... #kecupppppp ... ^_^




MARMER CAKE JADUL 
resep : sahak pribadi
rujukan resep : ummu fatima

Bahan :

5 butir telur

125 gr gula pasir 

1 sdt emulsifier

1 sdt vanilla

150 gr tepung terigu serbaguna

15 gr maizena

15 gr susu bubuk

100 gr margarin, lelehkan

50 gr minyak sayur

1-2 sdt pasta coklat atau pasta black forest





Cara Membuat :


  • Panaskan oven 180 deg C. Siapkan loyang tulban 20 cm, oles margarin dan taburi tepung. Sisihkan.
  • Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk.
  •  
  • Kocok telur, gula pasir, emulsifier, vanilla dan campuran tepung hingga mengembang dan kental /putih.(all in one method). ( mimie pake mixer miyako tua. lumayan lama. sekitar 20 menitan)
  •  
  • Campurkan margarin / butter leleh dengan minyak sayur, kemudian tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk balik hingga tercampur rata dan homogen. 
  •  
  • Ambil 2 sendok sayur adonan, beri pasta coklat. Aduk rata.(mimie: bagi dua adonan sama banyak) satu bagian beri pasta coklat , satu bagian biarkan putih. 
  •  
  • Tuang adonan putih ke dalam loyang, kemudian tuang adonan coklat di atasnya.(mimie: tuang 1 sendok sayur adonan putih di satu titik. tuang satu sendok sayur adonan coklat di atasnya. lakukan hingga adonan habis.)
  • Oven hingga matang selama kurang lebih 30-45 menit (tergantung masing-masing oven ya). Lakukan tes tusuk dan tes sentuh.
  •  
  • Angkat dan segera keluarkan dari loyang agar cake tidak menciut.
  •  


10 comments on "MARMER CAKE JADUL"

Hesti HH. on February 2, 2014 at 8:10 AM said...

Cantik marmer nya mbaaaak....

Rina Audie on February 2, 2014 at 9:57 AM said...

ngiler....

mimie on February 3, 2014 at 9:57 AM said...

to Hesti HH.: makasih mb hesty...... ^_^

mimie on February 3, 2014 at 9:57 AM said...

to Rina Audie : ayok buat mbakkkkkk

zila norazila on February 7, 2014 at 3:00 AM said...

Mimie..kak zila jgk tringin nk buat ne..

mimie on February 8, 2014 at 9:48 AM said...

to zila norazila : jom buat kak..... lembut cake ni kak

Lina IbunyaAzRaf on February 12, 2014 at 9:32 AM said...

aku udah bikin cake ini mba... insya allah dlm beberapa hari diposting... hehehe... pancen maknyuss... lembut dan manisnya gak terlalu mblenger, apalagi aku sih malah d kurangi 1 sdm gulpasnyah....

nanti tengok ke sana yah...?

mimie on February 13, 2014 at 10:31 AM said...

Lina IbunyaAzRaf : di tunggu postingannya mbakkkk..... ^_^

Lina IbunyaAzRaf on March 5, 2014 at 11:44 AM said...

mbaaa.... aku dah bikin.... yuk mainn...

mimie on March 5, 2014 at 3:02 PM said...

to Lina IbunyaAzRaf : meluncur ke tkp .......

Post a Comment