Powered by Blogger.
RSS

Thursday, January 23, 2014

Asam Pedas Ikan Sembilang

Posted by mimie at 3:17 PM

Assalammualaikum wwb....

beberapa hari lalu....
si abang (panggilan  buat adek laki2 satu2nya ) bawa 2 ekor ikan sembilang....
ya sodara sodara... adek saya ini hobynya mancing....
ada waktu libur dikit aja, dia pasti mancing.
kadang dia hanya bawa baju penuh lumpur pulang... yang buat mbaknya ini mewek karena nambah cucian.
kadang alhamdulilah bawa ikan gabus segede gaban... tak jarang bawa bayi ikan gabus...eheheh
kali ini dia mancing di pelabuhan. 
bawa 2 ekor ikan sembilang...

ikan sembilang ini mirip ikan lele.
rasanya pun mirip.
dan di tempatku yang tanah melayu, ikan ini  identik dengan asam pedas. 
dimasak dengan kaya rasa asam. mungkin untuk mengurangi amisnya ya.
rasanya..... sedap hingga menjilat sendok.... eheheh ^_^



Pengen cerita tentang mangkok lurik dan cangkir enamel yang aku pake ini.
ini adalah hadiah dari seorang teman....
yang awalnya kenal hanya dari jasmin kitchen saja.
dan ternyata  tinggalnya dekat2 saja.
di komplek pertamina bukit datuk....ehemmm..... kompleknya horang kayah kalau aku bilang....xixiixi

syukrannnnnn mbak leni.....
alhamdullilah.... ahirnya punya juga mangkok lurik yang susyahhhhh banget nyarinya.
semoga mbak leni di tambah2 lagi rezekinya oleh allah.... ^_^.
ana uhibbuki fillah .....


untuk resepnya....
saya nanya emak saia...
kali ini kata emak pake jeruk kasturi atau jeruk cui sebagai ganti asam kepingnya.
ternyata rasanya emang lebih enak.
asamnya ''ukur ukur'' alias tidak terlalu asem.
kata adekku , asemnya nggak lebay.... :)
juga menggunakan air kelapa lho. 
pokonya nggak nyesel deh bikinnya....
dan teteuupppp.... merah menyala karna pake cabe merah lumayan banyak...

ASAM PEDAS IKAN SEMBILANG

resep :

500 gr ikan sembilang, bersihkan, potong dan goreng hingga matang.
1 buah jeruk kasturi ambil airnya.
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas /keprek
1 serai / keprek
1 gelas air kelapa

bumbu halus :

100 gr cabe merah
4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
3 kemiri
2 cm jahe
sedikit gula

cara membuat :
 

1. tumis bumbu halus , daun salam,lengkuas, serai hingga wangi. masukkan air jeruk kasturi.

2. tuang air kelapa. setelah mendidih masukkan ikan sembilang yang telah di goreng .

3. lakukan test rasa.

4. hidangkan hangat.

11 comments on "Asam Pedas Ikan Sembilang"

Hanna HM Zwan on January 23, 2014 at 3:49 PM said...

Ikan itu byk di siak mbk..tp blm prnh nyoba hehe.....

Ayu Mardiyani on January 23, 2014 at 9:55 PM said...

malem2 pengen bawa nasi hangat ke dumai. waaahh... ngiler daku mbak :9
keliatan pedes seger. nyam nyam.. akhirnya dapet juga tuh gelas & mangkok blirik ;)

mimie on January 24, 2014 at 10:42 AM said...

to Hanna HM Zwan : wahhh.... krn siak dekat dengan sungai mungkin ya say.
di dumai jg banyak ini. tp ng pernah beli.
si abang suka mancing.... ^_^

mimie on January 24, 2014 at 10:43 AM said...

to ayu mardiyani : lama ng nonggol nih mbak ayu... #hasekkkk
enak lho yu...awalnya mamak nggak pernah masak nih ikan.
katanya amis... kmrn eon pengen aja di masak asam pedas.
enak ternyata. mirip ikan lele. ng amis sama sekali.

Rina Audie on January 25, 2014 at 7:00 AM said...

berarti ikannya kalo diganti lele bisa ya mb mimie ?
properti gitu kalo di Solo kayaknya masih banyak, cuma aku kok males bawa ya kalo pas balik dari mudik. Bukan males sih, udah mggak muat tasnya, hihi...

mimie on January 25, 2014 at 10:27 AM said...

to mb rina audie :

waduh... kalau di tempatku ikan lele di asapin atau di salai mbak.
ng pernah nemu di asem pedes. jd aku ng bs bilang bs di ganti atau tidak..hihii
pake ikan patin jg enak kok mbak...
nahh...di tempatku orang yang bersuku melayu identik banget sm asam pedas ikan patin.... :)
huuhuhu..... enaknya jd orang solo... di tempaku jarang nemu kyk gini mbak..

Lina IbunyaAzRaf on January 27, 2014 at 8:51 AM said...

Waaaah ini ikan favorit alm. Bapakku lho mba...
Pancen wenaaak dagingnya memiliki tekstur yg pas. Ga lembek tp jg ga terlalu padet... apalagi d pindang asem tuh... hmmmmmmmmmmmmmm yammmmm...

Tp smp skrg blm prnah msk lagi, suka keingetan sm bpk, kasian...
Hehehe....
Oia... apalagi telornya mba... kenyel2 gimanaaaaa gituu... sukaaaaa....

Heheheh...

* edisi boros hurup...

mimie on January 27, 2014 at 9:23 AM said...

to Lina IbunyaAzRaf : indeed mbak... awalnya jg ng pernah masak ikan ini.
ini jg krn kepaksa tuh ikan udh kadung di pancing.
dan ternyata,,,,uenakkk.
ayo mbak... di masak lagi... sekalian bernostalgia... ^_^

Hadi Hidayat on February 8, 2016 at 6:48 AM said...

Maaf jeruk kasturi tuch jeruk apa?

Hadi Hidayat on February 8, 2016 at 6:50 AM said...

Maaf jeruk kasturi tuch jeruk apa?

mimie on February 10, 2016 at 10:08 AM said...

Hadi Hidayat : ada yang menyebutnya jeruk kalamansi

Post a Comment